TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

PGN Genjot UMKM Lampung jadi Pelanggan Jargas, Hemat hingga 50 Persen

PGN Lampung terima permohonan Jargas dari UMKM

PT PGN Tbk Area Lampung mencatat, 2024 ini menerima permohonan berlangganan Jaringan Gas (Jargas) 21 pelanggan UMKM. (Dok. PGN Lampung).

Intinya Sih...

  • PT PGN Tbk Area Lampung menerima 21 permohonan Jargas dari UMKM, dengan 11 sedang dalam proses.
  • Pelanggan UMKM yang belum dilalui saluran pipa gas dapat menggunakan Gaslink C-Cyl, produk Compressed Natural Gas (CNG) dari PT Gagas Energi Indonesia.
  • Pemanfaatan Jargas PGN oleh UMKM seperti outlet Sate Utami Cabang Way Halim Bandar Lampung telah memberikan keuntungan ekonomis dan efisiensi penggunaan gas.

Bandar Lampung, IDN Times - PT PGN Tbk Area Lampung mencatat, 2024 ini menerima permohonan berlangganan Jaringan Gas (Jargas) 21 pelanggan UMKM. Dari pengajuan permohonan tersebut, 11 di antaranya sedang dalam proses.

UMKM pemohon Jargas tersebut dari segi lokasi sudah dilalui saluran pipa gas, seperti di Kecamatan Telukbetung Utara, Tanjungkarang Pusat, Tanjungkarang Barat, Kedaton, Labuhan Ratu, Way Halim, Tanjung Seneng dan Sukarame. Hal tersebut disampaikan Area Head PGN Lampung, Ahmad Abrar kepada IDN Times, Selasa (30/7/2024).

Baca Juga: Hotel Bintang 5 Semarang Hemat 40 Persen Biaya berkat Gas Bumi PGN

1. Ada opsi pakai Gaslink C-Cyl

Gaslink C-Cyl. (Dok. Pertamina).

Terkait lini usaha UMKM mengajukan permohonan Jargas tapi belum dilalui saluran pipa gas PGN, Abrad mengemukakan, tidak perlu berkecil hati. Itu karena PGN melalui PT Gagas Energi Indonesia (Gagas) juga telah memperkenalkan produk Gaslink C-Cyl.

Gaslink C-Cyl adalah Compressed Natural Gas (CNG) untuk pelanggan sektor industri dan komersial disalurkan menggunakan tabung dengan kapasitas 24 meter kubik (m3) atau setara dengan 20 Kg.

"Kehadiran Gaslink C-Cyl akan semakin memperluas pemanfaatan gas bumi, khususnya bagi pelanggan yang masih belum terjangkau oleh gas pipa, baik untuk sektor industri, komersial termasuk UMKM, sehingga dapat merasakan manfaat dan keunggulan gas bumi," papar Abrar.

Ia menambahkan, program C-Cyl, untuk biaya cukup ekonomis. ":Semua sudah terkontrak atau sewa, baik instlasi, meteran, semua kami sediakan dari PGN," terangnya.

2. Hemat hingga 50 persen

Gaslink C-Cyl

Pemanfaatan Jargas PGN untuk sektor UMKM diakui Dimas, selaku pemilik Sate Utami Cabang Way Halim Bandar Lampung. Ia mengatakan, sejak dua bulan lalu sudah beralih ke Jargas PGN.

DImas menambahkan, sebelum menggunakan Jargas, outlet Sate Utami menghabiskan satu atau lebih tabung gas ukuran 12 Kg. Penggunaan tabung itu menurutnya kurang ekonomis.

Itu karena gas mengendap yang tersisa di dalam tabung tidak dapat lagi digunakan dan terbuang, lantaran tekanannya sudah rendah. Meski api tetap hidup pada kompor, namun tidak begitu besar pengaruhnya ke masakan di atasnya.

"Outlet kami baru dua bulan menggunakan Gas PGN, setelah dihitung selisih yang terjadi rata-rata di atas 30 persen bahkan hingga 50 persen, pemakaian saat ini sekitar 2 jutaan per bulan sejak pakai Jargas, dari sebelumnya 4 sampai 5 juta. Nah ini secara bisnis jelas menguntungkan, apalagi penggunaannya simple, tidak harus gonta ganti tabung," paparnya.

Dimas menjelaskan, perbedaan lain menggunakan Jargas dengan tabung gas konvensional adalah , api yang dihasilkan dari kompor juga lebih besar, sehingga makanan lebih cepat matang dan tersaji lebih cepat ke pelanggan. Disinggung kendala, ia mengklaim belum ada, meski harus ada penyesuaian dari kompor, namun tetap fleksibel.

Berita Terkini Lainnya