TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Resep Chicken Parmesan, Ayam Krispi dengan Saus Tomat dan Keju Leleh

Kombinasi ayam, tomat, dan keju tak pernah salah!

ilustrasi chicken parmesan (YouTube.com/Recipe30)

Siapa pernah menyantap chicken parmesan di restoran steak? Hidangan ini menyajikan potongan daging ayam dilapisi dengan campuran tepung roti dan keju parmesan, kemudian digoreng hingga keemasan.

Kesempurnaan rasa tercapai saat ayam tersebut disajikan dengan saus tomat yang lezat disertai keju mozzarella yang meleleh. Setiap gigitan memberikan sensasi kenikmatan dari sentuhan keju yang leleh.

Bagi kamu memiliki bahan-bahannya, kamu juga bisa membuatnya di rumah, kok. Yuk, kita simak saja resep chicken parmesan yang lezat di bawah ini!

Baca Juga: Manifesting Body Goals 2024, Wujudkan dengan 7 Tips Diet Ini!

1. Bahan membuat chicken parmesan

  1. 2 dada ayam tanpa kulit
  2. 90 gr keju parmesan parut halus
  3. 50 gr tepung roti panko
  4. 60 gr tepung roti biasa
  5. 2 buah tomat merah matang
  6. 2 gelas tomat yang dihaluskan
  7. 1 sdt thyme kering
  8. 3 tangkai oregano segar (atau 1 sdt yang kering)
  9. 60 gr tepung terigu
  10. 2 telur utuh
  11. 2 sdm mentega
  12. Daun basil untuk hiasan (opsional)
  13. 6 lembar atau 80 gr keju mozzarella
  14. 1 siung bawang putih
  15. Minyak zaitun
  16. Garam dan merica

2. Cara membuat

  1. Pertama-tama buat saus tomat terlebih dahulu. Tuangkan minyak zaitun dalam panci dengan api sedang, tambahkan bawang putih cincang dan oregano. Kemudian tambahkan tomat yang sudah dihaluskan, garam, dan merica. Turunkan api menjadi kecil dan sesekali aduk, serta biarkan mengental.
  2. Setelah saus mengental, tambahkan potongan tomat segar yang dipotong dadu dan masak selama 30 detik sebelum disajikan.
  3. Untuk tepung pelapis ayam, campurkan tepung roti halus dan tepung roti panko, serta sedikit keju parmesan parut. Taburkan sedikit thyme kering dan aduk rata.
  4. Bumbui dada ayam dengan garam dan merica. Pipihkan dada ayam dengan melapisi dengan cling wrap, lalu pukul-pukul menggunakan palu daging. Balut dada ayam dengan tepung, kemudian celupkan ke dalam telur, dan gulingkan dalam campuran tepung roti. Tekan-tekan dengan tangan untuk memastikan semua tepung merata.
  5. Tambahkan sedikit minyak zaitun ke wajan anti lengket dengan api sedang-tinggi. Masak dada ayam yang sudah dibalut tepung roti dan masak setiap sisi hingga kecokelatan. Tambahkan mentega dan terus masak, angkat dada ayam dan miringkan wajan agar mentega masuk di bawah. Setelah matang dan kecokelatan, balik ayam dan masak sisi lainnya.
  6. Di wajan anti lengket, tambahkan keju mozzarella dan masak dengan sedikit lada. Begitu meleleh dan mulai kecoklatan di pinggirnya, keju siap dituangkan di atas ayam.
  7. Untuk penyajian, letakkan saus tomat di tengah-tengah ayam, dan tuangkan keju di atasnya. Tambahkan saus tomat juga di sisi. Hias dengan beberapa daun basil segar.

Verified Writer

Porcelain

・ʚ skincare recommendations from porcelain ɞ・

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya