Comscore Tracker

Masih Misterius! 5 Harta Karun Berharga Hilang di Masa Perang Dunia II

Harta karun itu masih misterius hingga sekarang

Perang Dunia II terjadi 1939 hingga tahun 1945. Perang besar melibatkan banyak negara ini merusak segalanya. Bukan hanya kota-kota yang hancur akibat serangan musuh, atau nyawa jutaan orang yang tidak berdosa.

Tahukah kamu, kalau ada sejumlah harta karun berharga yang ikut hilang selama Perang Dunia II? Harta ini bukan hanya meliputi sejumlah besar emas, tapi juga barang-barang bersejarah yang tidak ternilai harganya. Dilansir History, berikut 5 harta karun berharga yang hilang selama masa Perang Dunia II. Ada apa saja?

1. The Amber Room

Masih Misterius! 5 Harta Karun Berharga Hilang di Masa Perang Dunia IIReplika The Amber Room (bbc.com)

Sesuai dengan namanya, The Amber Room adalah sebuah ruangan yang berisi mosaik, cermin, hingga ukiran berlapis emas dengan batu mulia amber seberat 450 kg. Ruangan ini dibangun di Istana Catherine, Rusia pada abad ke 18.

Pada tahun 1941, pasukan Nazi menyerbu Uni Soviet, dan The Amber Room dibongkar paksa oleh tentara Nazi. Berbagai harta di dalamnya kemudian dikirim ke Museum Kastil Königsberg, di Prusia Timur yang kini berubah nama menjadi Kaliningrad.

Sayangnya pada tahun 1944, Prusia direbut kembali oleh Rusia. Kota itu di bom, semua tempat penting, termasuk Museum Kastil Königsberg pun hancur lebur. Bersamaan dengan hancurnya Museum Kastil Königsberg, koleksi dari The Amber Room juga dinyatakan hilang dan tidak pernah berhasil ditemukan lagi.

2. Yamashita Gold

Masih Misterius! 5 Harta Karun Berharga Hilang di Masa Perang Dunia IITomoyuki Yamashita dan emas batangan (livescience.com | pixabay.com/erik_stein)

Yamashita Tomoyuki adalah salah satu jenderal besar Jepang, sekaligus orang kepercayaan Kaisar Hirohito. Antara tahun 1944 atau 1945, Kaisar Hirohito memerintahkan jenderal kepercayaannya untuk menyembunyikan sejumlah besar emas yang nantinya akan digunakan untuk membangun kembali Jepang setelah perang usai.

Sang jenderal mengikuti perintah tersebut, dan menguburkan emas-emas itu di salah satu terowongan di Filipina. Sejak saat itu, ada banyak desas-desus mengenai harta karun tersebut, beberapa orang bahkan nekat mencarinya.

Pada tahun 1970, seorang tukang kunci asal Filipina bernama Rogelio Roxas mengklaim bahwa dia menemukan beberapa emas. Terlepas dari benar atau tidaknya berita itu, keberadaan harta karun Yamashita masih menjadi misteri, bahkan hingga hari ini.

Baca Juga: Sudah Tahu? 8 Negara Produsen Senjata Perang Terbesar di Dunia

3. Rommel's Gold 

Masih Misterius! 5 Harta Karun Berharga Hilang di Masa Perang Dunia IIIlustrasi Rommel's Gold (unsplash.com/Jingming Pan)

Selain membongkar The Amber Room, tentara Nazi juga dilaporkan mencuri emas senilai 50 juta dolar Amerika dari orang-orang Yahudi di Pulau Djerba, Tunisia. Kejadian ini terjadi pada tahun 1943, ketika Tunisia masih berada di bawah kekuasaan Nazi. Emas-emas itu kemudian dikirim ke Pulau Corsica yang terletak diantara Prancis dan Italia.

Sayangnya dalam perjalanan menuju Pulau Corsica, kapal itu tenggelam bersama dengan semua barang yang dibawanya, termasuk emas dari Pulau Djerba yang dicuri oleh tentara Jerman. Emas-emas ini kemudian dikenal dengan sebutan Rommel's Gold, setelah seorang jendral Nazi bernama Erwin Rommel melakukan serangkaian kampanye teror terhadap orang Yahudi di Afrika Utara.

4. Peking Man Fossils 

Masih Misterius! 5 Harta Karun Berharga Hilang di Masa Perang Dunia IIReplika Peking Man Fossils (amnh.org)

Bukan hanya emas dan batu mulia, sejumlah fosil manusia purba bersejarah juga dinyatakan hilang pada masa Perang Dunia II. Semua bermula dari tahun 1929, ketika Tiongkok menemukan sejumlah fosil manusia purba di sebuah gua Zhoukoudian dekat wilayah Peking.

Setelah Perang Dunia II meletus, Tiongkok mengirimkan sekitar 200 fosil ke Amerika Serikat pada tahun 1941. Hal ini dilakukan Tiongkok untuk menjaga agar fosil itu tetap aman dari jangkauan Jepang yang mulai menginvasi berbagai wilayah Tiongkok.

Namun entah apa yang terjadi dalam perjalanan, tapi Peking Man Fossils nyatanya tidak pernah sampai di Amerika Serikat dan menghilang begitu saja.

5. Raphael’s 'Portrait of a Young Man' 

Masih Misterius! 5 Harta Karun Berharga Hilang di Masa Perang Dunia IILukisan Raphael’s 'Portrait of a Young Man' (abc-people.com)

Emas bukan satu-satunya barang berharga yang dicuri oleh Nazi. Pasalnya mereka juga mencuri banyak sekali lukisan bersejarah dari berbagai negara yang berhasil diduduki.

Salah satu yang paling berharga merupakan lukisan 'Potrait of a Young Man' karya seorang pelukis legendaris zaman Renaissance. Awalnya lukisan yang menampilkan seorang pria muda ini digantung di Museum Czartoryski, Polandia.

Ketika tentara Nazi menguasai Polandia, lukisan itu diambil oleh pengacara pribadi Hitler yang bernama Hans Frank, dan menjadi koleksi pribadi Hitler, sebelum akhirnya diberikan kembali kepada Hans Frank. Setelah Jerman kalah tahun 1945, Hans Frank dijatuhi hukuman gantung atas sejumlah kejahatan perang yang dia lakukan di Nuremberg.

Anehnya, ketika tentara sekutu menggeledah rumahnya, lukisan 'Portrait of a Young Man' menghilang bersama dengan 900 koleksi lukisan Hans Frank lainnya. Kemungkinan besar, Hans sudah menyembunyikan lukisan-lukisan itu di tempat rahasia yang hanya diketahui olehnya.

Baca Juga: Percaya Gak? 20 Harta Karun Ini Belum Ditemukan sampai Sekarang!

Artikel ini pertama kali ditulis oleh Siti Marliah di IDN Times Community dengan judul 5 Harta Karun Berharga yang Hilang di Masa Perang Dunia II, Apa Saja?

Topic:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya