Comscore Tracker

HP Xiaomi dan Vivo Usung Chipset Snapdragon 8 Gen 2, Powerful!

Snapdragon 8 Gen 2 adalah chipset paling powerful 2023

Snapdragon 8 Gen 2 adalah chipset terbaik milik Qualcomm hingga saat ini. Chipset ini pertama kali dirilis November 2022. Hadir dengan 8 core dan memiliki ukuran processor 4 nanometer, Snapdragon 8 Gen 2 sukses memperoleh skor AnTuTu Benchmark di angka 1,3 juta.

Khusus untuk merek Xiaomi dan Vivo, berikut IDN Times rangkum lima smartphone menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 8 Gen 2. Yuk, cek apa saja.

1. Xiaomi 13

HP Xiaomi dan Vivo Usung Chipset Snapdragon 8 Gen 2, Powerful!potret Xiaomi 13 (mi.com)

Rekomendasi pertama adalah Xiaomi 13. Smartphone kelas flagship ini pertama kali dirilis secara global Desember 2022. Paling menonjol dari Xiaomi 13 ada di sektor mesin, layar, kamera, serta desain sangat premium.

Khusus di sektor mesin, HP ini menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 8 Gen 2, memiliki RAM hingga 12GB, dan memori internal 512GB. Untuk OS-nya, Xiaomi 13 berjalan di Android 13 dan MIUI 14. Dengan spesifikasi tersebut, skor AnTuTu Benchmark diperolehnya sangat tinggi mencapai 1,25 juta.

Kalau kamu tertarik dengan smartphone ini, Xiaomi 13 dapat dibeli melalui marketplace internasional seharga Rp15 juta. Harga tersebut belum termasuk pajak harus dibayarkan.

2. Xiaomi 13 Pro 

HP Xiaomi dan Vivo Usung Chipset Snapdragon 8 Gen 2, Powerful!potret Xiaomi 13 Pro (mi.com)

Masih dari merek Xiaomi, rekomendasi kedua adalah Xiaomi 13 Pro. Dibandingkan dengan smartphone pada rekomendasi pertama, Xiaomi 13 Pro ini memiliki keunggulan di sektor layar dan spesifikasi baterai. Untuk sektor lainnya, spesifikasi Xiaomi 13 Pro ini bisa dikatakan sama persis seperti Xiaomi 13.

Pada sektor layar, Xiaomi 13 Pro memiliki ukuran seluas 6,73 inci, menggunakan panel LTPO AMOLED, mendukung refresh rate 120Hz, Dolby Vision, dan HDR10+. Layar ini juga dilindungi Corning Gorilla Glass Victus sehingga sangat kokoh dan tidak mudah pecah.

Sedangkan pada sektor baterai, Xiaomi 13 Pro memiliki kapasitas sebesar 4820mAh dan mendukung teknologi fast charging sebesar 120W. Dalam sebuah pengujian, HP ini mampu mengisi penuh dalam waktu 19 menit. Dilansir GSMArena, Xiaomi 13 Pro dijual mulai Rp20 juta.

Baca Juga: 5 HP Mid-Range Rilis Maret 2023, Harga Gak Kuras Kantong!

3. Vivo X90 Pro Plus

HP Xiaomi dan Vivo Usung Chipset Snapdragon 8 Gen 2, Powerful!potret vivo X90 Pro Plus (vivo.com.cn)

Rekomendasi ketiga adalah Vivo X90 Pro Plus. Spesifikasi ditawarkan HP kelas flagship ini sangat menggiurkan untuk dibeli. Bagaimana tidak, HP ini menawarkan chipset paling cepat di dunia, kamera menggunakan lensa Zeiss, dan desain sangat mewah.

Untuk spesifikasinya, Vivo X90 Pro Plus menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 8 Gen 2 ditemani dengan RAM hingga 12GB dan memori internal sebesar 512GB. Dengan spesifikasi tersebut, HP ini sukses memperoleh skor AnTuTu Benchmark di angka 1,28 juta.

Sedangkan pada sektor kamera, vivo X90 Pro Plus memiliki empat lensa pada bagian belakang, yaitu 50,3MP (wide), 64MP (periscope telephoto), 50MP (telephoto) dan 48MP (ultrawide). Selain itu, ada juga satu lensa kamera pada bagian depan beresolusi 32MP. Dilansir GSMArena, harga vivo X90 Pro Plus adalah Rp17 juta.

4. iQOO 11 

HP Xiaomi dan Vivo Usung Chipset Snapdragon 8 Gen 2, Powerful!potret iQOO 11 (iqoo.com)

Selanjutnya, kamu bisa pilih seri iQOO 11. Ini adalah HP paling murah dengan chipset Qualcomm Snapdragon 8 Gen 2 di daftar ini. Secara keseluruhan, spesifikasi paling menonjol dari iQOO 11 adalah sektor mesin dan baterai.

Pada sektor mesin, iQOO 11 menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 8 Gen 2, memiliki RAM hingga 16GB, dan memori internal sebesar 512GB. Dalam sebuah pengujian, HP ini sukses memperoleh skor AnTuTu Benchmark di angka 1,33 juta.

Beralih ke sektor baterai, iQOO 11 baterai berkapasitas 5000mAh dan mendukung teknologi fast charging sebesar 120W yang mampu mengisi penuh dalam waktu 25 menit. Dilansir GSMArena, harga smartphone ini adalah Rp11 jutaan.

5. iQOO 11 Pro

HP Xiaomi dan Vivo Usung Chipset Snapdragon 8 Gen 2, Powerful!ilustrasi iQOO 11 Pro (iqoo.com)

Naik ke seri yang lebih tinggi, rekomendasi terakhir adalah iQOO 11 Pro. Keunggulan ditawarkan smartphone ini ada di sektor mesin yang menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 8 Gen 2, baterai fast charging 200W, dan spesifikasi layar mendukung 144Hz.

Selain itu, sektor desain dan fitur-fitur juga gak kalah menarik. HP Vivo ini memiliki bezel  tipis dan bodi mendukung. Sedangkan pada fitur-fitur, HP ini mendukung stereo speakers, NFC, gyroscope, dan infrared port. Dilansir GSMArena, harga iQOO 11 Pro dijual mulai 13 juta.

Snapdragon 8 Gen 2 adalah chipset Android terbaik di dunia, oleh karena itu, smartphone apapun menggunakan chipset tersebut dijamin sangat powerful untuk menunjang segala aktivitas kamu lakukan. Apalagi jika dibarengi dengan desain cakep, baterai fast charging, dan kamera canggih seperti kelima smartphone di atas. Kamu pasti puas saat menggunakannya!

Baca Juga: 5 Rekomendasi HP Terbaik Versi GSMArena, Layak Beli! 

Sumahir Hidayanto Photo Community Writer Sumahir Hidayanto

Kritik saran: contacts us: 0858-4124-4290

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya