Invitnas Angkat Berat Klasik I 2021 Pringsewu Diikuti Atlet 13 Provinsi

Berlangsung 6-9 Juni 2021

Pringsewu, IDN Times - Gubernur Lampung Arinal Djunaidi membuka Kejuaraan Invitasi Nasional (Invitnas) Remaja dan Junior Angkat Berat Klasik I 2021. Kegiatan itu, berlangsung di Padepokan Angkat Besi Gajah Lampung, Kabupaten Pringsewu, Senin (7/6/2021).

Dalam kesempatan ini, Arinal juga mengalungkan medali dan memberikan Tali Asih sebesar Rp40 juta kepada Dony Meiyanto. Itu berkat prestasi meraih satu perak dan satu perunggu di Kejuaraan Dunia Angkat Berat di Pilsen Republik Ceko 2017 lalu.

Menurut rencana, Invitnas Remaja dan Junior Angkat Berat Klasik I 2021 itu, berlangsung 6-9 Juni 2021 di kabupaten setempat dan diikuti atlet angkat berat dari 13 provinsi se-Indonesia.

"Angkat besi merupakan salah satu cabang olahraga yang telah mengharumkan nama Lampung dan Indonesia. Oleh karena itu prestasinya harus kita jaga," ujar Arinal.

1. Invitnas diharapkan menjadi ajang pembinaan

Invitnas Angkat Berat Klasik I 2021 Pringsewu Diikuti Atlet 13 ProvinsiKejuaraan Invitnas Remaja dan Junior Angkat Besi Klasik I 2021 (IDN Times/Istimewa)

Arinal menyatakan, banyak atlet angkat besi/berat berasal dari Kabupaten Pringsewu, maka dari itu, ia berharap Pringsewu bisa lebih dikenal melalui prestasi olahraganya.

"Harapan saya ke depan pada PON mendatang, atlet Pringsewu dapat berprestasi dengan meraih medali emas," harap dia.

Kegiatan Invitnas in juga menjadi ajang pembinaan bagi atlet angkat berat baik secara kedaerahan maupun nasional dan menjadi contoh bagi atlet-atlet di provinsi lain. "Harapan kita menjagi acuan baik prestasi ataupun pembinaan," lanjutnya.

Baca Juga: Asa Percasi Lampung 'Bumikan' Catur, Bidik Chelsie Monica Jadi Influencer

2. Pemprov akan membangun Sport Center

Invitnas Angkat Berat Klasik I 2021 Pringsewu Diikuti Atlet 13 ProvinsiMarket plan Sport Center (IDN Times/Doni Hermawan)

Arinal menyebut, meskipun dalam kondisi pandemik COVID-19, prestasi olahraga harus tetap ditingkatkan. Caranya, tetap konsisten melakukan pembinaan.

Menurutnya, dalam waktu dekat Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung akan membangun Sport Center dan salah satu fasilitasnya bakal diperuntukan bagi cabang olahraga angkat besi/berat.

"KONI juga jangan melupakan prestasi atlet-atlet kita yang terdahulu, ajak lakukan pembinaan sebagai motivasi bagi atlet-atlet muda," ucapnya.

3. Pringsewu tingkatkan pembinaan atlet

Invitnas Angkat Berat Klasik I 2021 Pringsewu Diikuti Atlet 13 ProvinsiKejuaraan Invitnas Remaja dan Junior Angkat Besi Klasik I 2021 (IDN Times/Istimewa)

Bupati Pringsewu, Sujadi mengapresiasi Gubernur Lampung atas perhatian Arinal terhadap atlet-atlet di Kabupaten setempat.

Menurutnya, pembinaan atlet ke depan di Kabupaten Pringsewu akan dilakukan mulai dari sekolah dasar hingga tingkat atas.

"Kita akan memperhatikan keberlangsungan atlet-atlet, karena mereka adalah bagian yang mengharumkan," ucapnya. 

4. Kejuaraan diciptakan sebagai ajang filter atlet

Invitnas Angkat Berat Klasik I 2021 Pringsewu Diikuti Atlet 13 ProvinsiKejuaraan Invitnas Remaja dan Junior Angkat Besi Klasik I 2021 (IDN Times/Istimewa)

Pelatih Angkat Berat di Padepokan Gajah Lampung, Ana menyampaikan hal serupa. Menurutnya, kejuaraan ini bisa digelar berkat dukungan semua pihak.

Kejuaraan ini diselenggarakan untuk menyaring angkat berat baru dari seluruh atlet di Indonesia. Pasalnya, selama ini angkat berat masih kurang perhatian.

"Telah mengukir prestasi selama 40 tahun juara dunia, kita harus terus meningkat prestasi ini di masa mendatang," kata Ana.

Baca Juga: Atlet Lampung Citra Febriyanti Ketiban 'Rezeki' Perak Olimpiade London

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya