Comscore Tracker

XL Axiata Prediksi Trafik Periode Ramadan Naik 10 Persen

Mobilitas masyarakat kian meningkat

PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) telah memperkuat jaringan telekomunikasinya guna menghadapi Ramadan dan Lebaran tahun ini. Penguatan jaringan data perlu dilakukan sebagai antisipasi kemungkinan lonjakan trafik penggunaan di sepanjang Ramadan dan terlebih saat libur panjang Lebaran. Apalagi, dengan adanya pelonggaran dari pemerintah seiring dengan menurunnya kasus Covid-19, mobilitas masyarakat juga akan meningkat. 

Direktur & Chief Teknologi Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa mengatakan, adanya pelonggaran dimana pemerintah akan mengizinkan mudik lebaran, mobilitas masyarakat kemungkinan besar akan meningkat dibanding tahun lalu saat mudik masih dibatasi secara ketat. Mobilitas saat lebaran artinya masyarakat bisa bepergian untuk berlibur ke luar kota seperti apa yang terjadi sebelum pandemi.

"Trafik semua layanan telekomunikasi, terutama data, akan meningkat. Penguatan jaringan menjadi kebutuhan yang harus kami lakukan, baik di pemukiman maupun di area tujuan mudik. Secara umum, kami telah menyiapkan kapasitas jaringan yang lebih besar, hingga 2 kali dibandingkan hari normal," jelasnya dalam keterangan resmi, Minggu (3/4/2022).

Baca Juga: Jaringan 5G XL Axiata di Sirkuit Mandalika Event MotoGP Gratis

Trafik saat Ramadan meningkat 10 persen

XL Axiata Prediksi Trafik Periode Ramadan Naik 10 Persendevteam.space

Gede memperkirakan trafik akan meningkat hingga 10 persen selama Ramadan dibandingkan trafik di hari biasa, dan akan meningkat hingga 15 persen saat masuk di masa libur Lebaran. Selain meningkatkan kapasitas, langkah antisipasi lainnya berupa optimalisasi jaringan dengan melihat kemungkinan pergerakan mobilitas masyarakat atau pelanggan saat masa libur Lebaran.

Untuk itu, sejumlah daerah  yang biasanya menjadi tujuan mudik, khususnya di Pulau Jawa, akan menjadi perhatian khusus. Lokasi-lokasi khusus yang menjadi tempat keramaian setiap kali datang masa liburan panjang juga tidak luput dari perhatian.

Selain lokasi wisata, juga pusat perbelanjaan, tempat pemberangkatan penumpang moda transportasi baik darat, udara, juga laut. Juga tentunya penguatan jaringan di sepanjang jalan raya antar provinsi, baik tol maupun non-tol, baik di Pulau Jawa maupun di luar Jawa. 

Peningkatan trafik karena perkembangan teknologi?

XL Axiata Prediksi Trafik Periode Ramadan Naik 10 PersenPresiden Direktur & CEO XL Axiata, Dian Siswarini (kiri) bersama dengan Direktur & Chief Technology Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa (kanan) mencoba demo layanan 5G yang tersedia di XL Center, XL Axiata Tower, Jakarta, Rabu (18/8/2021). (IDN Times/xlaxiata.co.id).

Selain itu, XL Axiata juga memperhitungkan kemungkinan peningkatan trafik yang terpacu oleh perkembangan teknologi. Setiap tahun tentunya teknologi semakin maju, yang diterapkan oleh smartphone dan gadget terbaru.

Semakin canggih gadget, semakin banyak fitur dengan kemampuan yang semakin baik, yang membuat nyaman pengguna, dan pada akhirnya meningkatkan penggunaan data. Misalnya saja, trend penggunaan video streaming akan semakin meningkat manakala setiap level smartphone kini mampu menyediakan fitur akses video streaming yang mudah dengan kualitas maksimal. 

"Saat ini, di hari normal biasa, trafik jaringan data XL Axiata sebesar 22 PB (Petabyte). Meski demikian, untuk menjamin kemampuan jaringan kami menampung lonjakan trafik nanti, kapasitas tetap kami naikkan hingga 3 kali dari hari normal," imbuh Gede. 

Tim teknis pantau jaringan 24 jam setiap hari

XL Axiata Prediksi Trafik Periode Ramadan Naik 10 PersenTrafik penggunaan layanan PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) tercatat meningkat selama periode Ramadan hingga Idul Fitri 1442 Hijriah. (IDN Times/Istimewa).

Penguatan jaringan ini juga sekaligus untuk mendukung program promo Ramadan dan Lebaran yang digelar XL Axiata. Seperti yang dilakukan XL Axiata setiap tahun, pada Program Ramadan dan Lebaran akan ditawarkan berbagai promo menarik untuk pelanggan prabayar dan pascabayar. Promo-promo tersebut tentu memberikan berbagai manfaat tambahan kepada pelanggan, yang kemungkinan akan bisa semakin memacu peningkatan trafik. 

Guna lebih menjamin keamanan jaringan dalam melayani masyarakat sepanjang Ramadan dan Lebaran nanti, XL Axiata juga telah menyiagakan sumberdaya yang memadai, baik berupa tim teknis yang akan memantau kondisi jaringan selama 24 jam, 7 hari sepekan, serta tim lapangan yang siap bergerak setiap saat jika diperlukan.

Selain itu, juga dilakukan pengerahan armada mobile BTS untuk mendukung penguatan jaringan di lokasi yang rawan terjadi kepadatan trafik. Dari kantor pusat XL Axiata juga dilakukan pemantauan kondisi jaringan di seluruh wilayah operasi melalui fasilitas pusat monitoring Customer Experience & Service Operation Center (CESOC). 

Baca Juga: BIZ Starter Rp65 Ribu Cara XL Axiata Dukung UKM Pakai Google Workspace

Topic:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya