Comscore Tracker

Sudah Coba 5 Fitur Terbaru WhatsApp? Masih Jarang Orang yang Tahu

Fitur baru bisa kamu nikmati di Android maupun iOS

Sebagai aplikasi chatting paling populer di dunia, WhatsApp terus mengembangkan fitur-fitur baru untuk memudahkan penggunanya. Menurut WABetaInfo, ada beberapa fitur yang telah diuji coba di versi beta dan akan hadir dalam waktu dekat, mulai dari image reverse search layaknya Google, dukungan ke lebih dari satu perangkat, hingga vacation mode.

Namun, ada juga sederet fitur baru WhatsApp yang sudah bisa kamu nikmati pada November 2020 ini, baik pada Android maupun iOS. Sudah coba?

1. Membisukan obrolan selamanya 

Sudah Coba 5 Fitur Terbaru WhatsApp? Masih Jarang Orang yang Tahugadgets.ndtv.com

Sebelumnya, WhatsApp cuma memberikan tiga opsi batas waktu untuk membisukan obrolan, yaitu selama 8 jam, 1 minggu, dan 1 tahun. Namun, kini opsi mute untuk 1 tahun telah digantikan dengan pilihan always mute

Pilihan ini memungkinkan pengguna untuk membisukan obrolan tanpa batas waktu. Jadi, kamu gak perlu lagi membisukan ulang notifikasi setiap setahun sekali.

Cara mengaktifkannya:

  • masuk ke percakapan yang ingin dibisukan;
  • ketuk ikon menu (titik tiga) di kanan atas atau boks nama di bagian atas;
  • pilih "Mute Notification";
  • Pilih "Always".

2. Advanced search

Sudah Coba 5 Fitur Terbaru WhatsApp? Masih Jarang Orang yang TahuDok. Pribadi/Dita Restuti

Sebelumnya, kemampuan WhatsApp untuk mencari file yang diinginkan di dalam percakapan memang bisa dibilang kurang mumpuni. Namun, kini ada fitur advanced search atau menu pencarian tingkat lanjut.

Fitur ini memungkinkanmu untuk mencari berbagai jenis file, mulai dari foto, video, dokumen, hingga GIF. Mencari dokumen tertentu yang tenggelam di Grup WhatsApp kantor atau kuliah jadi lebih gampang deh!

Caranya, cukup ketuk ikon "Search..." di bagian atas, lalu pilih jenis file yang ingin dicari.

Baca Juga: Bikin Ngakak, 10 Postingan Kata Mutiara Status WhatsApp 

3. Pengelola penyimpanan

Sudah Coba 5 Fitur Terbaru WhatsApp? Masih Jarang Orang yang TahuDok. Pribadi/Dita Restuti

WhatsApp adalah aplikasi yang cukup menguras memori penyimpanan. Bukan karena ukuran aplikasinya yang besar, melainkan file, seperti foto, video, dan dokumen yang kita unduh dari sana. Repotnya, file ini harus dihapus secara manual. 

Untungnya, sekarang WhatsApp telah menghadirkan fitur storage management tool atau pengelola penyimpanan pada aplikasinya. Kamu bisa dengan mudah mengecek percakapan mana yang memakan ruang penyimpanan paling banyak dan menghapus file yang tidak terpakai.

Caranya, masuk ke menu Settings, Storage and data, Manage storage.

4. Disappearing messages

Sudah Coba 5 Fitur Terbaru WhatsApp? Masih Jarang Orang yang Tahublog.whatsapp.com

Kamu mungkin merasa bahwa sebagian besar percakapan antara kamu dan orang lain gak sepenting itu untuk disimpan selamanya. Agar kamu tidak perlu menghapusnya secara manual, WhatsApp menghadirkan fitur Dissapearing Messages.

Fitur ini memungkinkan chat dengan seseorang dapat otomatis terhapus setelah 7 hari. Meski begitu, file foto atau video yang sudah diunduh gak ikut terhapus, kok.

Untuk mengaktifkannya, masuklah ke percakapan yang diinginkan. Ketuk nama penerima, lalu pilih "Disappearing messages". Pilih "On" untuk mengaktifkannya.

5. Group call di WhatsApp Web dengan Messenger Room

Sudah Coba 5 Fitur Terbaru WhatsApp? Masih Jarang Orang yang TahuDok. Pribadi/Dita Restuti

Lewat WhatsApp Web di browser atau desktop, kamu bisa membuat room untuk group call sampai dengan 50 orang, lho! Ini cocok jika kamu ingin menggelar pertemuan online dadakan dengan orang-orang yang menjadi kontakmu di WhatsApp, bahkan juga yang di luar WhatsApp.

Fitur ini dinamakan Messenger Room dan bisa kamu akses lewat ikon attachment (gambar penjepit kertas) saat berada di obrolan. Tombol ini akan mengarahkanmu untuk membuat group call room layaknya Google Meet atau Zoom.

Yang menarik, orang bisa masuk ke ruang pertemuan yang kamu buat lewat link yang tersedia. Mereka yang gak menggunakan WhatsApp pun bisa masuk dengan link tersebut.

Nah, fitur-fitur terbaru WhatsApp di atas bakal memudahkan berbagai aktivitasmu sehari-hari. Mana yang sudah pernah kamu gunakan?

Baca Juga: 7 Alasan HP Xiaomi Murah tapi Samsung Lebih Mahal, Padahal Spek Sama

Artikel ini pertama kali ditulis oleh Dita Restuti di IDN Times Community dengan judul Coba, yuk! 5 Fitur Terbaru WhatsApp yang Sudah Hadir di November 2020 

Topic:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya