Comscore Tracker

Lampung Sumatera Bagian Mana? Biar Kamu Gak Penasaran Lagi

Yuk disimak pembahasannya ya!

Bandar Lampung, IDN Times -  Bagi kita yang bukan asli dari Sumatera mungkin masih bingung terkait letak Lampung yang sebenarnya. Pertanyaan seperti “Lampung Sumatera Bagian Mana?” mungkin muncul di pikiran kita.

Perlu kita ketahui, Sumatera adalah salah satu pulau terbesar di Indonesia memiliki banyak provinsi emanjang dari bagian utara hingga ke bagian selatan.

Sebelah utara Pulau Sumatera berdekatan dengan negara asing seperti Singapura dan Malaysia. Sedangkan sebelah selatan dari Pulau Sumatera ini berbatasan dengan selat sunda.

Lantas, di manakah letak Lampung yang sebenarnya pada Pulau Sumatera? Untuk mengetahuinya, yuk disimak pembahasannya ya!

1. Letak Lampung sebenarnya

Lampung Sumatera Bagian Mana? Biar Kamu Gak Penasaran Lagigoogle maps

Apabila melihat peta, kita akan mengetahui gambaran di mana posisi Lampung berada. Kita bisa melihatnya melalui gambar Pulau Sumatera.

Pada bagian paling bawah dari peta terdapat tulisan Lampung. Hal ini menandakan Lampung berada di paling selatan dari Pulau Sumatera. 

Sementara bagian yang paling utara dari Pulau Sumatera adalah Aceh. Walaupun kelihatan jauh jaraknya antara Lampung dan Aceh, namun kamu tak perlu khawatir karena ke depan akan terhubung Jalan Tol Trans Sumatera dari Lampung hingga ke Aceh.

Sehingga perjalanan kamu dari Lampung ke Aceh atau sebaliknya bisa lebih cepat.

Baca Juga: 10 Oleh-Oleh Khas Lampung Wajib Kamu Beli, Rasanya Bikin Nagih!

2. Sejarah Provinsi Lampung

Lampung Sumatera Bagian Mana? Biar Kamu Gak Penasaran LagiKantor Pemerintah Provinsi Lampung (IDN Times/Tama Yudha Wiguna)

Sudah tahu belum, kalau Lampung adalah salah satu provinsi di Indonesia? Yap, Lampung masuk ke wilayah Provinsi Lampung bukan lagi Sumatera Selatan maupun Sumatera bagian yang lain.

Provinsi Lampung ini sudah memisahkan diri dari Sumatera Selatan sejak 18 Maret 1964 dengan dasar hukum berdirinya yaitu Peraturan Pemerintah No. 319564 atau sekarang menjadi UU No. 134 Tahun 1964. Jadi, Lampung secara resmi telah terpisah dari Sumatera Selatan dan menjadi provinsi mandiri di Indonesia.

Hingga sekarang, Lampung telah banyak dihuni oleh berbagai macam suku. Suku terbanyaknya adalah berasal dari Jawa. Oleh karena itu, tidak heran apabila bahasa Jawa di Lampung banyak ditemui di kampung-kampung.

3. Nama dan sejarah Ibu Kota Lampung

Lampung Sumatera Bagian Mana? Biar Kamu Gak Penasaran LagiTugu Adipura Bandar Lampung. (IDN Times/Tama Yudha Wiguna).

Ibu kota Provinsi Lampung hingga saat ini bernama Bandar Lampung. Itu adalah sebuah kota yang berada di sekeliling Teluk Lampung yang menjadi pusat pemerintahan Provinsi Lampung.

Meskipun begitu, kota ini juga punya sejarah sendiri yang cukup panjang, lho! Sebelum kemerdekaan Indonesia, kota ini dulunya bernama Kota Telokbetok dengan ibukotanya di Tanjung Karang.

Saat itu, Kota Telukbetung ini adalah ibu kota Karesidenan Lampung. Setelah kemerdekaan Indonesia, kedua kota itu sudah menjadi bagian dari Kabupaten Lampung Selatan hingga tahun 1948.

Di tahun 1948, terbitlah UU No. 22 tahun 1948 yang mana isinya adalah pemisahan kedua kota tersebut dari Kabupaten Lampung Selatan. Maka dikenal istilah sebagai Kota Tanjungkarang-Telukbetung.

Dasar hukum perubahan namanya yaitu Peraturan Pemerintah No. 24 Tahun 1983 yaitu pengubahan nama Kota Madya Daerah Tingkat II Tanjungkarang-Telukbetung menjadi Kota Madya Daerah Tingkat II Bandar Lampung.

Berjalannya waktu, akhirnya Kota Tanjungkarang-Telukbetung berubah namanya menjadi Kota Bandar Lampung. Dan hingga sekarang, kota inilah yang menjadi nama ibu kota Provinsi Lampung.

4. Daftar nama kabupaten/kota di Provinsi Lampung

Lampung Sumatera Bagian Mana? Biar Kamu Gak Penasaran LagiIlustrasi bambu sebagai tanda masuk kawasan Kabupaten Pringsewu, Provinsi Lampung. (IDN Times/Istimewa).

Berikut nama-nama kabupaten dan kota yang berada di Provinsi Lampung yaitu:

  • Kota Bandar Lampung
  • Kabupaten Pesawaran
  • Kabupaten Pringsewu
  • Kabupaten Tanggamus
  • Kabupaten Pesisir Barat
  • Kabupaten Lampung Barat
  • Kabupaten Lampung Utara
  • Kabupaten Way Kanan
  • Kabupaten Mesuji
  • Kabupaten Tulang Bawang Barat
  • Kabupaten Tulang Bawang
  • Kabupaten Lampung Tengah
  • Kabupaten Lampung Timur
  • Kabupaten Lampung Selatan
  • Kota Metro

Baca Juga: Profil Arinal Djunaidi, Anak Petani Kini Jabat Gubernur Lampung

Topic:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya