Comscore Tracker

Tips Sehat Menjalankan Puasa, Hindari Jenis Makanan Ini

Penuhi kebutuhan gizi dan nutrisi tubuh

Bandar Lampung, IDN Times - Ramadan saat pandemik tentu penting bagi kita untuk selalu menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Caranya, menjaga pola makan yang memiliki gizi lengkap supaya tubuh tidak lemas.

Dalam artikel ini IDN Times akan membahas tips sehat menjalankan ibadah puasa berdasarkan penjelasan edukator COVID-19 Dokter Muslim Kasim.

1. Jangan lupa makan sahur

Tips Sehat Menjalankan Puasa, Hindari Jenis Makanan Iniilustrasi pola makan sehat (IDN Times/Mardya Shakti)

Dokter Muslim Kasim menjelaskan, makan sahur penting untuk memenuhi kebutuhan energi selama berpuasa dan mampu bantu mengontrol kadar gula darah.

"Kontrol porsi makan juga. Jangan ngamuk saat buka puasa ataupun makan sahur," kata dokter THT-KL bertugas di RS Pertamina Bintang Amin Lampung, itu.

Baca Juga: Menu dan Tips Sehat Buka Puasa Ramadan, Bisa Tetap Jaga Imun Tubuh

2. Penuhi zat gizi lengkap

Tips Sehat Menjalankan Puasa, Hindari Jenis Makanan IniInstagram.com/melayucateringjogja

Menurut dr Muslim Kasim, menu berbuka puasa dan makan sahur usahakan memenuhi zat gizi lengkap seperti karbohidrat, protein hewani atau nabati, serta sayuran dan buah.

Kemudian, kamu juga harus memenuhi kebutuhan cairan antara buka dan sahur. Usahakan minum minimal delapan gelas air sehari.

"Pilih karbohidrat yang kompleks. Sumber karbohidrat kompleks seperti roti gandum, pisang, kacang-kacangan dan nasi merah mampu mencerna energi secara lambat sehingga lebih sesuai untuk bulan puasa," jelasnya.

3. Suplemen bukan pengganti makanan sepenuhnya

Tips Sehat Menjalankan Puasa, Hindari Jenis Makanan Iniilustrasi konsumsi suplemen kolagen (pennmedicine.org)

Lebih lanjut pihaknya menjelaskan, makanan dengan kandungan serat tinggi akan dicerna tubuh dalam waktu lama sehingga bisa membantu dalam menahan lapar.

"Minum suplemen bila perlu. Ingat suplemen bukan pengganti makanan sepenuhnya. Hanya sebagai pelengkap asupan untuk membantu menunjang kesehatan tubuh secara umum," terangnya.

Dokter Muslim Kasim juga menyarankan untuk menghindari makanan cepat saji. Sebab jenis makanan yang ditambahkan garam saat proses pengolahan, seperti makanan kalengan, ikan asin, junk food bisa membuat gampang haus saat puasa.

4. Hindari jenis makanan ini

Tips Sehat Menjalankan Puasa, Hindari Jenis Makanan Inipexels.com/NIKOLAY OSMACHKO

Menurutnya, kamu juga perlu membatasi kafein ya. Jangan berlebihan minum teh atau kopi, karena kafein bisa memicu air keluar dari tubuh lebih banyak saat puasa, melalui air kemih.

Makanan berlemak dan tinggi kadar gula juga perlu dikurangi, seperti cokelat olahan atau permen. Sebab, selain membuat mudah lapar juga bisa jadi pemicu penambahan berat badan.

"Tetap jaga aktifitas fisik. Itu penting untuk proses metabolisme tubuh dan menjaga badan tetap bugar. Tidur yang cukup tujuh sampai delapan jam sehari juga menjaga tubuh kita tetap fit dan terhindar dari kelelahan selama berpuasa," tutupnya.

Baca Juga: Sambal Khas Lampung untuk Buka Puasa Cocok Dipadukan dengan Menu Lain 

Topic:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya