Comscore Tracker

7 Cara Mengajarkan Anak Belajar Aksara Lampung, Mudah Kok!

Mempelajari budaya sangat penting dilakukan

Bandar Lampung, IDN Times - Mempelajari budaya sangat penting dilakukan. Tujuannya, untuk melestarikan budaya. Berbagai macam budaya umum di antaranya tarian adat, pakaian adat, dan upacara adat, ada juga budaya yang tidak dimiliki oleh banyak wilayah seperti huruf atau aksara.

Aksara Lampung merupakan contoh dari aksara budaya yang ada di Indonesia. Namun bagaimana cara mempelajarinya? Berikut 7 cara mengajarkan anak belajar aksara Lampung.

1. Belajar menulis alfabet

7 Cara Mengajarkan Anak Belajar Aksara Lampung, Mudah Kok!https://pixabay.com/id/photos/anak-bermain-studi-warna-belajar-865116/

Sebelum belajar aksara Lampung, sebaiknya anak harus menguasai alfabet terlebih dahulu. Untuk itu, buah hati sebaiknya memelajari bagaimana cara menulis hingga tulisannya terlihat jelas dan mudah terbaca.

Belajar huruf kapital, spasi, dan tanda baca juga merupakan latihan menulis alfabet yang sangat penting oleh dikuasai anak terlebih dahulu. Jadi, pastikan anak sudah menguasai ini sebelum belajar aksara Lampung ya.

2. Belajar membaca alfabet

7 Cara Mengajarkan Anak Belajar Aksara Lampung, Mudah Kok!tempo.co

Biasanya jika sudah lancar menulis maka membaca pun sudah lancar, memaknai sebuah kalimat juga merupakan bagian dari belajar membaca. Anak harus menguasai intonasi ketika menghadapi tanda baca agar kalimat yang diucapkan tersampaikan dengan baik.

Hal ini berguna untuk belajar aksara nantinya. Jika anak belum lancar membaca, maka nantinya anak akan lebih sulit mempelajari aksara Lampung.

Baca Juga: Terancam Punah, Millennials Beber Alasan Enggan Berbahasa Lampung

3. Pelajari dasar aksara Lampung

7 Cara Mengajarkan Anak Belajar Aksara Lampung, Mudah Kok!daerahkita.com/ardyansyar

Setelah lancar membaca dan menulis, barulah orang tua mengajarkan tentang dasar aksara Lampung. Yang dimaksud dengan dasar disini adalah seperti jenis-jenis aksara Lampung dan bentuk aksaranya.

Aksara Lampung sering disebut sebagai Had Lampung atau tulisan Basaja yang memiliki 20 jenis induk huruf dan 12 jenis anak huruf. Sama seperti alfabet, cara membaca aksara Lampung adalah dari kiri ke kanan.

4. Menghafal kosakata dan bentuk aksara Lampung

7 Cara Mengajarkan Anak Belajar Aksara Lampung, Mudah Kok!1001indonesia.net

Setelah mengetahui tentang dasar aksara Lampung, barulah anak dapat menghafal kosakata dan bentuk dari aksara Lampung. Semakin banyak yang dihafal maka anak pun anak semakin lancar dalam menggunakan aksara Lampung.

Hal ini tentu saja tidaklah mudah, karena bentuknya yang sangat berbeda dengan alfabet. Namun jika kosakata tersebut terus digunakan, maka si kecil akan lebih mudah untuk menghafal.

5. Latihan menulis

7 Cara Mengajarkan Anak Belajar Aksara Lampung, Mudah Kok!https://penerbitdeepublish.com/

Latihan menulis juga merupakan salah satu cara menghafal dengan cepat. Itu karena otak akan mengingat gerakan tangan sehingga akan mempermudah anak dalam menghafal, hal ini juga bisa menjadi jalan pintas bagi yang kesulitan dalam menghapal.

Tentu saja tulisannya juga harus sesuai dengan bentuk dari aksara Lampung. Sehingga tidak akan ada kosakata yang tertukar antara yang satu dengan yang lainnya.

6. Berbicara

7 Cara Mengajarkan Anak Belajar Aksara Lampung, Mudah Kok!Ilustrasi anak-anak (IDN Times/Dwifantya Aquina)

Berbicara dapat dibarengi dengan menulis. Berbicara juga dapat membuat anak mampu menyampaikan sesuatu dengan baik.

Sama seperti menulis, berbicara juga dapat membantu anak dalam mengingat aksara Lampung. Karena itulah jika sudah mahir berbicara dengan kosakata aksara Lampung, maka kemungkinan besar anak sudah lancar menggunakan aksara Lampung.

7. Menggunakan aplikasi belajar

7 Cara Mengajarkan Anak Belajar Aksara Lampung, Mudah Kok!Keyboard Aksara Lampung inovasi dosen Universitas Lampung(IDN Times/Istimewa)

Biasanya, anak akan diberi program agar lancar menggunakan aksara Lampung.

Jadi, tugas orang tua disini hanyalah membimbing dan mengarahkan anak supaya tidak berhenti dalam mengikuti program tersebut. Jika program sudah selesai, biasanya anak pun sudah mahir untuk menggunakan aksara Lampung.

Itulah 7 cara mengajari anak berbahasa Lampung. Diharapkan agar melakukannya step by step dan secara rutin agar anak akan lebih cepat mahir, semoga artikel ini bermanfaat.

Baca Juga: Akademisi Unila Ciptakan Keyboard Aksara Lampung Fisik dan Digital

Topic:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya