Comscore Tracker

16 Tahun Menunggu, Leeds United Kembali ke Premier League!

Kekalahan West Bromwich mengunci tiket promosi Leeds United!

Leeds United hanya butuh 1 poin lagi untuk mengunci tiket promosi ke Premier League. Beruntung, tim ini tak perlu berkeringat untuk mewujudkannya. Kekalahan West Bromwich Albion dari tuan rumah Huddersfield Town, 2-1, Sabtu (18/7/2020) dini hari tadi memastikan Leeds kembali ke Premier League. Untuk diketahui, tim ini terdegradasi dari Premier League tahun 2004 lalu.

Koleksi 87 poin dari 44 laga, skuat asuhan Marcelo Bielsa dipastikan tak akan tersingkir dari posisi 2 besar di akhir musim. Bahkan, kekalahan West Brom juga semakin melapangkan jalan Leeds United sebagai juara Divisi Championship musim 2019/2020. Kini, Luke Ayling dan kolega hanya butuh tambahan 1 angka lagi untuk mengunci gelar juara.

Berikut ragam cerita menarik seputar Leeds United dirangkum dari berbagai sumber

Baca Juga: Pascal Struijk, Bek Muda Leeds yang Mengaku Berdarah Indonesia

1. Tangan dingin Bielsa

16 Tahun Menunggu, Leeds United Kembali ke Premier League!dailymail.co.uk

Keberhasilan Leeds promosi ke Premie League tak lepas dari tangan dingin Marcelo Bielsa. Ini merupakan musim kedua pria Argentina itu menangani Leeds. Musim lalu mereka finis ketiga di Championship namun tak berhasil merebut tiket promosi lewat play-off.

Marcelo Bielsa adalah pelatih berusia 54 tahun asal Argentina. Ia pernah menangani Timnas Argentina, Timnas Cile, juga melatih Lazio, Lille, dan Espanyol. Ia menangani Leeds United sejak 2018.

2. Banjir ucapan selamat

16 Tahun Menunggu, Leeds United Kembali ke Premier League!Instagram.com/mancity

Keberhasilan Leeds promosi ke Premier League banjir ucapan selamat pelatih dan pemain klub lainnya. Pelatih Manchester City, Pep Guardiola memberikan penghormatan kepadanya, lewat cuitannya di Twitter. "Yang terbaik mencapai @premierleague."Pemain Liverpool James Milner, yang melakukan debut untuk klub kota kelahiran Leeds pada usia 16, menulis: "Selamat LUFC, #backwhereyoubelong."

Tak ketinggalan Bek City, Benjamin Mendy, bermain di bawah asuhan Bielsa di Marseille, ikut mencuit, "Selamat, Marcelo & para pemain, sampai jumpa tahun depan."

3. Pernah lolos semifinal Liga Champions

16 Tahun Menunggu, Leeds United Kembali ke Premier League!Leeds United. Twitter/@LUFC

Leeds United pernah menjadi klub hebat di Premier League awal 2000-an. Kala  itu mereka bahkan bisa lolos sampai semifinal Liga Champions 2001. Itu ditopanng Leeds memiliki banyak pemain top seperti, Mark Viduka, Harry Kewell, Rio Ferdinand, Alan Smith, Paul Robinson hingga James Milner.

Nahas, nasib Leeds anjlok akibat masalah finansial. Mereka terdegradasi dari Liga Inggris di tahun 2004. Bahkan Leeds sempat turun ke kasta League One karena dinyatakan bangkrut loh.

Topic:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya