Comscore Tracker

Tips Mudah Konsep Fotografi Potrait, Pecinta Fotografi Wajib Coba

Ingat, proses editing harus detail ya!

Bandar Lampung, IDN Times - Kegiatan memotret kini bisa dilakukan siapa saja menggunakan gawai masing-masing. Namun, untuk menghasilkan gambar yang bagus tentu dibutuhkan konsep yang matang dan sesuai teori.

Kalau kamu belum tahu, berikut ini IDN Times rangkum cara membuat konsep fotografi potrait menarik bisa kamu coba sendiri. Para pecinta fotografi wajib tahu nih.

Keep scrolling ya!

Baca Juga: Cerita Yoga, Resign dari Perusahaan Kini Pengusaha Sukses Sabut Kelapa

1. Konsep foto harus fokus pada cerita objek

Tips Mudah Konsep Fotografi Potrait, Pecinta Fotografi Wajib CobaPexels.com/Haley Black

Pemaparan terkait Potrait Conseptual Photography ini digagas Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Darmajaya Computer & Film Club (DCFC) dalam webinar fotografi pada Senin (20/9/2021).

Anggota UKM DCFC, Gema selaku pemateri mengatakan, untuk melakukan pengambilan foto conceptual potrait dimulai dari tahapan Idea Developing reference (focus on story). Itu mengacu pada cerita yang akan ditampilkan dalam objek yang diambil.

Tak hanya menjelaskan secara teori, mahasiswa IIB Darmajaya juga menampilkan contoh foto conceptual potrait dengan langkah-langkahnya.

2. Perhatikan detail saat proses editing

Tips Mudah Konsep Fotografi Potrait, Pecinta Fotografi Wajib Cobahotrate.com

Menurut Gema, sebelum pengambilan objek gambar perlu melakukan persiapan yang akan digunakan untuk syuting, serta mendukung proses pengambilan dengan membentuk emosi maupun ekspresi dari objeknya.

"Setelah itu, sudah bisa melakukan editing dari hasil jepretan yang telah diambil," ujar Gema.

Menurutnya, dalam melakukan proses editing, banyak detail perlu diperhatikan. Seperti gerak, mimik, wardrobe yang digunakan, lighting dan sisi pengambilan gambar.

3. Upaya meningkatkan skill fotografi

Tips Mudah Konsep Fotografi Potrait, Pecinta Fotografi Wajib Cobaunsplash

Ketua UKM DCFC, M Syaiful Ma’arif mengatakan, tujuan dari webinar ini untuk meningkatkan skill dan pengetahuan dalam dunia fotografi khususnya “Potrait Conseptual Photography”. Itu supaya fotografer bisa lebih memahami tentang ilmu potrait, terlebih lagi dalam dunia modeling dan lain-lainnya.

“Mudah-mudahan dengan adanya webinar ini sebagai wadah para fotografer dan masyarakat Indonesia untuk mempraktikkan ilmu yang telah diberikan oleh pemateri. Sehingga lebih memahami tentang konsep foto potrait,” ucapnya.

4. Terapkan ilmunya, hasilkan fotografi terbaik

Tips Mudah Konsep Fotografi Potrait, Pecinta Fotografi Wajib CobaPexels.com/David Bartus

Staf Senior Ekstrakurikuler Biro Kemahasiswaan Doni Andrianto Basuki, mengatakan kegiatan webinar ini sangat baik dalam peningkatan pemahaman fotografi anggota UKM DCFC maupun masyarakat di Lampung.

“Terapkan ilmunya dan hasilkan karya fotografi terbaik dari apa yang telah didapat dari webinar ini,” ungkapnya.

Doni menambahkan di tengah suasana pandemik yang melanda negeri diharapkan mahasiswa dapat terus berkarya dan menggelar berbagai kegiatan dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

“Tetap patuhi protokol kesehatan ketika melakukan hunting dan berkarya,” tutupnya.

Baca Juga: Kisah Mahasiswa, Rancang Hitung Mundur Waktu Sandar Kapal di Pelabuhan

Topic:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya