Comscore Tracker

Tips Beli Mobil Bekas dan Cek Kualitas Kendaraan, Biar Gak Menyesal!

Beli mobil itu bak milih jodoh biar gak menyesal

Bandar Lampung, IDN Times - Membeli mobil bekas masih menjadi opsi bagi sebagian orang yang ingin memiliki kendaraan roda empat. Alasannya, mobil bekas dibanderol harga lebih terjangkau dibanding beli mobil baru.

Meski berstatus barang seken, bukan berarti kondisi mobil-mobil tersebut tidak layak pakai atau dalam keadaan jelek. Pasalnya, masih banyak mobil bekas yang bisa dikatakan mendekati kualitas mobil baru.

Namun perlu dicatat ya guys, hal itu harus membutuhkan ketelitian dan kejelian yang ekstra. Itu karena, membeli mobil bekas harus memahami beberapa cara, demi mendapatkan mobil yang sesuai dengan keinginan dan tentunya berkualitas.

IDN Times bersama Owner Permata Autodealer Galery, Arspian, sebagai salah satu penjual mobil bekas di Bandar Lampung berbagi tips dan cara membeli mobil bekas. Yuk disimak.

1. Jangan terlena harga mobil bekas kelewat miring

Tips Beli Mobil Bekas dan Cek Kualitas Kendaraan, Biar Gak Menyesal!Shutterstock

Arspian mengatakan, efisiensi budget adalah salah satu alasan utama seseorang untuk membeli mobil. Namun, setiap calon pembeli jangan langsung tergiur harga yang kelewat miring atau di bawah harga pasaran mobil bekas tersebut.

Itu tidak menutup kemungkinan mobil bekas tersebut punya track record yang buruk, seperti mobil bekas banjir, insiden (pernah kecelakaan), dan lain-lainnya.

"Itu biasanya penjual yang mau cepat-cepat mobilnya laku.Jadi dia tawarin harga yang kelewat murah," kata Pian, sapaan akrabnya, Kamis (25/2/2021).

2. Menanyakan catatan servis dari pemilik sebelumnya

Tips Beli Mobil Bekas dan Cek Kualitas Kendaraan, Biar Gak Menyesal!IDN Times/Dwi Agustiar

Sudah sewajarnya, setiap calon pembeli mobil bekas menanyakan catatan servis kendaraan yang hendak ia beli. Menurut Pian, sikap itu bukan tanpa alasan. Itu lantaran mobil sehat atau prima sudah pasti rutin melakukan perawatan secara berkala.

"Ini gak kalah penting, karena dari sini pembeli bisa nilai kondisi dan performa mobilnya. Ya, artinya mobil itu juga dirawat dengan baik," tuturnya.

Baca Juga: Tips Belanja Thrifting Millennials Lampung, Hemat dan Ramah Lingkungan

3. Periksa detail interior dan eksterior mobil

Tips Beli Mobil Bekas dan Cek Kualitas Kendaraan, Biar Gak Menyesal!Interior mobil. (IDN Times/Tama Yudha Wiguna).

Pian melanjutkan, langkah berikutnya yakni memeriksa secara detail baik eksterior dan interior mobil. Pembeli harus memeriksa semua komponen kendaraan dalam keadaan baik dan sesuai dengan fungsinya.

Hal penting lainnya adalah, membeli mobil bekas perlu mengetahui orisinilitas komponen pada kendaraan tersebut. "Periksa saja pelan-pelan. Inget beli mobil itu kaya milih jodoh, jangan pernah buru-buru," kelakar Pian.

Untuk urusan eksterior mobil imbuhnya, jangan hanya melihat ada atau tidaknya bodi mobil yang lecet serta penyok. Namun perhatikan apakah terdapat cat body mobil yang terlihat belang.

"Jangan lupa, lihat juga kolong mobil periksa sasisnya. Dari sana, kita bisa tahu mobil pernah laka tidaknya," imbuh Pian

"Kalau interior, perhatian semua komponen berfungsi mulai dari AC, audio, safety belt, plafon mobil, lain-lainnya," terangnya.

Ia juga menyarankan, calon pembeli juga fokus ke interior atau kabin apakah ada aroma kurang sedap. "Contoh ada bau demek atau apek, sebab itu salah satu ciri mobil bekas banjir," lanjut Pian.

4. Periksa kondisi mesin

Tips Beli Mobil Bekas dan Cek Kualitas Kendaraan, Biar Gak Menyesal!Periksa mesin mobil. (IDN Times/Tama Yudha Wiguna)

Hal yang paling vital saat membeli mobil bekas yakni, urusan "kesehatan" mesin. Pian mengatakan, cara paling mudah mengetahui kualitas adalah mesin mobil tidak terdengar kasar dan saat dinyalakan tidak terjadi kebocoran atau banjir mesin.

Oleh karenanya, pemilik mobil wajib melakukan test drive kendaraan. "Itu biar feel-nya dapat pembeli juga rasain performa tenaga mesin, suspensi, transmisi, lain-lainnya," beber Pian.

Ia juga menyarankan, setiap pembeli mobil bekas membawa orang kepercayaannya masing-masing yang lebih mengerti dan paham terhadap mesin mobil. "Itu lebih diajukan, seandainya memang tidak paham betul tentang mobil," saran Pian.

5. Memastikan kelengkapan dokumen kendaraan

Tips Beli Mobil Bekas dan Cek Kualitas Kendaraan, Biar Gak Menyesal!ANTARA FOTO/Rosa Panggabean

Tips terakhir disampaikan Pian adalah, calon pembeli diminta memeriksa semua dokumen kelengkapan kendaraan terutama STNK, BPKB dan faktur kendaraan. Itu lantaran, mobil yang tidak memiliki kejelasan berkas tidak ada nilainya.

"Cocokin juga nomor rangka dan nomor mesinnya. Apakah sama dengan yang dicantumkan dalam surat-suratnya. Penting, membeli mobil yang benar-besar sesuai kelengkapan dokumennya," tandas Pian.

Itulah lima tips bisa kamu terapkan sebelum membeli mobil bekas. Mudah-mudahan bisa bermanfaat ya. Kira-kira apalagi yang harus diperhatikan? Bisa tulis dikolom komentar ya.

Baca Juga: Mau Kuliah di Prancis? Simak Tips Beasiswa dari IIB Darmajaya

Topic:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya