Alasan Hae Sung dan Nora Tidak Bersama di Film Past Lives, Sedih Abis

Sedihnya sampe sini~

Intinya Sih...

  • Film drama romantis Past Lives meninggalkan kesan mendalam pada penonton dengan kisah persahabatan dan perasaan cinta yang samar antara Hae Sung dan Nora.
  • Hae Sung dan Nora sulit mengenali perasaan cinta di dalam persahabatan, sehingga memilih untuk tidak berjuang satu sama lain karena takdir dan ketakutan kehilangan persahabatan.
  • Nora akhirnya menikahi pria lain yang memberikan rasa nyaman dan kepastian hubungan, sementara Hae Sung harus merelakan perasaannya saat bertemu kembali dengan Nora.

Beberapa film dapat meninggalkan aftertaste atau kesan mendalam di akhir filmnya. Salah satunya datang dari film drama romantis dari A24 berjudul Past Lives.

Menceritakan tentang Hae Sung (Teo Yoo) dan Nora (Greta Lee) berawal dari persahabatan namun ternyata memiliki perasaan lebih dari itu. Sayangnya, takdir tidak menentukan mereka bersama dan harus melanjutkan kehidupan masing-masing. 

Pengembangan karakter dan chemistry di antara mereka sangat kuat sampai penonton dibuat merasa ikut sedih saat melihat akhir filmnya. Keduanya mempercayai mereka tidak dapat bersama karena mereka tidak memiliki in yun, ajaran Buddha mengenai takdir.

Namun, berikut ini bisa jadi alasan mereka tidak berjuang satu sama lain selain takdir. Yuk, baca sampai habis!

1. Hae Sung terlambat menyadari perasaannya

Alasan Hae Sung dan Nora Tidak Bersama di Film Past Lives, Sedih Abispotret Hae Sung di Past Lives (dok. A24/Past Lives)

Perasaan cinta dalam persahabatan antara pria dan perempuan biasanya memang sulit dikenali. Perasaan nyaman saat bersama ataupun sedih kehilangan merupakan perasaan-perasaan yang normal dan umum dirasakan untuk setiap hubungan.Maka dari itu, perasaan cinta yang tercipta pastinya menjadi samar dan sulit dibedakan. 

Hal itu juga terjadi pada Hae Sung saat ditinggal Nora pindah ke Amerika. Saat Hae Sung mencari Nora kembali, dia hanya ingin mencari temannya. Dia tidak menyadari perasaan kehilangannya bukanlah perasaan kehilangan seorang teman atau sahabat.

Bukti lainnya dapat dilihat saat Hae Sung menyerah dengan keadaan dimana Nora memintanya untuk putus komunikasi. Hae Sung juga melanjutkan kehidupannya dengan menjalin hubungan dengan orang lain meskipun teman-teman prianya suka meledekinya dengan Nora.

Baca Juga: 7 Couple Kdrama Romance 2023 Bikin Baper dan Kocak Abis!

2. Nora tidak serius dengan perasaannya

Alasan Hae Sung dan Nora Tidak Bersama di Film Past Lives, Sedih Abispotret Nora di Past Lives (dok. A24/Past Lives)

Dibandingkan Hae Sung, Nora lebih dapat mengenali perasaan sukanya terhadap Hae Sung. Sayangnya, Nora juga tidak bergerak banyak sejak kepindahannya karena sibuk mengejar tujuannya di tempat baru.

Jika memang Nora serius dengan perasaannya, ia dapat mencari dan menghubungi Hae Sung lebih dulu. Beruntungnya Hae Sung-lah lebih dulu mencarinya dan mereka kembali berkomunikasi sejak itu. 

Tapi, lagi-lagi mereka harus berpisah karena Nora melihat tidak ada peluang untuk hubungannya dengan Hae Sung. Tidak mengatakannya secara asertif, Nora memutuskan sepihak untuk tidak berkomunikasi satu sama lain dengan alasan Nora ingin fokus dengan impiannya.

Meskipun itu tidak bohong, namun sebenarnya Nora berharap Hae Sung datang menghampirinya ke Amerika untuk memastikan hubungan mereka sehingga Nora dapat melanjutkan kehidupan dan impiannya.

3. Mereka tidak berani jujur satu sama lain

Alasan Hae Sung dan Nora Tidak Bersama di Film Past Lives, Sedih Abiscuplikan Nora dan Hae Sung di Past Lives (dok. A24/Past Lives)

Ini merupakan hal sering terjadi jika ada cinta di dalam persahabatan. Untuk mengakui perasaan terhadap seseorang yang bukan teman dekat saja sudah butuh keberanian, apalagi jika kasusnya terjadi pada sahabat sendiri.

Selain karena perasaan malu yang normal, status persahabatan yang sudah terjalin juga menjadi pertaruhannya sendiri. Karena itu, beberapa orang lebih memilih memendamnya daripada harus kehilangan sahabatnya yang tidak mau berubah menjadi pasangan kekasih.

Hal ini bisa saja terjadi pada Nora, yang memang sudah dapat mengenali perasaannya lebih dulu terhadap Hae Sung. Jika Nora tidak berani jujur dengan Hae Sung, berbeda halnya dengan Hae Sung yang juga tidak berani jujur dengan dirinya sendiri.

Karena sama-sama tidak mau mengakui, mereka akhirnya menerima keadaan dan memilih untuk melanjutkan kehidupan masing-masing saat Nora berusaha memutuskan hubungannya dengan Hae Sung.

4. Nora berusaha realistis dan bertanggung jawab dengan pilihannya

Alasan Hae Sung dan Nora Tidak Bersama di Film Past Lives, Sedih Abiscuplikan Hae Sung di Past Lives (dok. A24/Past Lives)

Selama tidak berkomunikasi dan melanjutkan kehidupannya, Nora akhirnya memutuskan move on dan menikahi pria yang dapat memberikan rasa nyaman dan juga aman. Maksudnya adalah, aman dengan sebuah kepastian hubungan.

Nora memilih Arthur (John Magaro), seorang penulis yang mungkin perasaan cintanya lebih besar daripada Nora terhadapnya. Kembali ke hubungan Hae Sung dan Nora, Hae Sung yang mendapat kesempatan untuk ke Amerika akhirnya mencoba lagi untuk menemui Nora. Mungkin karena ia masih penasaran atau sesederhana ingin bertemu dengan sahabatnya. 

Sayangnya, kenyataan pahit sudah ada di depan mata mereka. Ketika berada di momen pertemuan mereka, mereka akhirnya menyadari perasaan nyaman mereka lebih dari persahabatan.

Ada perasaan saling ingin memiliki satu sama lain namun harus merelakan karena Nora sudah bersama Arthur sebagai pasangannya. Nora memastikan pada Hae Sung bahwa mereka tidak memiliki in yun dan Nora tetap dengan pilihannya, Arthur. Sementara itu, Hae Sung juga pulang dengan perasan kosong dan lega-karena mengetahui kebenarannya.

Deretan alasan itu bisa menjadi alasan mengapa meskipun mereka memiliki hubungan yang kuat namun tidak dapat bersama. Kembali lagi dengan alasan yang dapat disimpulkan dengan singkat, hal itu terjadi karena mereka memang tidak jodoh dan tidak ditakdirkan bersama. Meskipun sedih, belajar dari Hae Sung dan Nora, kita harus tetap melanjutkan jalan kehidupan yang sudah ada dengan baik. 

Baca Juga: 13 Momen Tissa Biani dan Dul Jaelani Sepanjang 2023, Makin Lengket!

Davrean Dita Photo Community Writer Davrean Dita

Writer with a passion for life reading and an intense film addiction.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya