Comscore Tracker

7 Kuliner Khas Lampung Selain Keripik Pisang Bakal Bikin Ketagihan

Kuliner khas Lampung di antaranya Engkak dan Gabing

Provinsi Lampung memiliki beragam destinasi wisata yang indah. Selain destinasi wisata, kuliner khas daerah ini pun jangan sampai ketinggalan untuk dicicipi. Seperti halnya berbagai daerah di Indonesia yang memiliki sajian khas yang menggoda selera, kuliner khas Lampung juga memiliki cita rasa yang identik dengan sajian khas ikan. Yuk simak penjelasan berikut ini.

1. Seruit

7 Kuliner Khas Lampung Selain Keripik Pisang Bakal Bikin Ketagihaninstagram.com/kane_x_bangik

Seruit adalah masakan ikan yang digoreng atau dibakar dan dicampur dengan sambal terasi dan tempoyak yang merupakan olahan durian ataupun mangga. Jenis ikan yang diolah menjadi seruit seperti ikan seperti ikan air tawar, seperti belide, baung dan layis.

2. Tempoyak

7 Kuliner Khas Lampung Selain Keripik Pisang Bakal Bikin Ketagihaninstagram.com/emmasherrina

Jika biasanya durian dimakan langsung, maka beda halnya dengan makanan khas Lampung yang satu ini. Durian diolah dan difermentasi menjadi makanan. Makanan inilah yang disebut dengan tempoyak.

Baca Juga: 5 Kuliner Andalan Lampung yang Enaknya Juara, Apa Saja?

3. Sambal Lampung

7 Kuliner Khas Lampung Selain Keripik Pisang Bakal Bikin KetagihanSumber Gambar: tokopedia.com

Sambal Lampung memiliki cita rasa yang berbeda, pedas namun terapat aroma asam dan manis. Perbedaan yang sangat terlihat sambal Lampung dengan sambal-sambal lainnya adalah adanya campuran cuka. Maka tak heran jika sambal ini beraroma asam. Selain itu, sambal Lampung juga identik dengan kandungan cabai besar, sehingga terdapat biji cabai merah pada sambalnya.

 

4. Gabing

Baca Juga: Ingin Jelajah Kuliner Lampung? Jangan Lewatkan 7 Restoran Ini! 

7 Kuliner Khas Lampung Selain Keripik Pisang Bakal Bikin KetagihanSumber Gambar: iinaplian.wordpres.com

Meski tak sepopular makanan khas lampung lainnya, ternyata Gabing memiliki cita rasa yang unik. Gabing ialah makanan khas lampung yang terbuat dari batang kelapa muda dan dipotong ukuran sedang setelah itu disayur dengan kuah santan. Aroma dan rasanya dijamin gurih.

5. Pindang

7 Kuliner Khas Lampung Selain Keripik Pisang Bakal Bikin Ketagihaninstagram.com/ar.restocafe

Pindang mungkin makanan yang sebagian besar ada di berbagai daerah di Indonesia. Keunikan pindang Lampung terasa asam gurih, seperti Tom Yam dari Thailand. Aroma kuahnya pun lebih harum berkat daun kemangi yang dicampur di dalam kuahnya. Ada beberapa jenis pindang yang khas di Lampung yakni, Bawung Pindang Nanas, Cumi Pindang Kemangi dan Udang Pindang. 

 

6. Gulai Taboh

7 Kuliner Khas Lampung Selain Keripik Pisang Bakal Bikin KetagihanSumber Gambar: infolampung.com

Gulai Taboh adalah kuliner khas Lampung yang juga dapat diartikan sebagai gulai santan. Tekstur gulai taboh sangat kental dan pedas. Gulai ini biasanya berisi kacang kacangan seperti kacang merah, kacang panjang, rebung, kentang dan lain lain.

7. Engkak

7 Kuliner Khas Lampung Selain Keripik Pisang Bakal Bikin KetagihanInstagram.com/legitlpg

Sekilas engkak mirip dengan lapis legit. Engkak adalah kue yang berbahan dasar dominan ke telur dan mentega. Pembuatannya engkak ini pun dipanggang dengan berlapis-lapis.

Waduuh, bikin lapeerr kan guys ?

Baca Juga: 5 Kuliner Legendaris Bandar Lampung, Harus Cobain!

Topic:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya