Jadwal Perebutan Medali Emas Softball PON, Lampung Vs DKI Jakarta

Tiga kali bertemu DKI Jakarta di PON Papua

Bandar Lampung, IDN Times – Tim Softball Putra Lampung bakal menantang DKI Jakarta grand final Pekan Olahraga Nasional (PON) XX/2021 Papua. Pertandingan ini dijadwalkan digelar, Minggu (3/10/2021) di Lapangan Softball Universitas Cendrawasih (Uncen) pukul 13.00 WIT

Juara cabang olahraga ini bakal mendapat medali emas. Apabila kontingen Lampung juara, bakal menjadi sejarah untuk pertama kalinya tim Softball Lampung meraih emas.

1. Tiga kali bertemu tim DKI Jakarta di PON Papua

Jadwal Perebutan Medali Emas Softball PON, Lampung Vs DKI JakartaTim Softball putra Lampung jalani pertandingan perdana melawan Sultra di lapangan Universitas Cendrawasih Kota Jayapura, Papua, Rabu (22/9/2021). (Instagram.com/perbasasilampung).

Pencapaian Tim Softballl Lampung menembus laga puncak merujuk tujuh laga di fase penyisihan hingga semifinal PON 2021 Papua. Tim besutan Yolly Maristo ini hanya sekali tersandung dari DKI Jakarta dengan skor 4-7. Selebihnya, seluruh laga disapu bersih dengan kemenangan.

Pada babak semifinal, menekuk DKI Jakarta 9-1. Menariknya, babak grand final kembali bertemu lawan yang sama. Tercatat, selama pertandingan cabor softball PON Papua, tim Lampung total tiga kali bertemu tim DKI Jakarta.

Baca Juga: Baseball dan Softball Lampung Semifinal, Ini Skema Lolos Final PON

2. Bisa belajar dari kekalahan

Jadwal Perebutan Medali Emas Softball PON, Lampung Vs DKI JakartaTim Softball Putra Lampung PON Papua. (instagram.com/perbasasilampung)

Pelatih Tim Sofbol Putra Lampung, Yolly Maristo bersyukur memastikan tempat di grand final. Menurut Yolly, kunci keberhasilan timnya kali ini adalah solidnya kekompakan dan bisa belajar dari kekalahan saat kontra DKI Jakarta di babak penyisihan.

“Alhamdulillah anak-anak berhasil mengalahkan diri mereka sendiri sehingga mempunyai kekuatan secara kolektif melawan DKI Jakarta (semi final),” kata Yolly, Sabtu (2/10/2021)

Ketua Umum Pengprov Persatuan Baseball dan Softball Seluruh Indonesia (Perbasasi) Lampung, Rahmat Mirzani Djausal, bersyukur dan bangga dengan pencapaian prestasi ditorehkan Tim Softball Putra Lampung di PON Papua 2021. Pencapaian itu menjadi catatan sejarah yang membanggakan.

“Dan kita berharap torehan sejarah ini masih akan terus berlanjut dengan meraih medali emas. Mohon doa dan dukungan dari seluruh masyarakat Lampung agar Tim Softball Lampung bisa menang di grand final dan mempersembahkan emas bagi kontingen Lampung di PON Papua ini,” kata Mirza sapaan akrabnya.

3. Perjalanan menapaki grand final

Jadwal Perebutan Medali Emas Softball PON, Lampung Vs DKI JakartaTim softball lampung. (instagram.com/perbasasilampung)

Berikut IDN Times rangkum tujuh pertandingan dilalui tim softball Lampung hingga berhasil menembuh grand final.

Fase Penyisihan

* 22 September 2021: Lampung Vs Sulawesi Tenggara

Laga pembuka PON 2021 Papua, Tim Softball Lampung berhadapan dengan juara bertahan PON 2016 Sulawesi Tenggara (Sultra) menang 11-3.

* 23 September 2021: Lampung Vs DKI Jakarta

Ujian Tim Sofbol Lampung selanjutnya di laga kedua adalah kembali berhadapan dengan lawan tangguh DKI Jakarta. Pada laga ini, tim besutan Yolly Maristo takluk dari DKI Jakarta skor 4-7.

* 25 September 2021: Lampung Vs Papua

Melawan tuan rumah Papua di laga ketiga, Tim Sofbol Lampung pun kembali bangkit. Meraih kemenangan yang meyakinkan 8-0.

* 27 September 2021: Lampung Vs Banten

Laga keempat fase penyisihan PON 2021 Papua, Tim Sofbol Lampung berhadapan dengan Banten menak telak 12-1.

* 28 September 2021: Lampung Vs Papua Barat

Menghadapi Papua Barat di laga kelima fase penyisihan. Di laga ini, Tim Sofbol Lampung mencatat sejarah pertama kali mampu memastikan medali dan sekaligus melaju ke semifinal usai mengalahkan Papua Barat skor 9-0.

* 29 September 2021: Lampung Vs Kalimantan Timur

Pada laga ini, Tim Sofbol Lampung menang WO atas Kalimantan Timur dengan skor 7-0.

Semifinal

* 30 September 2021: Lampung Vs DKI Jakarta

Pada laga krusial di semifinal ini, Tim Softball Putra Lampung akhirnya sukses menuntaskan revans atas DKI Jakarta dan memastikan tiket ke grand final PON XX/2021 Papua setelah manaklukkan DKI Jakarta dengan skor telak 9-1.

Baca Juga: Menakar Peluang Softball dan Baseball Lampung Raih Medali PON Papua

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya