TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

1.496 Peserta Daftar SMMPTN Barat 2022 ITERA, Catat Tanggal Pengumuman

Kuota penerimaan 584 orang untuk 39 prodi

ITERA mencatat sebanyak 1.496 peserta mendaftar Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SMMPTN) Barat 2022. (IDN Times/Istimewa)

Lampung Selatan, IDN Times - Institut Teknologi Sumatera (ITERA) mencatat sebanyak 1.496 peserta mendaftar Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SMMPTN) Barat 2022. Total itu, 608 peserta menjadikan ITERA sebagai pilihan pertama dan 888 peserta lain menempatkan ITERA sebagai pilihan ke dua.

Periode pendaftaran ini juga menempatkan lima Program Studi (Prodi) dengan jumlah pendaftar terbanyak yaitu, Prodi Farmasi sebanyak 344 pendaftar, Teknik Informatika (164), Teknik Pertambangan (126), Teknik Sipil (100), dan Teknik Biomedis (73).

"Khusus untuk jalur SMMPTN Barat, kuota mahasiswa baru yang akan diterima yaitu sebanyak 584 orang dari 39 Prodi," ujar, Ketua PMB ITERA, Eko Satria, Selasa (12/7/2022).

Baca Juga: Cerita Dosen ITERA Bangun PLTS di Desa Terpencil Tanggamus Lampung  

1. Pengelompokan ujian terdiri Saintek dan Soshum

ITERA mencatat sebanyak 1.496 peserta mendaftar Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SMMPTN) Barat 2022. (IDN Times/Istimewa)

Dalam pelaksanaan ujian SMMPTN Barat 2022 sudah mulai berjalan ini, Eko menambahkan, ITERA menyediakan sebanyak 500 unit komputer. Itu tersebar di 18 ruangan pada Gedung Laboratorium Teknik 1 dan 3.

Selain itu, seleksi penerimaan juga dilaksanakan dalam bentuk ujian tulis berbasis komputer dan terbagi menjadi 2 kelompok yaitu, Saintek dengan materi ujian TPS, Bahasa Inggris, TKA Saintek, dan kelompok ujian Soshum bermateri ujian TPS, Bahasa Inggris, dan TKA Soshum.

"Hasil seleksi SMMPTN BARAT 2022 akan diumumkan 18 Juli 2022 mulai pukul 16.00 WIB dan dapat diakses melalui laman resmi Pengumuman.smmptnbarat.id," imbuhnya.

2. ITERA masih buka jalur pendaftaran

Gerbang Utama Kampus ITERA, Lampung Selatan, Provinsi Lampung. (IDN TimesTama Yudha Wiguna)

Selain jalur SMMPTN Barat, Eko menyebutkan, ITERA masih membuka dua jalur mandiri pendaftaran mahasiswa baru angkatan 2022 yaitu melalui, Ujian Seleksi Mandiri Prestasi Khusus (USM-PK) pendaftaran dimulai 11-19 Juli 2022, dan Ujian Seleksi Khusus Prodi Baru (USK-PB) pendaftaran 11-20 Juli 2022.

"Khusus Ujian Seleksi Khusus Prodi Baru, calon mahasiswa dapat memilih empat prodi baru ITERA yaitu, Prodi Rekayasa Tata Kelola Air Terpadu, Prodi Rekayasa Minyak dan Gas, Prodi Rekayasa Instrumentasi dan Automasi, dan Prodi Rekayasa Kosmetik yang pertama di Indonesia," katanya.

3. Buka penerimaan calon mahasiswa jalur prestasi

Pemilihan Rektor (Pilrek) Institut Teknologi Sumatera (ITERA) periode 2022-2026 resmi diikuti enam nama bakal calon rektor. (IDN Times/Istimewa)

Sementara untuk pendaftaran jalur USM-Prestasi Khusus, Eko menambahkan, ada beberapa jenis prestasi yang perlu dimiliki calon pendaftar, seperti juara tingkat provinsi dan nasional bidang akademik seperti Olimpiade Sains, LCT, Debat, Karya Tulis Ilmiah, Lomba kompetensi siswa (LKS) atau lomba lainnya diselenggarakan instansi pendidikan perguruan tinggi.

Selain itu juga bisa berupa prestasi di bidang olahraga individu ataupun tim seperti PraPON, Porprov, O2SN, PON, SEA Games, dan lainnya hingga prestasi di bidang seni, paskibra, pramuka, dan pemilihan duta. Teruntuk prestasi akademik, ITERA juga memberikan kesempatan para calon mahasiswa yang memiliki prestasi di bidang keagamaan pada tingkat daerah dan nasional.

"Informasi pendaftaran USM Prestasi Khusus dan USK prodi baru selengkapnya dapat diakses melalui laman Pmb.itera.ac.id," katanya.

Baca Juga: Kisah Rektor ITERA Prof Pugeg Rela Merantau Sejak SMP demi Pendidikan

Berita Terkini Lainnya