6 Pemain Top Prancis yang Tak Dipanggil di Ajang Euro 2020

Apakah mereka seharusnya masuk skuad timnas Prancis?

Manajer timnas Prancis, Didier Deschamps, baru saja merilis skuad yang dibawa negaranya untuk bermain di ajang Euro 2020. Kompetisi tersebut sendiri rencananya digelar pada 11 Juni hingga 11 Juli 2021 setelah sempat ditunda pada tahun lalu akibat pandemi COVID-19.

Di antara 26 pemain yang dibawa, terdapat beberapa pemain top yang secara mengejutkan tidak dibawa Didier Deschamps. Padahal, beberapa pemain top tersebut berhasil meraih juara di salah satu kompetisi domestik di negara klub yang mereka bela. Berikut 6 pemain top asal Prancis yang tidak dibawa di ajang Euro 2020. 

1. Dayot Upamecano

6 Pemain Top Prancis yang Tak Dipanggil di Ajang Euro 2020Potret Dayot Upamecano di RB Leipzig(bundesliga.com)

Dayot Upamecano dipastikan akan segera menjadi pemain Bayern Munchen pada musim depan. Penampilan pemain berusia 22 tahun ini dapat dikatakan cukup konsisten di lini pertahanan RB Leipzig pada musim ini. Sayangnya, Upamecano cukup tampil mengecewakan di babak 16 besar Liga Champions setelah klubnya tersingkir oleh Liverpool.

Secara mengejutkan, Upamecano tidak dipanggil oleh timnas Prancis di ajang Piala Euro 2020. Didier Deschamps lebih memilih Raphael Varane (Real Madrid), Presnel Kimpembe (Paris Saint-Germain), Clement Lenglet (Barcelona), Kurt Zouma (Chelsea) untuk mengisi posisi bek tengah. 

2. Wesley Fofana

6 Pemain Top Prancis yang Tak Dipanggil di Ajang Euro 2020Potret Wesley Fofana di Leicester City(premierleague.com)

Wesley Fofana baru saja mengantarkan Leicester City menjuarai Piala FA untuk pertama kalinya dalam sejarah. Sosok pemain 20 tahun itu sangat penting di lini pertahanan Leicester City dalam berbagai ajang kompetisi, baik di Liga Europa, Premier League, Carabao Cup, hingga Piala FA. Fofana mampu membentuk jantung pertahanan yang solid bersama Caglar Soyuncu dan Jonny Evans di sepanjang musim ini.

Sayangnya, penampilan gemilang Fofana pada musim ini belum bisa membuat Didier Deschamps melirik dirinya untuk mengisi posisi bek tengah. Memang, lini pertahanan Prancis merupakan posisi yang sangat kompetitif dalam beberapa tahun terakhir.

Terdapat nama-nama bintang yang ada di posisi bek tengah seperti Raphael Varane (Real Madrid), Presnel Kimpembe (Paris Saint-Germain), Clement Lenglet (Barcelona), dan Kurt Zouma (Chelsea). 

Baca Juga: 5 Pemain Paling Senior yang Memperkuat Timnas Prancis di Euro 2021

3. Eduardo Camavinga

6 Pemain Top Prancis yang Tak Dipanggil di Ajang Euro 2020Potret Eduardo Camavinga di Stade Rennais (fcbinside.com)

Eduardo Camavinga merupakan pemain tengah andalan Stade Rennais pada musim ini, baik di Ligue 1 maupun Liga Champions. Pemain berusia 18 tahun ini dikenal sebagai pemain tengah yang cerdik dalam membuka ruang di tengah lapangan. Dirinya merupakan salah satu pemain vital timnas Prancis U-21 di ajang Piala UEFA U-21. 

Eduardo Camavinga juga sempat dipanggil timnas Prancis senior dan bermain sebanyak tiga kali di ajang UEFA Nations League dan bermain cukup bagus di bawah asuhan Didier Deschamps. Sayangnya, penampilan bagusnya di klub dan tim nasional sebelumnya tidak membuat dirinya dipanggil tim senior untuk bertanding di ajang Euro 2020 nanti. 

4. Theo Hernández

6 Pemain Top Prancis yang Tak Dipanggil di Ajang Euro 2020Potret Theo Hernández bersama AC Milan(sempremilan.com)

Lagi-lagi, nama Theo Hernández tidak dipanggil oleh skuad Prancis. Pemain AC Milan itu hingga saat ini belum pernah dipanggil oleh Didier Deschamps untuk membela skuad Prancis senior. Padahal, penampilannya bersama AC Milan pada musim ini dapat dikatakan sangat bagus.

Di Serie A, pemain berusia 23 tahun itu sudah menyumbang 7 gol dan 5 assists. Perolehan tersebut pastinya bukan merupakan suatu hal yang mudah untuk pemain yang berposisi sebagai bek sayap kiri. 

5. Houssem Aouar

6 Pemain Top Prancis yang Tak Dipanggil di Ajang Euro 2020Potret Houssem Aouar bersama Lyon(juvefc.com)

Tampil gemilang pada musim lalu, Houssem Aouar gagal menemukan peforma terbaiknya bersama Lyon pada musim ini. Memang, pemain berusia 22 tahun itu sudah mencetak 7 gol dan 3 assists di Ligue sejauh musim ini dan berhasil mengantarkan Lyon masuk zona Liga Champions.

Sayangnya, Lyon sendiri tidak bermain di Liga Champions musim ini sehingga Houssem Aouar pun jarang tersorot penampilannya. Hal tersebut sangat berbeda dengan tahun lalu yang mana Houssem Aouar merupakan pemain kunci yang membawa Lyon berhasil menyingkirkan Manchester City menuju semifinal Liga Champions musim lalu.

Didier Deschamps lebih memilih N'golo Kante (Chelsea), Paul Pogba (Manchester United), Adrien Rabiot (Paris Saint-Germain), Corentin Tolisso (Bayern Munich), dan Moussa Sissoko (Tottenham) untuk mengisi lini tengah daripada dirinya.

6. Tanguy Ndombélé

6 Pemain Top Prancis yang Tak Dipanggil di Ajang Euro 2020Potret Tanguy Ndombele di Tottenham Hotspur(skysports.com)

Pemain tengah top lainnya yang tak dipanggil Timnas Prancis di ajang Piala Euro 2020 ialah Tanguy Ndombélé. Pemain berusia 24 tahun itu merupakan pemain Tottenham Hotspur. Memang, Tanguy Ndombélé tidak bisa membawa klubnya menjuarai 1 trofi pada musim ini.

Selain itu, Tanguy Ndombélé juga kesulitan membawa Tottenham Hotspur agar lolos ke Liga Champions atau Liga Europa musim depan. Hal tersebut berdampak pada posisinya di skuad timnas Prancis saat ini.

 

Nah, itu dia 6 pemain top yang tidak dibawa Prancis di ajang Piala Euro 2020. Memang, peforma mereka dan klub juga menjadi pertimbangan bagi setiap pelatih dalam memilih pemain. Menurutmu, apakah keenam pemain di atas layak tidak bermain di Piala Euro 2020?

Baca Juga: 5 Gelandang Bertahan Top Asal Prancis yang Tak Dipanggil Timnas

Anoraga Ilafi Photo Verified Writer Anoraga Ilafi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya