Comscore Tracker

Pendapat Wali Kota Indonesia Kunjungi Wisata Bandar Lampung

Potensi Bandar Lampung dari destinasi, kuliner, hingga jasa

Bandar Lampung, IDN Times - Kegiatan Nasional HUT APEKSI (Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia) 2022 di Kota Bandar Lampung sejak 27-29 Mei 2022, menjadi salah satu momen tugas dinas sekaligus liburan untuk beberapa wali kota yang datang ke Ibu Kota Provinsi Lampung ini.

Bahkan, ada beberapa wali kota yang membawa serta keluarga, seperti istri dan anaknya ke acara tersebut. Tak hanya itu, ada juga wali kota sengaja datang sehari lebih awal, untuk berkunjung ke tempat wisata di Kota Bandar Lampung.

Kira-kira, bagaimana ya pendapat mereka tentang tempat wisata di Kota Tapis Berseri? Berikut IDN Times rangkum beberapa wali kota sudah mengunjungi tempat wisata di Bandar Lampung.

1. Wali Kota Palembang, Harnojoyo

Pendapat Wali Kota Indonesia Kunjungi Wisata Bandar LampungWalikota Palembang, Harnojoyo. (IDN Times/Rohmah Mustaurida).

Pernah lama di Bandar Lampung, Harnojoyo sudah hapal betul ciri khas Kota Bandar Lampung. Ia melihat banyak potensi bisa digali khususnya di bidang pariwisata.

Ia menilai Bandar Lampung memiliki sumber daya alam cukup baik, namun sektor jasanya lebih mumpuni. Selain objek wisata, bidang kuliner dan produk lokal Bandar Lampung sudah sangat bagus.

“Bandar Lampung ini kan dekat dengan Jakarta, jadi sebenarnya kalau pariwisata bisa dioptimalkan, bisa menjadi penyangga kota bahkan provinsi. Maka ini harus dimanfaatkan, apalagi dengan Palembang juga sekarang sudah dekat, hanya tiga jam lewat tol,” katanya.

Terkait kerja sama bidang wisata, Harnojoyo menyinggung soal SDA potensial di Bandar Lampung dan di Palembang yang berbeda, sehingga dapat menjadi nilai tambah bagi kedua daerah.

“Kalau soal pariwisata kan masyarakat yang punya laut rindunya sungai, yang punya sungai rindunya laut. Palembang punya sungai dan Bandar Lampung punya laut, itu bisa kita tekankan untuk saling kerja sama,” ujarnya.

2. Wali Kota Medan, Bobby Nasution

Pendapat Wali Kota Indonesia Kunjungi Wisata Bandar LampungWalikota Medan, Bobby Nasution. (IDN Times/Rohmah Mustaurida).

Lain lagi dengan Wali Kota Medan, Bobby Nasution. Menantu Presiden Joko 'Jokowi' Widodo ini sangat kagum dengan Taman UMKM Bung Karno yang ada di Jalan Gatot Subroto Bandar Lampung. Selain menjadi tempat wisata, menurutnya Taman UMKM Bandar Lampung juga bisa memberikan dampak perekonomian kepada masyarakat khususnya pelaku UMKM.

“Tiga hari pelaksanaan APEKSI di Bandar Lampung ini luar biasa, bukan hanya kegiatan formal tapi juga kegiatan yang membangkitkan ekonomi. Tadi kita lihat Taman UMKM Bung Karno yang panjangnya hampir satu kilo, ini adalah cikal bakal untuk membangkitkan ekonomi setelah pandemik,” katanya.

Diketahui Bobby sempat berkunjung ke Taman Satwa Lembah Hijau bersama istri dan anaknya pada Kamis, 26 Mei 2022 secara pribadi. Hal itu pun ia bagikan ke akun media sosialnya.

Baca Juga: Bima Arya: Setelah Dengar Berita Eril, Kang Emil Tetap Profesional

3. Wali Kota Singkawang, Tjhai Chui Mie

Pendapat Wali Kota Indonesia Kunjungi Wisata Bandar LampungWalikota Singkawang, Tjhai Chui Mie di Taman Satwa Lembah Hijau. (IDN Times/Rohmah Mustaurida).

Tjhai Chui Mie merupakan salah satu wali kota ikut dalam rombongan tur wisata empat destinasi dari rangkaian acara APEKSI 2022. Ia sangat tertarik untuk melakukan studi banding ke Kebun Binatang di Taman Satwa Lembah Hijau.

“Kota Singkawang juga memiliki kebun binatang tapi tidak dikelola oleh swasta. Jadi masih belum serapi di sini (Lembah Hijau). Saya pikir ini bisa dijadikan studi banding untuk melihat apa saja yang bisa kita lakukan sehingga kebun binatang Singkawang bisa bertambah baik,” katanya.

Ia juga mengatakan sempat menanyakan ke Wali Kota Bandar Lampung Eva Dwiana terkait kontribusi, ker jasama, serta cara kerja Eva dengan Taman Satwa Lembah Hijau.

“Bu Eva tadi juga sudah menyampaikan kalau mereka mengajukan proposal ke menteri pariwisata. Nah ini yang akan coba kami dan pihak pengelola tingkatkan lagi, karena kebangkitan ekonomi saat ini memang paling bagus ada di pariwisata,” ujarnya.

4. Wali Kota Solok, Zul Elfian

Pendapat Wali Kota Indonesia Kunjungi Wisata Bandar LampungWalikota Solok, Zul Elfian ketika di objek wisata Puncak Mas Bandar Lampung, (IDN Times/Rohmah Mustaurida).

Saat ditemui dalam kunjungannya di objek wisata Puncak Mas, Wali Kota Solok Zul Elfian melihat keberadaan Taman Wisata Lembah Hijau dan Puncak Mas salah satu inovasi tempat wisata di Bandar Lampung.

“Apalagi tempat wisata sudah jadi kebutuhan masyarakat ya, rekreasi bersama keluarganya setelah seharian lelah berkerja,” katanya.

Maka, Ia memandang APEKSI suatu kebutuhan bagi pemerintah kota untuk saling mengenalkan potensi di daerah masing-masing salah satunya adalah tempat wisata.

“Lalu Taman UMKM tadi ya, itu juga sangat bagus. Saya lihat produk kulinernya sudah beragam, saya coba beberapa seperti olahan pisang dan keripik (ikan) blue marlin tadi itu enak dan sehat,” jelas Zul.

5. Wali Kota Bogor, Bima Arya

Pendapat Wali Kota Indonesia Kunjungi Wisata Bandar LampungWalikota Bogor, Bima Arya. (IDN Times/Rohmah Mustaurida).

Momentum ketika Indonesia memasuki endemi COVID-19, Wali Kota Bogor Bima Arya memandang kebangkitan perekonomian perlu dilakukan. Ia menyampaikan Presiden Jokowi juga sudah memerintahkan seluruh kepala daerah untuk mengampanyekan penggunaan barang dalam negeri.

“Maka APEKSI bergerak serempak untuk mendorong UMKM, mendorong bangkitnya ekonomi lokal masing-masing. Taman UMKM Bung Karno ini salah satu upaya tersebut,” katanya.

Ia menyatakan, telah mengamati Wali Kota Bandar Lampung Eva Dwiana dan melihat komitmen terhadap UMKM tinggi. Maka itu bisa menjadi potensi yang sangat baik.

“Targetnya semua wilayah bisa berkolaborasi tidak hanya mengandalkan APBD, maka bisa berbagi dengan daerah lain. Juga bisa berkolaborasi dengan swasta, organisasi, BUMN, serta komunitas kreatif,” katanya.

6. Wali Kota Cilegon, Helldy Agustian

Pendapat Wali Kota Indonesia Kunjungi Wisata Bandar LampungWalikota Cilegon, Helldy Agustian (keempat dari kiri). (IDN Times/Istimewa).

Pasca kunjungannya ke Taman Satwa Lembah Hijau, Wali Kota Cilegon Helldy Agustian berencana melakukan kerja sama dengan Pemerintah Kota Bandar Lampung dibidang pariwisata.

Meski begitu, pihaknya belum menyebutkan secara khusus kerja sama seperti apa yang akan dilakukan dengan Pemkot Bandar Lampung.

“Cilegon kan kota industri, tapi bukan berarti kita tidak bisa memberikan sesuatu seperti di Lampung ini. Jadi kita ingin sekali ke depan Cilegon juga ada wisata-wisata seperti di Provinsi Lampung khususnya di Bandar Lampung. Program wisata Ini memang harus kita lakukan,” katanya.

Baca Juga: APEKSI 2022 Momen Bobby Nasution Nostalgia di Bandar Lampung

Topic:

  • Rohmah Mustaurida
  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya