Liga 1 Tetap Bergulir 20 Agustus? Ini Jawaban Terbaru Dirut LIB

Operator tinggal menunggu arahan dari pemerintah

Bandar Lampung, IDN Times - Sesuai anjuran pemerintah, kompetisi Liga 1 2021/2022 dan Liga 2 2021 ditunda karena pandemik COVID-19. Bergulirnya kompetisi Liga 1 yang direncanakan pada 2 Juli 2021 lalu, harus dimundurkan. Jika tidak mengalami perubahan, Liga 1 akan digulirkan pada 20 Agustus 2021.

Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru (LIB), Akhmad Hadian Lukita memastikan, pihaknya sudah siap untuk menggulirkan kompetisi Liga 1 dan Liga 2. Operator tinggal menunggu arahan dari pemerintah.

“Pada saat pemerintah memberikan lampu hijau untuk kick off, sesegera mungkin kami memutar kompetisi. Tentu, setelah kembali berkoordinasi dengan semua kontestan dan juga PSSI,” jelas Lukita dilansir dari situs ligaindonesiabaru.com, Selasa (27/7/2021).

1. PSSI siapkan akomodasi dan transportasi semua peserta

Liga 1 Tetap Bergulir 20 Agustus? Ini Jawaban Terbaru Dirut LIBIDN TImes/Reza Iqbal

Lukita menyatakan, LIB sudah menyiapkan segala aspek pendukung untuk bergulirnya kompetisi Liga 1 dan Liga 2. Mulai dari pengecekan stadion yang akan dipakai, penjadwalan dan penentuan format kompetisi, sampai dengan perencanaan pembagian grup untuk Liga 2.

“Kalau pun ada penyesuaian, lebih ke jadwal pertandingan,” tambah pria penggemar balapan Formula 1 (F1) ini

Khusus untuk perencanaan bergulirnya Liga 1, Lukita mengatakan, pihaknya juga telah mempersiapkan akomodasi dan transportasi untuk semua kontestan. Dua fasilitas itu, akan disiapkan selama bergulirnya kompetisi Liga 1.

“Dulu, selama bergulirnya kompetisi, akomodasi dan transportasi dikelola masing-masing klub. Untuk musim ini, kami tak mau mengambil risiko. Kebijakan penyediaan akomodasi dan transportasi bagi peserta tersebut kami lakukan karena situasi yang masih pandemik COVID-19,” jelasnya.

Baca Juga: Kompetisi Kembali Ditunda, Badak Lampung FC Tetap Genjot Persiapan

2. Ini rincian perjanjian kerja sama

Liga 1 Tetap Bergulir 20 Agustus? Ini Jawaban Terbaru Dirut LIBKetua Umum PSSI Mochamad Iriawan dan Asisten Kapolri Bidang Operasi Polri Irjen Pol Imam Sugianto. (PSSI.org)

PSSI dan Mabes Polri sepakat melaksanakan kerja sama dalam rangka penerbitan rekomendasi dan pemberian izin, bantuan pengamanan, penegakan hukum, kesehatan dan hubungan luar negeri dalam kegiatan PSSI melalui perjanjian kerja sama.

Kerja sama itu tertuang pada Nomor :12/PSSI/VII-2021 dan Nomor: PKS/27/VII/2021 tentang penerbitan rekomendasi dan/atau pemberian izin bantuan pengamanan, penegakan hukum, kesehatan, dan hubungan luar negeri dalam kegiataan PSSI.

Kerja sama itu ditandatangani oleh Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan dan Asisten Kapolri Bidang Operasi Polri Irjen Pol Imam Sugianto.

Iriawan menjelaskan, kerja sama ini, PSSI merupakan satu-satunya organisasi sepak bola yang bersifat nasional dan berwenang untuk mengatur, mengurus serta menyelenggarakan semua kegiatan atau kompetisi sepak bola di Indonesia yang sesuai dengan FIFA, AFC, dan ASEAN Football Federation (AFF).

Sedangkan pihak kedua (Kepolisian) merupakan unsur pengawas dan pembantu pimpinan dalam bidang manajemen operasional kepolisian, kegiatan kepolisian terpadu dan kerja sama dengan Kementerian atau Lembaga yang berada di bawah Kapolri dan Kemenpora.

 

3. Izin event berdasarkan dikeluarkan Mabes Polri berdasarkan rekomendasi polda

Liga 1 Tetap Bergulir 20 Agustus? Ini Jawaban Terbaru Dirut LIBDirektur Operasional PT LIB Sudjarno (kiri) dan Direktur Utama PT LIB Akhmad Hadian Lukita (kanan) berbicara dalam Manager Meeting Extraordinary Competition Shopee Liga 1 2020 di Hotel Sheraton, Bandung, Senin (21/9/2020). (Liga-Indonesia.id)

Menurut Iriawan, kerja sama ini juga menyangkut izin penyelenggaraan event internasional maupun nasional. Izin akan dikeluarkan oleh Mabes Polri berdasarkan rekomendasi dari Polda setempat.

Untuk kompetisi Liga 1 dan 2 serta Elite Pro Academy (EFA) U-20 pemberian izin pokok dikeluarkan oleh Mabes Polri berdasarkan rekomendasi dari Polda/Polres/Polresta/Polrestabes setempat.

Sedangkan kompetisi dan turnamen lokal yang dikelola oleh Asosiasi Provinsi (Asprov) izin dikeluarkan oleh Polda berdasarkan rekomendasi dari Polres/Polresta/Polrestabes setempat.

Adapun kompetisi dan turnamen lokal yang dikelola oleh Asosiasi Kabupaten/Kota (Askab/Askot) izin dan rekomendasi dikeluarkan oleh Polres/Polresta/Polrestabes setempat.

4. Satgas anti mafia bola tetap dilanjutkan

Liga 1 Tetap Bergulir 20 Agustus? Ini Jawaban Terbaru Dirut LIBANTARA FOTO/Idhad Zakaria

Iriawan mengatakan, adanya kerja sama ini, PSSI dan Mabes Polri sama-sama berkomitmen untuk memajukan sepak bola. Bahkan satuan tugas anti mafia bola juga dilanjutkan.

“Ini menunjukkan komitmen dari PSSI dan Mabes Polri dalam memajukan sepak bola nasional agar bersih, enak ditonton, dan menjadi industri agar bisa bersaing dengan negara lain,’’ ujar Iriawan.

Satuan Tugas Anti Mafia Bola adalah satuan khusus yang diawaki oleh PSSI dan Kepolisian untuk melakukan pengawasan, pemantauan dan pencegahan dalam kegiatan sepak bola.

Tugas Kepolisian adalah melakukan kegiatan penyelidikan dan penyidikan yang didukung PSSI terhadap pelaku pelanggaran hukum yang dilakukan orang-orang tertentu yang terlibat dalam kegiatan pengaturan skor, suap maupun kegiatan lain yang dapat berakibat merugikan pertandingan sepak bola.

‘’Jadi jangan macam-macam sekarang. Tidak boleh lagi yang namanya pengaturan skor, suap, maupun kegiataan lain yang merugikan sepak bola itu sendiri. Ini komitmen saya sejak ditunjuk menjadi Ketua Umum PSSI pada Kongres di Jakarta pada 2019,’’ terang pria akrab disapa Iwan Bule ini.

Baca Juga: PPKM Darurat, Badak Lampung FC Hentikan Sementara Kegiatan Tim

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya