Comscore Tracker

7 Alasan Pengguna HP Samsung Sangat Loyal Meski Harga Relatif Tinggi

Samsung user tidak mudah berpindah ke lain hati

Di tahun 2019, Samsung berhasil menjual 6,7 juta smartphone Galaxy S10 5G dan Galaxy Note 10 Plus 5G, dilansir dari laman The Verge. Bukan hanya penjualannya yang mencatatkan angka fantastis, tetapi juga loyalitas atau kesetiaan pengguna Samsung yang mengagumkan.

Berdasarkan survei yang dirilis oleh situs BankMyCell pada 31 Juli 2019, Samsung memimpin dengan 63,9 persen loyalitas dari seluruh smartphone Android. Survei ini melibatkan 64.000 individu dari Januari-Juli 2019. Amazing, right?

Mengapa rata-rata pengguna Samsung sangat loyal? Apa yang membuat mereka setia dengan brand tersebut? Cari tahu jawabannya di sini!

1. Loyalitas pengguna Samsung hampir menyamai pengguna Apple

7 Alasan Pengguna HP Samsung Sangat Loyal Meski Harga Relatif Tinggiandroidpit.com

Menurut laporan yang diterbitkan di tahun 2019 oleh BankMyCell, pengguna device Apple memiliki 74,6 persen loyalitas dan tetap bertahan di brand yang sama. Sementara, 12,8 persen mempertimbangkan untuk berganti ke Samsung, dan 5,3 persen berganti ke LG.

Sementara, pengguna Samsung memiliki 63,9 loyalitas terhadap brand-nya, dan 17 persen memilih berganti ke perangkat Apple. Di sisi lain, pengguna HTC adalah yang paling "tidak setia". Hanya 10,8 persen pengguna HTC yang loyal dengan brand tersebut.

2. Tetapi, di survei yang lain, loyalitas pengguna Samsung lebih tinggi daripada pengguna iPhone

7 Alasan Pengguna HP Samsung Sangat Loyal Meski Harga Relatif Tinggibusinessinsider.com

Ketika suatu saat hendak meng-upgrade atau membeli gadget baru, apakah kamu tetap setia di brand yang sama atau justru berganti haluan? Menurut laporan dari Global Web Index pada Q3 2017, 77 persen pengguna Samsung tetap setia dengan brand yang sama. Sementara, 33 persen sisanya memilih untuk berganti haluan ke iPhone.

Data ini melibatkan 16.596 pengguna Samsung dari usia 16-64 tahun. Laporan ini mengategorikan pemilik Samsung dari 5 wilayah, yakni Asia Pasifik, Eropa, Amerika Latin, Timur Tengah dan Afrika, serta Amerika Tengah. Yang paling loyal berasal dari Amerika Tengah. 88 persen tetap setia dengan Samsung dan 21 persen memutuskan berganti ke iPhone. 

Baca Juga: 7 Alasan HP Xiaomi Murah tapi Samsung Lebih Mahal, Padahal Spek Sama

3. Kualitas adalah alasan mengapa pengguna Samsung sangat loyal

7 Alasan Pengguna HP Samsung Sangat Loyal Meski Harga Relatif Tinggidottech.org

Lain halnya dengan survei yang dilakukan oleh Sodexo Engage pada 5.000 orang konsumen. Para responden diberi pertanyaan seputar loyalitas, godaan untuk beralih merek, favoritisme, frekuensi penggunaan, komitmen, harapan, dan kemauan untuk merekomendasikan merek.

Hasilnya, Samsung menempati urutan teratas, dilansir dari World Trademark Review. Menurut Chris Baldwin, direktur promosi dan loyalitas konsumen Sodexo Engage, kemampuan Samsung untuk mempertahankan loyalitas pengguna ini disebabkan oleh inovasi, investasi besar dalam pemasaran, dan kualitas yang selalu konsisten.

4. 85 persen pengguna Galaxy Note bangga dengan perangkat mereka

7 Alasan Pengguna HP Samsung Sangat Loyal Meski Harga Relatif Tinggigadgetmatch.com

Seri Galaxy Note adalah yang best seller sejauh ini. Perangkat Galaxy Note punya layar yang besar, berkualitas tinggi, dan dilengkapi dengan S Pen yang canggih. Kombinasi hal-hal ini diklaim bisa mendorong loyalitas, produktivitas, dan kreativitas penggunanya.

Berdasarkan survei online yang dilakukan oleh Edelman Intelligence pada 3.949 orang pemilik smartphone, ditemukan bahwa 85 persen pengguna Galaxy Note bangga dengan perangkat miliknya dan akan merekomendasikannya pada orang lain.

Bahkan, 74 persen pengguna Galaxy Note percaya kalau perangkatnya adalah smartphone terbaik yang pernah mereka miliki. Survei ini berlangsung dari 21 Juli-2 Agustus 2017 pada responden di atas usia 18 tahun dari Amerika Serikat, Korea Selatan, Inggris, Tiongkok, dan Singapura.

Baca Juga: 10 Alasan Pilih HP Xiaomi Selain karena Harga Murah

5. Didukung dengan pelayanan prima, membuat pengguna Samsung kian setia

7 Alasan Pengguna HP Samsung Sangat Loyal Meski Harga Relatif Tinggicareerthoughts.com

Tidak hanya bergantung pada kualitas produk, loyalitas pengguna pada brand juga dipengaruhi oleh layanannya. Menurut Elaine Soh, Kepala Pemasaran dari Samsung Malaysia Electronics, kepuasan pelanggan itu penting. Tak hanya untuk mempertahankan pelanggan setia, tetapi juga menarik pelanggan baru berdasarkan rekomendasi positif.

Serangkaian layanan pun dibuat berdasarkan pengalaman dan feedback dari pelanggan. Seperti careline 24/7, fitur Live Chat, aplikasi mySamsung, serta paket Smart Care. Semua ini menawarkan personalisasi yang bisa melayani pelanggan dengan berbagai kebutuhan.

6. Namun, loyalitas pengguna Google Pixel mulai menyusul Samsung

7 Alasan Pengguna HP Samsung Sangat Loyal Meski Harga Relatif Tinggi9to5mac.com

Menurut survei yang dilakukan oleh SellCell pada 2066 pemilik smartphone, kesetiaan pengguna iPhone berada di urutan teratas, mencapai 90,5 persen. Sementara, loyalitas pengguna Samsung mencapai 86 persen, ungkap laman Boy Genius Report (BGR).

Mereka mengatakan tetap memakai brand tersebut saat mereka hendak membeli smartphone baru. Loyalitas pengguna Google Pixel mengekor di bawah Samsung, mencapai 84 persen. Ini artinya, brand lain mulai mengejar dan bukan tidak mungkin akan menyalip Samsung suatu saat nanti.

7. Mengapa loyalitas pengguna iPhone sulit dikalahkan?

7 Alasan Pengguna HP Samsung Sangat Loyal Meski Harga Relatif Tinggitechgenyz.com

Dari berbagai survei yang telah ditampilkan, terlihat bahwa loyalitas pengguna iPhone sering kali mengungguli Samsung. Mengapa? Ini karena pengguna Apple "terkunci" dengan ekosistem. Apple mempunyai sinkronisasi iOS yang baik dengan macOS, Apple Watch, AirPods, iCloud, dan perangkat lainnya.

Jika pengguna Apple berganti ke perangkat non-Apple, berarti mereka harus mengubah ekosistem digital secara keseluruhan. Di sisi lain, Samsung tidak memiliki ekosistem yang sama yang bisa membuat pengguna terikat dan loyal.

Bukan tidak mungkin loyalitas pengguna Samsung semakin menurun, apalagi semakin banyak perangkat Android dari brand lain yang kualitasnya tidak kalah dari Samsung dengan harga yang lebih terjangkau.

https://www.idntimes.com/tech/gadget/nena-zakiah-1/alasan-pengguna-hp-samsung-sangat-loyal

Baca Juga: 9 Alasan Smartphone OPPO Digemari Banyak Orang

Topic:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya