Comscore Tracker

Menanti Lumba-lumba di Teluk Kiluan, Lampung

Hidden paradise-nya Lampung, nih!

Lokasinya yang dikelilingi perairan pada sisi timur, selatan dan barat membuat Lampung menjadi salah satu tempat terbaik untuk berwisata bahari di Sumatra.

Pesona bahari dengan pemandangan indah yang ada di provinsi ini adalah Teluk Kiluan. Belum pernah tahu bukan? Ini foto-foto surga tersembunyi yang bisa kamu temui di Lampung.

1. Lokasi Teluk Kiluan bisa dibilang cukup jauh dari Kota Bandar Lampung

Menanti Lumba-lumba di Teluk Kiluan, LampungJarak antara kota Bandar Lampung menuju Teluk Kiluan via Google Maps

Teluk Kiluan berjarak kurang lebih 80 kilometer dari pusat kota Bandar Lampung. Perjalanan ke sana bisa memakan waktu 2 hingga 4 jam, tergantung padatnya lalu lintas.

Disarankan juga menggunakan mobil off-road, bukan mobil yang pendek. Meski perjalanannya cukup melelahkan, tapi itu semua akan terbayar ketika sampai di sana.

2. Di sini, kamu bisa lihat lumba-lumba dengan menaiki kapal nelayan ke perairan lepas

Di perairan Teluk Kiluan, kamu bisa melihat lumba-lumba hidung botol dan lumba-lumba paruh panjang yang saling mengejar satu sama lain dan bisa mengejutkanmu dengan lompatan mereka.

Waktu terbaik untuk pergi lihat lumba-lumba ini adalah April hingga September, saat musim kemarau.

Baca Juga: Ini 5 Alasan Kenapa Kamu Harus Traveling ke Lampung

3. Jika beruntung, kamu bisa mengelus punggung lumba-lumba

Menanti Lumba-lumba di Teluk Kiluan, LampungLumba-lumba Unsplash/Iswanto Arif

Dari tepi perahu, kamu berkesempatan mengelus punggung lumba-lumba yang ramah tersebut. Bahkan agak ke tengah laut, kamu bisa melihat ikan paus. Seru bukan?

4. Selain lumba-lumba, di sana ada panorama yang indah untuk mata

Menanti Lumba-lumba di Teluk Kiluan, Lampunginstagram.com/kawanngetriplampung

Selain lumba-lumba, di sana kamu juga akan dihibur oleh suasana alam dan pemandangan perairan yang luar biasa indah. Perairan dengan gradasi biru kehijauan, air yang jernih, serta adanya terumbu karang dan kumpulan ikan laut lainnya makin menambah keindahan.

Eiitts, tapi jangan diinjak atau dirusak ya, kasihan lautnya. Selain itu, ada juga laguna air asin bernama Laguna Gayau yang bisa kamu manfaatkan untuk menghabiskan waktu dengan cara memancing.

5. Bisa juga wisata ke Pantai Gigi Hiu yang letaknya gak jauh dari Teluk Kiluan

Menanti Lumba-lumba di Teluk Kiluan, LampungPantai Gigi Hiu, Lampung Unsplash/Bayu Anggoro

Tempat ini juga disebut sebagai Batu Layar, karena bebatuannya mengembang seperti perahu layar. Daya tarik objek wisata ini berupa bebatuan ataupun karang yang menjulang tinggi di pantai seperti gigi hiu yang lancip. Tempat ini sangat instagram-able, terutama kalau kamu datang pada saat matahari terbit atau terbenam!

Cantik-cantik ya! Jadi kapan nih main ke Lampung?

Baca Juga: 10 Hal Ajaib yang Kamu Alami Pas Merantau ke Lampung

Artikel ini pertama kali ditulis oleh Riyan Sumarno di IDN Times Community dengan judul Bercengkerama dengan Lumba-lumba di Teluk Kiluan, Lampung

Topic:

  • Yogie Fadila

Berita Terkini Lainnya