TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

6 Macam Kreasi Croissant Unik dan Bisa Kamu Temui di Lampung!

Ada yang rasanya gurih juga lho!

Aneka kreasi croissant di Lampung. (Instagram)

Intinya Sih...

  • Croissant terkenal dari Italia, memiliki rasa gurih asli tanpa toping.
  • Di Lampung, croissant original bisa ditemukan di La Passion Patisserie dengan harga mulai Rp18.000.
  • Tersedia pula kreasi croissant seperti Cromboloni, Croffle, Flat Croissant, Cronigiri, dan Chimney Croissant di berbagai tempat di Lampung.

Bandar Lampung, IDN Times – Croissant merupakan salah satu kue pastry dari Italia. Kue ini berbentuk seperti kerang dan memiliki lapisan-lapisan sehingga membuatnya renyah di luar dan lembut di dalam.

Croissant original memiliki rasa gurih karena tidak menggunakan gula dan tidak diberi toping apapun. Namun dalam beberapa kreasi croissant diberi taburan kacang, coklat, bahkan rasa lainnya.

Namun saat ini banyak patissier yang mengkreasikan croissant menjadi jenis dessert baru yang unik dan populer. Kali ini IDN Times akan membagikan berbagai macam kreasi croissant bisa kamu temukan di Lamping. Yuk simak!

1. Croissant

Pertama ada coissant original. Salah satu tempat terkenal di Lampung yang memproduksi Croissant premium adalah kafe La Passion Patisserie. Kafe ini hanya menerima pengunjung perempuan saja. Meski begitu, laki-laki juga bisa membeli croissant maupun kue di sini dengan cara memesannya lewat ojek online.

Kafe ini cukup estetik. Selain croissant juga ada menu pastry bahkan minuman. Untuk harga croissantnya mulai Rp18.000 sementara menu lainnya mulai Rp12.000. Lokasinya ada di Jalan Dahlia, Rawa Laut, Enggal Bandar Lampung. Buka setiap hari pukul 08.00 sampai 21.00 WIB.

2. Cromboloni

Cromboloni sempat menjadi hidangan dessert paling populer dan viral sejagat media sosial. Tak hanya anak muda, orang tua pun banyak penasaran dengan kue berbentuk bulat dan berlapis-lapis ini.

Lapisan pada kue pastry satu ini pun memang sengaja dibuat ketika proses mencetak. Tapi tahu kah kamu kalau Cromboloni ini sebenarnya kreasi dari pastry bernama Croissant dan Bomboloni.

Bahan Croissant dibentuk bulat dan diisi dengan cream seperti Bomboloni. Untuk mencicipi makanan satu ini kamu tidak perlu jauh-jauh ke Jakarta apalagi Italia karena di Lampung juga sudah banyak yang menjualnya.

Beberapa toko kue yang menjual Cromboloni khususnya di Bandar Lampung adalah Toko Roti Shereen Lampung, Cafe khusus perempuan La Passion, Cafe Moore Coffee and Pastry, Toko Roti Valesca Artisan, Toko Kue Jon’s Boulangerie & Patisserie, Toko kue Harvest.

Baca Juga: Rekomendasi Jajanan Pasar Bandar Lampung, Bikin Ngiler Semua

3. Croffle

Berikutnya ada croffle. Makanan satu ini juga sempat viral dan masih menjadi hidangan penutup yang menggiurkan. Pasalnya Croffle biasanya dihidangkan dengan aneka toping mulai dari basic yakni gula halus, sirup maple, cream, potongan buah, sampai es krim.

Croffle merupakan perpaduan antara Croissant dan Waffle. Bahan roti Croffle dipanggang dengan pencetak waffle.

Rekomendasi tempat makan atau toko roti yang masih menjual croffle di antaranya adalah Ketje Tea dan Cafe Moore Coffee and Pastry. Untuk Lokasi Ketje Tea berada di Mall Boemi Kedaton dan Moore Coffee and Pastry ada di Kecamatan Wayhalim Bandar Lampung. Untuk harganya mulai Rp20 ribuan.

4. Flat croissant

Lalu ada flat croissant. Makanan ini juga masih variasi dari croissant.

Seperti namanya croissant ini dibuat gepeng sehingga punya tektur yang garing dan renyah. Setelah itu diberi lelehan coklat, macha, cream cheese, dan sebagainya serta taburan kacang atau crumble.

Salah satu tempat yang menjual makanan unik satu ini adalah Monga, sebuah kafe yang menjual aneka pastry di Jalan Jenderal Sudirman Nomor 65 A, Pahoman, Enggal, Kota Bandar Lampung. Kafe ini buka setiap hari kecuali Minggu mulai pukul 10.00 sampai 19.00 WIB.

Ada empat rasa Flat Coissant yang ditawarkan Monga yakni original, coklat almond, macha pistacio, dan stroberi cream cheese. Selain itu di sini juga menjual waffle dan pastry lainnya. Untuk harga makanannya mulai Rp20.000an.

5. Cronigiri

Cronigiri (instagram.com/feastit_)

Gak cuma berkreasi dengan flat croissannya. Di Monga juga ada kreasi croissant lainnya nih yakni Cronigiri yakni perpaduan antara cromboloni dan onigiri. Seperti onigiri, bentuk croissant ini segitiga dan diberi nori di salah satu sisinya. Tak hanya bentuk saja yang unik, pilihan rasa cronigiri juga unik.

Jika croissant identik dengan rasa manis, cronigiri menyediakan rasa-rasa gurih dan asin seperti egg mayo dan tuna mentai. Dijamin kamu akan menemukan sensasi tersendiri ketika mencobanya. Selain aneka dessert, di sini juga menjual minuman seperti kopi, non kopi, dan varian teh.

6. Chimney croissant

Lalu ada chimney croissant. Variasi croissant ini terbilang paling unik dari segi bentuknya, yakni mirip tabung berlubang dan di dalamnya diberi isian seperti lelehan cokelat dan sebagainya.

Salah satu toko roti di Lampung yang menjual makanan unik ini adalah Kuru Kuru. Lokasinya ada di Jalan Zaenal Abidin, Pagar Alam, Bandar Lampung.

Untuk beberapa varian tersedia ada nutela happy, lotus biscoff, japanese chocolate, plain butter, dan cheese milk, dengan harga mulai Rp18.000. Selain coissant, di sini juga ada aneka minuman dan es krim. Toko roti ini buka setiap hari mulai pukul 09.00 sampai 22.00 WIB.

Itulah beberapa macam kreasi croissant yang bisa kamu temukan di Lampung. Kamu pernah nyobain yang mana saja nih?

Baca Juga: 9 Tempat Makan Enak dan Murah di Sekitar UIN Raden Intan Lampung!

Berita Terkini Lainnya