Comscore Tracker

15 Film dan Serial Dokumenter Netflix Terbaik 2022, Wajib Tonton!

Film dokumenter ini wajib kamu tonton sekali selama hidup

Tahun 2022 sudah hampir berakhir, sudah banyak film dan serial garapan Netflix hadir menemani kita di tahun ini. Termasuk banyaknya film dokumenter berdasarkan kisah nyata berbagai kasus dan cerita haru.

Tak jarang, film dan serial tersebut membuat kita membuka mata untuk melihat dunia dari sisi baik dan buruknya. Berikut tayangan Netflix wajib ditonton sebelum 2022 berakhir!

1. The Tinder Swindler

https://www.youtube.com/embed/1uLQhqADcGY

Film ini cukup menggemparkan banyak orang ketika penayangannya di Februari lalu. Karena mengangkat cerita asli Cecilie dan dua wanita lainnya yang ditipu Simon Leviev seorang pria dari Israel. Mereka bertemu di Tinder, salah satu aplikasi untuk mencari pasangan.

Para wanita itu terpikat oleh ketampanan Simon dan gaya hidup yang ditunjukkannya di berbagai media sosial. Namun, kenyataannya semua itu hanya tipu daya Simon yang ingin menggaet wanita dengan gaya hidup mentereng untuk kemudian menipu para wanita itu. Simon menggunakan uang hasil tipuannya untuk menipu wanita lain.

2. Girl in The Picture

https://www.youtube.com/embed/jnJ4BGNpby8

Film garapan Netflix kali ini adalah satu dari sekian banyak kasus kriminal yang memuakkan sekaligus memilukan. Bagaimana tidak? Girl in The Picture menceritakan kisah seorang korban tabrak lari Tonya Hughes.

Terungkapnya identitas karena tragedi tabrak lari ini merupakan awal dari terungkapnya berbagai tindak kriminal yang mengelilingi Tonya. Bahkan, Tonya Hughes bukan merupakan identas asli dari wanita tersebut. Setelah dilakukan penyelidikan, barulah terungkap siapa sebenarnya Tonya Hughes yang pernah hidup sebagai Sharon Marshall.

Ternyata, ia pernah bekerja sebagai penari di sebuah kelab malam. Sharon Mashall juga merupakan nama samaran yang diberikan oleh ayahnya. Hal yang lebih mengejutkan terungkap, Sharon Marshall adalah anak hasil culikan ayahnya sendiri, ia dibesarkan dengan menerima segala tindakan memilukan ayahnya hingga ia meninggal.

Baca Juga: 5 Artis Hollywood Pernah Diet Ekstrem Demi Film, Niat Banget! 

3. Our Father

https://www.youtube.com/embed/phQxK5u8IEs

Salah satu film dokumenter dengan latar belakang tindak kriminal seorang ayah. Seorang mantan ginekolog dari Indiana, Donald Cline mendonorkan spermanya kepada wanita yang tidak bisa hamil tanpa persetujuan mereka dengan dalih ingin membantu pasiennya itu untuk memiliki seorang anak.

Hal mencengangkan ini baru terungkap saat seorang anaknya menyadari mengapa ia berbeda dengan ibu dan ayahnya. Ia mulai menelusuri dan menemukan fakta bahwa Donald Cline adalah ayah kandungnya.

Tidak hanya sampai di situ, selama pencarian ia menemukan puluhan saudara satu ayah lainnya dan mereka berkumpul untuk melaporkan ayah mereka. Namun, pada saat itu tidak ada yang mempercayai mereka, hanya ada satu reporter wanita.

Selama film dibuat dan kasus diungkap sudah sebanyak 60 orang bersaudara yang berasal dari satu sperma yang sama. Wajib ditonton bagaimana penjahat berkedok dokter ini akhirnya tidak mendapatkan balasan atas perbuatannya.

4. The Mystery of Marliyn Monroe: The Unheard Tapes

https://www.youtube.com/embed/f2OGhJoypPw

Judul film ini jelas akan mengisahkan bagaimana perjalanan Marlyn Monroe selama hidup hingga kematiannya yang misterius. Film dokumenter ini tercipta dari hasil wawancara Anthony Summers, penulis buku Goddess: the Secret Lives of Marilyn Monroe.

Lewat dokumenter yang disajikan Netflix mengungkap misteri kematian sang bintang Hollywood. Marlyn dinyatakan meninggal akibat overdosis tetapi banyak yang percaya ia meninggal karena bunuh diri.

Disutradarai oleh Chris Smith dan Emma Cooper, film ini tayang April 2022.

5. Downfall: The Case Against Boeing

https://www.youtube.com/embed/vt-IJkUbAxY

Mengisahkan peristiwa jatuhnya pesawat Boeing 737 MAX (Lion Air penerbangan 610) di Indonesia dan Addis Ababa (Ethiopian Airlines penerbangan 302) dengan menghadirkan sesi wawancara bersama sejumlah orang mulai dari istri pilot, jurnalis investigasi, mantan teknisi Boeing, dan keluarga korban.

Lewat dokumenter Netflix ini, kita akan mengetahui bagaimana situasi ruang kendali sebelum kecelakaan, penyebab teknis yang terjadi, serta tuduhan kepada perusahaan Boeing atas kelalaian dalam pemeriksaan kondisi pesawat pada saat itu.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Film Pembunuhan dari Kisah Nyata, Bikin Tegang!

6. Trust No One: The Hunt for the Cypto King

https://www.youtube.com/embed/vW2BPQ15OSw

Keberadaan mata uang kripto mulai booming dan menggiurkan di awal 2022. Iming-iming mendapatkan imbalan dengan jumlah fantastis banyak orang memilih investasi dengan mata uang digital yang satu ini.

Dokumenter ini menceritakan kebangkrutan salah satu platform perdagangan kripto QuadrigaCX di Kanada. QuadrigaCX di klaim bangkrut dengan total aset yang dimiliki sebesar C$28. Tiba-tiba Gerry Cotten, pendiri plaform tersebut dinyatakan meninggal ketika berlibur di India.

Berita meninggalnya Gerry yang misterius menimbulkan tanda tanya. Terutama para investor yang mengalami kerugian akibat bangkrutnya QuadrigaCX. Karena itu, mereka bekerja sama mengungkap kasus ini untuk menemukan kebenarannya.

Lalu, apa kebenaran yang mereka dapatkan?

7. Three Songs for Benazir

https://www.youtube.com/embed/A51kP2EjuG0

Three Songs for Benazir merupakan salah satu film Netflix yang jangan sampai terlewatkan. Film ini sudah mendapatkan banyak pernghargaan bergengsi di berbagai acara besar seperti Yamagata International Documentary Film Festival, Cinema Eye Honors, Short Film Festival, Clermont-Ferrand International Short Film Festival, dan Full Frame Documentari Film Festival.

Film ini sampai di penghargaan Oscar 2022 dengan membawa kisah Shaista Khan dan istrinya Benazir. Mereka tinggal di pengungsian di Afghanistan dan kurang layak, hal itu membuat Shaista bertekad memperbaiki hidup mereka dengan mendapatkan pekerjaan yang layak. Shaista memutuskan akan pergi menjadi seorang tentara Afghanistan. Namun, keinginannya ini tidak disetujui oleh semua orang dikampungnya.

Mereka tidak mau menanggung Benazir yang sedang hamil saat Shaista pergi untuk pendidikannya. Manakah yang Shaista pilih? Mimpi atau keluarganya?

8. Cyber Hell: Exposing an Internet Horror

https://www.youtube.com/embed/hpceNxQASKw

Peristiwa 'NTH Room' pada 2020 lalu di Korea merupakan salah satu peristiwa memilukan kejahatan asusila. Terdapat banyak penyebaran konten asusila wanita-wanita Korea pada saat itu.

Dua orang hacker menjebak para wanita yang kebanyakan masih di bawah umur dengan memanfaatkan data pribadi mereka. Cho Ju Bin dengan nama samaran Baksa dan Moon Hyun Wook dengan nama samaran Godgod mengancam akan menyebarkan data pribadi mereka jika tidak mengikuti kata dua hacker tersebut.

Dengan ancaman itu, mereka bisa mengendalikan puluhan wanita Korea agar memenuhi keinginan mareka. Setelah mendapatkan keinginannya, mereka menyebarkan konten asusila itu ke grup obrolan yang memiliki ribuan anggota.

Meski sulit diungkap, akhirnya polisi berhasil menuntaskan kasus ini. Lihat kekejian Baksa dan Godgod lewat keahlian yang mereka miliki di film Cyber Hell: Exposing an Internet Horror.

Baca Juga: Rekomendasi Film Romantis Harus Ditonton, Awas Baper!

9. White Hot: The Rise & Fall of Abercrombie & Fitch

https://www.youtube.com/embed/3yperp-SFYM

Dengan menonton film ini, kita akan melihat bagaimana proses naik dan turunnya sebuah bisnis. Abercrombie & Fitch sempat menjadi salah satu brand fashion terbesar di Amerika Serikat setelah bangkrut di tahun 1976.

Skandal rasisme dan diskrimanasi perusahaan terhadap karyawannya menjadi akibat jatuhnya brand ini. Para karyawannya membeberkan semua praktik bisnis tidak masuk akal yang dilakukan brand ini selama berdiri.

10. The Photographer: Murder in Pinamar

https://www.youtube.com/embed/S22D7y4relg

Pembunuhan jurnalis beberapa kali terjadi di berbagai belahan dunia. Salah satunya Jose Luis Cabezas, seorang jurnalis yang mengungkap kasus politik dan finansial terbesar di Argentina.

Jose Luis Cabezas ditemukan di pinggir jalan Argentina dengan kondisi yang mengenaskan. Dua tembakan di kepala, tubuh yang dipukuli, dan diborgol. Parahnya, ia ditemukan di sebuah mobil yang terbakar.

The Photographer: Murder in Pinamar mengungkapkan bagaimana penyelidikan berlangsung dan siapa pelaku kriminal dibalik kejahatan keji kepada jurnalis itu.

11. How to Change Your Mind

https://www.youtube.com/embed/X8LRb4jfZ9g

Karya Netflix yang membahas mengenai terapi psychedelics dengan menggunakan obat-obatan seperti MDMA, mescaline, psilocybin, dan LSD. Pasien yang mendapatkan terapi ini umumnya mengidap kesehatan mental seperti alkoholik, depresi, OCD, dan PTSD.

Dalam film ini diperlihatkan para pasien tersebut berhasil membaik dengan obat-obatan yang diberikan. Namun, penonton diharapkan bijak saat menonton film yang satu ini karena berkaitan dengan kesehatan dan obat-obatan.

Baca Juga: Rekomendasi 7 Film dan Serial Fantasi Terbaik 2022, Wajib Tonton!

12. Street Food: USA

https://www.youtube.com/embed/lInnMkPbEng

Sang sutradara, David Gelb dan Brian McGin mencoba memaparkan bagaimana kultur budaya suatu tempat berkaitan erat dengan kuliner disekitarnya. Streed Food: USA merupakan serial keduanya yang menjelajahi kuliner di Amerika Latin.

Musim sebelumnya, para sutradara berkunjung ke 9 negara di Asia untuk menjelajahi makanan khas negara masing-masing dan menceritakan asal-usulnya melalui wawancara dengan para penjual.

Musim kedua ini, mereka menjelajahi 6 negara di Amerika Latin. Penasaran? Serial ini tayang di Netflix pada Juli 2022 lalu. Selamat menonton!

13. D.B. Cooper, Where Are You?

https://www.youtube.com/embed/29i4ZpCxeJA

Seorang skyjacker terjatuh dengan menggunakan parasut dari sebuah pesawat dengan membawa uang curian sebesar 200 ribu dollar. Orang tersebut dikenal dengan nama D. B. Cooper yang hingga kini belum diketahui identitasnya.

Banyak asumsi tentang siapa sebenarnya orang ini. Ada yang berasumsi D. B. Cooper adalah Robert Rackstraw, seorang pensiunan pilot yang pernah terlibat kasus dan di penjara. Namun, karena sulit mencari data dan bukti terkait kasus ini, tahun 2016 lalu kasus ditutup oleh FBI.

Warga diminta tetap melaporkan jika menemukan orang yang terkait dengan kasus ini. Teka-teki kasus D. B. Cooper akan diperlihatkan di serial Netflix yang satu ini. Penasaran bagaimana misteriusnya orang ini?

14. Worst Roomate Ever

https://www.youtube.com/embed/sI5Vg-17t4s

Ada yang ingat drama Korea Stranger from Hell? Drama ini menceritakan tentang keanehan para tetangga Im Siwan di sebuah kos.

Hampir mirip dengan serial Netflix dengan lima episode yang satu ini. Serial ini menceritakan kasus kejahatan teman sekamar. Kasus pertama tentang Dorothea Puente seorang wanita pengelola penginapan senang membantu orang-orang kurang beruntung. Ternyata, dibalik itu semua Dorothea adalah seorang pembunuh berantai di California, Amerika Serikat yang telah membunuh 7 orang dan dikuburkan di halaman rumahnya.

Kemudian, kisah berlanjut ke pembunuhan seorang tentara perempuan oleh teman sekamarnya K. C. Joy. Kasus berikutnya dilakukan oleh Youssef Khater seorang atlet yang banyak melakukan penipuan dan kekerasan hingga akhirnya ia menghabisi dua orang teman sekamarnya.

Kasus terakhir membahas Jamison Bachman yang suka menipu untuk memasuki rumah orang lain dan membunuh targetnya. Cocok ditonton agar kita berhati-hati dalam memilih seseorang yang akan tinggal bersama kita.

15. Our Great National Parks

https://www.youtube.com/embed/S0z3moH4570

Dengan menghadirkan Barack Obama sebagai narator dan produser, serial ini dibagi menjadi lima bagian.

Bagian pertama akan membahas keindahan alam di pantai Afrika hingga pulau di Jepang dengan judul A World of Wonder. Lalu, bagian kedua dengan judul Chilean Patagonia yang mengisahkan keindahan 24 taman nasional di seluruh bagian dunia.

Tsavo, Kenya merupakan judul untuk bagian ketiga yang akan mengangkat kisah gajah, badak, dan masih banyak lagi fauna di Taman Nasional Tsavo, Kenya. Dengan judul Monterey Bay National Marine Sanctuary, USA, bagian keempat menceritakan ekosistem pantai di California.

Episode terakhir, spesial tentang Indonesia!

Bagian terakhir ini akan membahas Taman Nasional Gunung Leuser, Indonesia dengan judul yang sama. Gunung Leuser merupakan rumah bagi hewan-hewan langka yang hampir punah di Indonesia. Yuk, lihat berbagai keindahan alam yang ada di belahan dunia lewat serial Our Great National Parks.

Pasti bingung mau nonton yang mana dulu, kan? Bagus-bagus semua soalnya 15 film dan serial dokumenter garapan Netflix tahun 2022 ini. Karena itu, wajib kamu tonton semuanya, ya! Takut nanti nyesal kalau gak ditonton, lho.

Baca Juga: 5 Film Thailand Romance Comedy Terbaik Dibintangi Baifern Pimchanok

Afifah Lania Sihotang Photo Community Writer Afifah Lania Sihotang

Halo, salam kenal! Semoga kita bisa akrab lewat tulisan!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya