Comscore Tracker

Camilan Khas Lampung, Cara Buatnya Mudah Kok! 

Identik rasa manis dan gurih, cocok temani harimu

Bandar Lampung, IDN Times - Setiap daerah tentu memiliki kuliner khas yang disajikan saat acara adat atau berkumpul dengan keluarga. Masyarakat Lampung juga memiliki sederet makanan khas yang mudah dibuat karena menggunakan bahan-bahan sederhana.

Biasanya makanan ini dibuat saat ada tamu yang datang atau untuk makan pagi. Sebab masyarakat Lampung terbiasa sarapan dengan makanan-makanan ringan setelah siang hari baru makan nasi dan lauk pauk.

Nah berikut IDN Times rangkum lima kudapan khas Lampung yang mudah membuatnya.

Baca Juga: Nasi Padang sampai Tempe Dibikin Waffle? Juara Masterchef Beri Bukti

1. Gegaduh

Camilan Khas Lampung, Cara Buatnya Mudah Kok! Yummy.co.id

Gegaduh adalah makanan khas Lampung yang tak ada di toko oleh-oleh Lampung. Biasanya masyarakat Lampung membuat ini untuk memberikan suguhan pada tamu atau menemani sarapan pagi.

Gegaduh terbuat dari pisang yang dihaluskan sampai lembut, kemudian ditambah tepung terigu dan diaduk hingga rata. Setelah itu bisa ditambahkan susu, selai atau rasa lainnya sesuai selera sebelum dibentuk menjadi bulat-bulat dan di goreng. Untuk menambah aroma pada makanan khas ini, orang Lampung biasanya menambahkan daun pandan.

2. Jejengkong

Camilan Khas Lampung, Cara Buatnya Mudah Kok! Coffecoffe.blogspot.com

Kudapan satu ini favoritnya masyarakat Lampung saat bulan Ramadan lho. Masyarakat kerap menyajikannya untuk berbuka puasa. Bahkan jejengkong ini juga jadi menu takjil dijual banyak orang.

Rasanya identik manis mirip dengan menu kudapan manis takjil lainnya. Pembuatannya menggunakan tepung beras, tepung sagu, hingga tepung kanji sebagai bahan dasarnya. Tekstur kuenya empuk dan bikin nagih.

3. Selimpok

Camilan Khas Lampung, Cara Buatnya Mudah Kok! Instagram.com/ayuwin412

Makanan khas Lampung lain yang memiliki cita rasa manis dan gurih adalah selimpok. Terbuat dari bahan dasar ketan, selimpok terdapat dua jenis yaitu selimpok lunik dan bungking.

Bahan yang digunakan, ketan, pisang,kelapa, gula garam, dan daun pisang. Caranya, cuci bersih ketan, dan rendam dengan air bersih selama 1 jam, lalu tiriskan.

Kemudian, haluskan pisang dan campurkan dengan ketan lalu tambahkan kelapa, aduk rata kemudian, tambahkan gula dan garam sebagai pelengkap rasa. Setelah adonan siap, bungkus dengan daun pisang dan kukus sampai matang.

Untuk membuat selimpok lunik, ketan dijadikan tepung terlebih dahulu. Sedangkan selimpok bungking, ketan tidak perlu dihaluskan tapi langsung dicampur dengan pisang.

Baca Juga: Promo Kemerdekaan Kuliner Bandar Lampung, Diskon hingga 50 Persen 

Topic:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya