Comscore Tracker

Kenali Gejala Gangguan Psikologis dan Cara Mengatasi

Bisa dilakukan sendiri di rumah tanpa pengawasan profesional

Bandar Lampung, IDN Times -Rasa lelah secara fisik seperti pusing, sakit perut, pegal-pegal mungkin bisa dengan mudah kita rasakan. Namun tak hanya fisik saja yang bisa sakit, psikis kita juga bisa saja sakit apalagi kalau terlalu sering memikirkan hal berat.

Terkadang gejala gangguan psikologis ini jarang disadari oleh penderitanya, kemudian kondisi itu juga bisa diperburuk apabila orang di sekitar tak memahami bagaimana menghadapi orang-orang dengan gangguan psikologis.

Berikut ini IDN Times rangkum penjelasan dari psikolog Lampung Cindani Trika Kusuma bagaiamana mengenali tanda mengalami gangguan psikologis dan cara menghadapinya. 

1. Ciri atau gejala gangguan psikologis

Kenali Gejala Gangguan Psikologis dan Cara Mengatasi4.bp.blogspot.com

Menurut Cindani Trika Kusuma salah satu tim psikolog di Anisa Rumah Psikologi Lampung, ada empat gejala gangguan psikologis yang bisa disadari oleh diri sendiri atau orang-orang disekitar kita.

Pertama gejala perilaku seperti sulit makan, sulit tidur dan gejala  yang mengarah ke perilaku negatif. Kedua, gejala emosi, seperti emosi yang meledak-ledak bahkan tidak bisa mengungkapkan emosi yang dirasakan.

Ketiga, gejala kognitif, misalnya sulit konsentrasi dan tidak bisa fokus pada hal yang sedang dikerjakan. Kemudian, gejala ke empat adalah gejala sosial seperti menarik diri dari lingkungan.

Baca Juga: Surganya Cokelat di Lampung, Ada Bentuk Sepatu dan Kambing

2. Beri dukungan secara emosional

Kenali Gejala Gangguan Psikologis dan Cara MengatasiPexels.com/CoWomen

Jika gejala tersebut muncul dalam diri kamu, hal yang bisa dilakukan kamu atau orang di sekitar kamu menurut Cindani adalah memberi dukungan emosional dalam bentuk empati yang memahami kondisi atau perubahan-perubahan yang terjadi pada gejala yang sudah disebutkan sebelumnya. 

Selain itu, bisa juga memberikan dukungan penghargaan pada perilaku baik yang muncul pada mereka yang mengalami gangguan psikologis. 

"Penghargaan sederhan yang mereka lakukan itu contohnya membantu memberi emosi positif saat hari mereka dirasa cukup berat," terang dosen Psikologi UIN Raden Intan Lampung ini. 

3. Beri penghargaan dan informasi yang membantu mereka

Kenali Gejala Gangguan Psikologis dan Cara MengatasiUnplash/Rosie Fraser

Lebih lanjut Cindani menyampaikan, dukungan instrumental berupa fasilitas atau materi juga perlu kita berikan untuk mereka yang mengalami gangguan psikologis agar mereka lebih baik ke depannya.

"Keluarga terdekat atau lingkungan sekitar bisa memberikan informasi yang tepat supaya membantu mereka untuk mendapat penanganan secara profesional," katanya.

Bahkan menurut Cindani pemerintah juga harus turut andil dalam membentuk program yang mendukung adanya peningkatan psikologis yang lebih sehat dan positif dalam masyarakat.

4. Segera cari pertolongan yang tepat

Kenali Gejala Gangguan Psikologis dan Cara Mengatasialodokter.com

Cindani berpesan, jika kamu merasa sendirian minta dan carilah bantuan. Jika sulit menemukan bantuan boleh searching di internet informasi yang tepat dan benar kaitannya tentang psikologis atau kesehatan mental.

"Jangan hanya diam di kamar atau di dalam tempat kalian saat ini karena itu hanya akan membuat psikologis kalian semakin buruk," ujarnya.

Pihaknya juga mengajak untuk berani berbicara supaya mendapat pendampingan yang tepat untuk permasalahan yang dihadapi.

"Apa pun yang sudah terjadi pada kalian, kalian tetap berharga jadi jangan ragu dan takut mari bersama-sama kita saling mendukung untuk mendapat kesehatan mental yang lebih baik," pungkasnya.

Baca Juga: Jadi Pengin Borong! Lima Toko Kerajinan Khas Lampung, Unik Semua

Topic:

  • Silviana
  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya