Comscore Tracker

7 Hal Perlu Kamu Ketahui Kala Merantau ke Lampung

Pasti ada hal-hal unik yang akan kamu alami di tanah rantau.

Merantau akan membuatmu kuat secara mental. Berbagai pelosok negeri ini sudah siap kok buat jadi tempat perantauan kamu. Pasti ada hal-hal unik yang akan kamu alami di tanah rantau. Gini  rasanya jadi anak rantau di Lampung. 

1. Kerap ditanya Lampung itu dimana ya? Sumatera Selatan? Tentu bukan!

7 Hal Perlu Kamu Ketahui Kala Merantau ke Lampunggoogle maps

Banyak nggak mengenal provinsi Lampung. Pasalnya, provinsi yang disebut-sebut sebagai gerbang menuju Pulau Sumatera ini, masih dianggap bagian dari Sumatera Selatan. Dulunya, Lampung adalah bagian dari Provinsi Sumatera Selatan, namun sejak ada pemekaran wilayah, Lampung menjadi sebuah provinsi sendiri. 

 

2. Nggak bisa bahasa Lampung meski udah bertahun-tahun menetap

7 Hal Perlu Kamu Ketahui Kala Merantau ke Lampungsenibudayaku.com

Masyarakatnya menggunakan bahasa Indonesia sehari-harinya dan hanya sedikit yang menggunakan bahasa Lampung. Mungkin yang menggunakan bahasa Lampung hanya penduduk aslinya. Pantas saja meski bertahun-tahun di provinsi ini,  tetap nggak bisa bahasa Lampung. 

3. Urusan makanan, rumah makan nasi Padang banyak dan digemari

7 Hal Perlu Kamu Ketahui Kala Merantau ke Lampunginstagram.com/nongkrong_surabaya

Baca Juga: 5 Pantai di Lampung yang Wajib Dikunjungi, Eksotis Bak di Luar Negeri!

Tunggu dulu, bukannya nasi padang itu khas-nya Sumatera Barat ya? Kalau di Pulau Jawa makan nasi Padang itu bisa sebulan sekali. Tapi kalau di sini makan nasi padang bisa setiap hari. Rumah makan padang di Lampung digemari banget. Mungkin karena selera masyarakat Lampung yang satu selera dengan orang Padang membuat nasi Padang di sini laris manis. 

4. Siger jadi simbol kebanggaan

7 Hal Perlu Kamu Ketahui Kala Merantau ke LampungInstagram.com/infolampungterkini

Siger adalah simbol kebanggaan Lampung. Biasanya Siger dipakai saat wanita menikah menggunakan adat lampung atau pada saat menari tarian tradisional Lampung. Setiap instansi, perusahaan, pusat perbelanjaan, dan toko pasti ada lambang Siger. Itu sebagai tanda Provinsi Lampung memang bangga akan simbolnya itu. 

5. Keripik pisang oleh-oleh khas

7 Hal Perlu Kamu Ketahui Kala Merantau ke Lampungtokopedia

Eits, keripik pisang Lampung memang beda guys. Kalau keripik pisang biasanya menggunakan pisang biasa, nah ini menggunakan pisang kepok. Rasanya tersedia dalam berbagai macam varian, seperti cokelat, strawberry, mocca, keju, balado, susu dan lain-lain. 

6. Masyarakatnya terobsesi banget jadi PNS, kalau nggak jadi PNS nggak sukses.

7 Hal Perlu Kamu Ketahui Kala Merantau ke LampungIDN Times/Gregorius Aryodamar P

Tolak ukur kesuksesan masyarakat di sini adalah menjadi PNS. Jika nggak jadi PNS belum bisa dikatakan sukses. Susah juga ya, kalau mindset-nya sudah terbentuk seperti ini. 

7. Stigma daerah rawan begal

7 Hal Perlu Kamu Ketahui Kala Merantau ke Lampungidn media

Kalau yang satu banyak persepsi menyatakan demikian. Itu lantaran di Lampung banyak begal-begal berkeliaran. Ada satu kecamatan di Kabupaten Lampung Timur diklaim menjadi basis para begal. Bahkan begal-begal yang beroperasi di Jakarta berasal dari Lampung.  

Ada hal lain yang kamu rasakan saat merantau ke provinsi berjuluk Sai Bumi Ruwa Jurai ini? Share di kolom komentar ya

Baca Juga: 5 Kuliner Andalan Lampung yang Enaknya Juara, Apa Saja?

Topic:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya