Comscore Tracker

Ini Perbedaan Waduk, Danau, dan Bendungan Perlu Kamu Tahu

Kadang terlihat sama, tapi nyatanya amat berbeda

Adakah dari kita mengira waduk, bendungan, dan danau merupakan tempat yang sama?. Atau bahkan tak bisa membedakannya sama sekali?. Meski tampak sama, tetapi sebenarnya sangat berbeda.

Ternyata, gak hanya bentuknya, tetapi juga cara terbentuk, fungsi, hingga jenis berbeda lho. Kalau masih bingung, simak perbedaan waduk, danau, dan bendungan di bawah ini, ya!

1. Asal terbentuknya waduk, bendungan, dan danau

Ini Perbedaan Waduk, Danau, dan Bendungan Perlu Kamu Tahuinstagram.com/wow_java

Waduk biasanya dibangun di lahan yang luas. Gak cuma itu, waduk juga cenderung jauh dari keramaian. Nah, genangan air yang membentuk kolam besar ini disebut sebagai waduk.

Bendungan sendiri dikenal sebagai konstruksi yang dibangun untuk membendung waduk. Kementerian Pekerjaan Umum Indonesia menyebutkan definisi bendungan sebagai bangunan berupa tanah, batu, dan beton untuk menahan air.

Berbeda dengan waduk dan bendungan, danau tercipta lebih alami. Biasanya danau muncul karena aliran sungai, mata air, atau gletser yang mencair. 

2. Fungsi yang berbeda

Ini Perbedaan Waduk, Danau, dan Bendungan Perlu Kamu Tahuinstagram.com/juniarzulmi

Air waduk yang ditampung ini bisa digunakan untuk kebutuhan sehari-hari, seperti air minum. Airnya juga bisa dijadikan habitat ikan air tawar, sehingga menjadi budidaya untuk meningkatkan perekonomian warga sekitar.

Bendungan biasanya digunakan untuk mengalirkan air ke Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA). Biasanya terdapat pintu yang digunakan untuk membuang air berlebih.

Nah, danau lebih sering dijumpai sebagai sarana rekreasi. Pemandangan di sekitar danau pun membuatnya makin cantik. Biasanya suasananya sejuk dan dingin.

Baca Juga: 5 Danau Indah di Indonesia Ini Pernah Memakan Korban Jiwa  Lho!

3. Dilihat dari segi jenisnya

Ini Perbedaan Waduk, Danau, dan Bendungan Perlu Kamu Tahuinstagram.com/alivikry

Waduk terbagi menjadi tiga jenis berdasarkan lokasi, yakni waduk lembah, sisi sungai, dan pelayanan. Beberapa waduk yang terkenal di Indonesia, mulai dari Waduk Pluit, Waduk Ria Rio, hingga Waduk Jati Luhur.

Ini Perbedaan Waduk, Danau, dan Bendungan Perlu Kamu Tahuinstagram.com/notrip_nochannel

Nah, bendungan terbagi berdasarkan konstruksi, seperti bahan, tinggi, hingga isi air. Beberapa di antaranya bendungan separuh, kayu, hingga kering. Di Indonesia, ada Bendungan Jatigede dan Kuningan.

Ini Perbedaan Waduk, Danau, dan Bendungan Perlu Kamu TahuUnsplash/Fikry Anshor

Kalau danau, jenisnya cukup banyak, terutama dilihat berdasarkan proses pembentukan, mulai dari tektonik, vulkanik, karst, glasial, dan masih banyak lagi yang lainnya. Indonesia sendiri memiliki banyak danau yang memesona, seperti Danau Toba, Poso, dan Towuti.

Itulah tiga perbedaan utama waduk, danau, dan bendungan yang harus kamu ketahui. Di daerah tempat tinggalmu lebih dekat dengan yang mana, nih? Tulis di kolom komentar ya!

Baca Juga: 10 Danau Terbesar di Dunia dengan Panorama Paling Kece dan Menawan

Topic:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya