Comscore Tracker

10 Potret Gedung Layanan Polresta Bandar Lampung, Ada Ruangan Cozy!

Polresta Bandar Lampung berada di JL Mayjen MT Haryono

Bandar Lampung, IDN Times - Aparat kepolisian sejatinya selalu bersinggungan dengan kehidupan bermasyarakat, tak terkecuali di Polresta Bandar Lampung. Pasalnya, sebagaimana merujuk Pasal 13 Undang-Undang (UU) RI Nomor 2 Tahun 2022, tentang Tugas Pokok Kepolisian Negara Republik Indonesia.

Dalam pasal tersebut berbunyi, polisi bertugas memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat; menegakkan hukum; serta memberikan perlindungan, pengayoman, dan pelayanan kepada masyarakat.

Maka tak heran, sehari-hari kantor kepolisian selalu menyediakan pelayanan bagi masyarakat untuk mengurus SIM, SKCK, hingga melayani laporan tindak pidana dan lain-lain. Berikut IDN Times bagikan 10 potret suasana Polresta Bandar Lampung.

1. Gedung Command Center

10 Potret Gedung Layanan Polresta Bandar Lampung, Ada Ruangan Cozy!Penampakan Gedung Command Center Polresta Bandar Lampung. (IDN Times/Tama Yudha Wiguna)

Saat baru memasuki gerbang utama Polresta Bandar Lampung, maka akan langsung disambut dengan Gedung Command Center. Pasalnya, di sini merupakan tempat mendapatkan informasi hingga lokasi pos penjagaan petugas polisi, sebelumnya dapat memasuki lingkungan Mapolresta setempat.

Di sini, pengunjung bisa menanyakan banyak hal tentang lokasi layanan kepolisian, termasuk membuat laporan polisi dikarenakan pos Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) juga berada di Gedung Command Center.

2. Area parkir luas

10 Potret Gedung Layanan Polresta Bandar Lampung, Ada Ruangan Cozy!Penampakan Polresta Bandar Lampung. (IDN Times/Tama Yudha Wiguna)

Sebagai pusat struktur komando Polri di ibukota provinsi, Mapolresta Bandar Lampung juga turut menyiapkan area parkir kendaraan roda empat maupun roda dua cukup luas. Mobil pengunjung dapat parkir di bagian depan dan motor di sisi kanan gedung utama Mapolresta.

Baca Juga: Ribut Masalah Uang Makan, 3 Tersangka Picu Keributan di Pantai Tiska

3. Ruang tamu utama

10 Potret Gedung Layanan Polresta Bandar Lampung, Ada Ruangan Cozy!Ruang tamu utama Polresta Bandar Lampung. (IDN Times/Tama Yudha Wiguna)

Meski tempat ini terkesan sebagai ruang tamu, tapi para pengunjung dilarang bersantai di lokasi ini loh. Itu dikarenakan tempat berada didekat lobi gedung utama tersebut merupakan titik penyambutan para pejabat dari unsur kepolisian maupun pemerintahan, meraka datang dan berkunjung ke Polresta Bandar Lampung.

Sebagai informasi, di area ruang tamu utama tersebut kamu bisa melihat sederet foto mantan Kapolresta Bandar Lampung sejak 1965 hingga 2019, yang terpajang menghiasi bagian dinding.

4. Gedung Satlantas Polresta Bandar Lampung

10 Potret Gedung Layanan Polresta Bandar Lampung, Ada Ruangan Cozy!Gedung Satlantas Polresta Bandar Lampung. (IDN Times/Tama Yudha Wiguna)

Gedung ini menjadi salah satu tempat paling sering dikunjungi masyarakat, bagaimana tidak. Di sini pengunjung dapat mengakses banyak urusan terkait lalu lintas mulai dari pembuatan atau perpanjangan Surat Izin Mengemudi (SIM) hingga pengurusan penilangan kendaraan bermotor.

Lokasi gedung berada di bagian belakang gedung utama Polresta Bandar Lampung tersebut, tampak depan juga menyediakan perlintasan berkendara sepeda motor, ini diperuntukkan bagi mereka tengah menjalani proses pembuatan SIM.

5. Layanan Bank BRI

10 Potret Gedung Layanan Polresta Bandar Lampung, Ada Ruangan Cozy!Layanan Bank BRI di Polresta Bandar Lampung. (IDN Times/Tama Yudha Wiguna)

Sebagai salah satu bank plat merah, BRI diketahui mengoperasikan cabang di area perkantoran Polresta Bandar Lampung. Tujuannya, guna memudahkan masyarakat hendak menyelesaikan pembayaran menyangkut di kepolisian, salah satu contohnya seperti pembayaran biaya pembuatan SIM.

Baca Juga: Aksi Direkam Warga dan Viral, Bajing Loncat Ditangkap Polisi

6. Gedung layanan pembuatan SKCK

10 Potret Gedung Layanan Polresta Bandar Lampung, Ada Ruangan Cozy!Tempat pelayanan SKCK di Polresta Bandar Lampung. (IDN Times/Tama Yudha Wiguna)

Layanan dibawah naungan Satintelkam tersebut diketahui juga menjadi salah satu lokasi ramai dikunjungi masyarakat setiap hari. Terkhusus mereka hendak mengurus pembuatan atau perpanjangan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK).

Diketahui, kepolisian setempat melayani urusan SKCK mulai dari Senin hingga Sabtu, dengan jam operasional Senin-Kamis 07.00-14.00 WIB, Jumat 07.00-14.30 WIB, dan Sabtu 07.00-11.00 WIB.

7. Gedung Urkes

10 Potret Gedung Layanan Polresta Bandar Lampung, Ada Ruangan Cozy!Gedung Urkes Polresta Bandar Lampung. (IDN Times/Tama Yudha Wiguna)

Urkes merupakan akronim dari kalimat Urusan Kesehatan tersebut bertugas melayani dan memastikan kesehatan para personel kepolisian setempat. Meski demikian, bagian ini juga ikut andil memberikan pelayanan vaksinasi kepada masyarakat membutuhkan.

8. Rumah Tahanan (Rutan) Polresta Bandar Lampung

10 Potret Gedung Layanan Polresta Bandar Lampung, Ada Ruangan Cozy!Rutan Polresta Bandar Lampung. (IDN Times/Tama Yudha Wiguna)

Ruangan dibalut dengan jeruji besi ini, diketahui berfungsi melaksanakan perawatan dan penahanan sementara terhadap tersangka aksi kejahatan, sebelum akhirnya dilimpahkan ke pihak kejaksaan untuk di persidangkan di Pengadilan Tanjungkarang, Kota Bandar Lampung.

Letak gedung berada di area paling belakang Polresta Bandar Lampung tersebut juga setiap hari ramai dikunjungi keluarga para tahanan, untuk mereka sekadar ingin melepas rindu hingga memberikan makanan kepada tersangka.

9. Ruang tunggu Satlantas Polresta Bandar Lampung

10 Potret Gedung Layanan Polresta Bandar Lampung, Ada Ruangan Cozy!Ruang tunggu SIM Satlantas Polresta Bandar Lampung. (IDN Times/Tama Yudha Wiguna)

Saat memasuki area ruang ini, kamu akan disambut dengan suasana cozy sambil menonton televisi lengkap disediakan minuman seperti kopi hingga teh saat mengurus pembuatan atau perpanjangan SIM.

Selain itu, area ini juga sudah dilengkapi AC lho, jadi kamu tidak bisa merasakan suasana sejuk tanpa perlu kahwatir kepanasan.

10. Kantin Sehat Polresta

10 Potret Gedung Layanan Polresta Bandar Lampung, Ada Ruangan Cozy!Kantin Polresta Bandar Lampung. (IDN Times/Tama Yudha Wiguna)

Lokasi kantin ini berada di sisi kanan gedung utama Polresta Bandar Lampung, di sini menyediakan beragam jenis makanan berat ataupun ringan hingga aneka minuman.

Kamu juga dapat memanfaatkan kantin untuk bersantai, sambil menunggu atrean tatkala tengah mengurus sejumlah layanan publik di Mapolresta. 

Itulah sederet gedung layanan berada di Polresta Bandar Lampung, mudah-mudahan bisa membantu kalian ya berkunjung ke sini!

Baca Juga: Buntut Kericuhan, Polisi Tutup Sementara Operasional Pantai Tiska

Topic:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya