Comscore Tracker

Kisahnya Dianggap Mengerikan, 5 Mumi Paling Misterius

Bukan hanya mumi dari Mesir

Mumi adalah mayat dari manusia yang diawetkan dengan metode dan prosedur khusus dalam kurun waktu yang sangat lama. Meskipun biasanya proses membuat mumi (mumifikasi) dilakukan dengan metode buatan, namun ada beberapa mumi yang terbentuk akibat proses alami yang terjadi di alam.

Nah, dalam sejarahnya, terdapat beberapa mumi yang dianggap misterius karena terdapat kisah-kisah mengerikan di baliknya. Kira-kira apa saja, ya? Yuk, langsung disimak!

1. Mumi Vladimir Lenin

Kisahnya Dianggap Mengerikan, 5 Mumi Paling Misteriusatlasobscura.com

Vladimir Lenin merupakan tokoh revolusioner yang sangat berpengaruh di Uni Soviet pada awal 1900-an. Lenin juga merupakan salah satu tokoh yang berada di balik Gerakan Bolshevik yang merupakan pecahan dari Partai Pekerja di Rusia. Kala itu, paham Marxisme menjadi sebuah paham yang menjadi tonggak sejarah kekuatan Uni Soviet.

Meninggal pada 21 Januari 1924, kematian Vladimir Lenin menjadi salah satu kematian yang paling misterius sekaligus menggemparkan Uni Soviet kala itu. Laman Russia Beyond mencatat bahwa kematian Lenin di usianya yang masih muda memunculkan beberapa spekulasi yang bahkan bersifat konspiratif. Sebelum kematiannya, Lenin mengalami beberapa kali perdarahan otak yang tidak jelas apa penyebabnya.

Faktanya, dokter dan ahli forensik juga dibuat kebingungan karena kondisi pembuluh otak Lenin yang mengeras setelah kematiannya. Bahkan, saking kerasnya, pembuluh otak Lenin mengeluarkan suara yang cukup keras pada saat diautopsi oleh peralatan dokter yang terbuat dari logam.

Penelitian terbaru mengungkap bahwa Lenin mengalami sebuah mutasi genetik yang sangat langka, di mana mutasi tersebut menyebabkan kelumpuhan dan kematian dini. Mutasi ini rupanya juga berpengaruh pada kondisi pembuluh darah di otak yang tidak bisa melakukan fungsinya dengan baik.

Jenazah Lenin diawetkan dengan prosedur mumifikasi modern dan saat ini mumi Lenin bisa disaksikan di Mausoleum Lenin yang terletak di Lapangan Merah Moskow, Rusia. Setiap 1,5 tahun sekali dokter dan ilmuwan harus menyuntikkan dan memberikan obat khusus untuk membuat mumi Lenin tetap utuh dan tidak mengalami kerusakan.

Kabar lainnya, banyak anggapan miring mengenai Lenin dan kematiannya. Ada yang menganggap bahwa Lenin sengaja dibunuh. Ada pula yang menganggap bahwa Lenin merupakan makhluk abadi sejenis vampir yang tak akan pernah membusuk. Terlepas dari kisah-kisah menyeramkannya, mumi Lenin memang masih tampak utuh di usia hampir 100 tahunnya.

2. Mumi Raja Ramses II

Kisahnya Dianggap Mengerikan, 5 Mumi Paling Misteriusancient-origins.net

Raja Ramses II atau Ramesses the Great adalah firaun Mesir yang meninggal pada 1213 Sebelum Masehi pada usia sekitar 90 tahun. Firaun Mesir ketiga tersebut juga berasal dari dinasti kerajaan Mesir ke-19. Ramses II terkenal dengan ekspedisi militernya ke wilayah-wilayah jauh seperti Israel, Lebanon, dan Suriah. Gambar di atas bukan bercanda, melainkan betul-betul foto dari paspor mumi Ramses II yang diterbitkan oleh Mesir pada 1974.

Kejayaan Ramses II juga terlihat melalui masifnya pembangunan kota, menara, dan kuil yang dibuat di dalam kota-kota Mesir yang megah. Dicatat dalam National Geographic, Ramses II juga merupakan firaun yang cerdik dalam melakukan diplomasi. Bahkan, ada sebuah catatan perjanjian damai antara Ramses II dengan raja-raja dari wilayah lainnya dan itu merupakan salah satu perjanjian damai tertua yang pernah didokumentasikan.

Menurut sejarah dan studi para ilmuwan, Ramses II diduga merupakan firaun yang tercatat dalam Alkitab dan ada pada era yang sama dengan Nabi Musa. Literatur sejarah juga mencatat bahwa Ramses II tewas pada saat mengejar orang-orang Israel yang menyeberangi Laut Merah.

Seperti biasa, seorang raja Mesir akan mengalami mumifikasi buatan pada saat mereka meninggal. Namun, dalam sejarahnya, mumi Ramses II sering dicuri dan berpindah-pindah tempat. Beberapa kisah juga menyebutkan bahwa mumi Ramses II adalah mumi yang terkutuk, mengingat adanya sejarah kelam mengenai kekejaman firaun pada saat mereka hidup.

Oh ya, di zaman modern ini, mumi Ramses II adalah satu-satunya mumi yang memiliki paspor resmi dari negara Mesir untuk bisa dibawa ke luar negeri, diberitakan dalam laman History. Hal tersebut terjadi mana kala arkeolog asal Eropa menerbangkannya ke Prancis untuk mendapatkan perawatan mumi agar tidak mengalami kerusakan lebih parah.

Baca Juga: 11 Fakta tentang Misteri Kutukan Mumi Firaun, Sudah Tahu?

3. Mumi Guanajuato

Kisahnya Dianggap Mengerikan, 5 Mumi Paling Misteriusslate.com

All Thats Interesting dalam lamannya mencatat bahwa mumi Guanajuato merupakan salah satu mumi dengan kisah paling tragis. Bahkan, sebagian besar penampakan dari mumi-mumi tersebut terlihat mengerikan. Mumi-mumi Guanajuato menampakkan gambaran yang menyakitkan dan tentu saja penuh dengan penderitaan.

Ilmuwan menyatakan bahwa sebelum kematiannya, mayat-mayat yang telah menjadi mumi tersebut mengalami hal yang sangat mengerikan. Dengan wajah berteriak dan terbelalak, orang-orang yang menjadi mumi tersebut tentu mengalami kesakitan dan penderitaan yang luar biasa.

Beberapa mumi bahkan ditemukan dengan posisi sedang menggigit tangannya dengan keras. Mengapa mumi-mumi tersebut terlihat sangat tersiksa? Ya, pada zaman dulu, era 1800-an Meksiko pernah mengalami wabah dahsyat, yakni kolera yang akan membunuh manusia secara perlahan. Bahkan, kolera akan melemahkan detak jantung meskipun orang tersebut masih hidup.

Dengan adanya wabah yang sangat masif, ditambah dengan kondisi medis yang tidak mendukung, membuat banyak pihak melakukan penguburan massal yang sayangnya ada beberapa di antara mereka yang ternyata masih hidup. Saat ini, mumi-mumi mengerikan tersebut bisa dilihat di sebuah museum bernama El Museo de las Momias di Meksiko.

4. Mumi manusia es

Kisahnya Dianggap Mengerikan, 5 Mumi Paling Misteriuscshl.edu

Tentu saja bagi sains mumi hanya dianggap sebagai benda mati yang bisa mengungkap sejarah di masa lalu. Namun, bagi orang-orang yang dulu pernah bersinggungan dan berurusan dengan Otzi - mumi manusia es - kutukan mumi tersebut pastinya dianggap nyata dan sulit untuk dijelaskan secara ilmiah.

Public Radio International pernah memberitakan mengenai mumi berusia lebih dari 5.000 tahun tersebut. Otzi diperkirakan mati akibat dibunuh dan mayatnya mengalami mumifikasi secara alami akibat suhu dan cuaca dingin yang ekstrem. Penemu mumi Otzi yang bernama Helmut Simon meninggal dunia tak lama setelah ia menemukan Otzi.

Arkeolog dan ilmuwan bernama Konrad Spindler juga meninggal dunia pada saat ia melakukan studi dan penelitian mengenai Otzi. Seorang arkeolog bernama Rainer Henn dan kawannya juga meninggal dunia akibat bersentuhan dan meneliti mumi Otzi. Beberapa kalangan yang percaya dengan hal-hal mistis tentu langsung percaya dengan kutukan mumi Otzi.

Faktanya, menurut sains, mumi yang dulunya ditemukan di pegunungan Alpen tersebut tidak memiliki kekuatan magis atau supernatural. Kematian dari orang-orang yang berurusan dengan Otzi hanyalah kebetulan yang masih bisa dijelaskan secara medis.

5. Mumi Tutankhamun

Kisahnya Dianggap Mengerikan, 5 Mumi Paling Misteriuscdni.rt.com

Firaun Tutankhamun adalah salah satu raja Mesir yang ada pada periode 1300-an Sebelum Masehi. Sebetulnya tak ada yang istimewa dari kehidupan raja Mesir tersebut karena kehidupannya sama dengan kehidupan raja-raja Mesir lainnya.

Namun, setelah ia menjadi mumi, banyak orang yang menganggap bahwa mumi tersebut sebagai mumi pembawa sial. Beberapa peneliti dan ahli sejarah yang terlibat dalam studi mumi tersebut telah meninggal di waktu yang berurutan. Bahkan, beberapa orang yang juga bersentuhan dengan mumi Tutankhamun juga mengalami sakit dan akhirnya meninggal dunia.

Beberapa ahli medis menjelaskan bahwa mumi Tutankhamun mengandung banyak bakteri dan virus berbahaya. Jika seseorang bersentuhan langsung dengan mumi tersebut, maka bakteri akan menginfeksi organ penapasan dan mungkin juga jaringan otak. Terlepas dari penjelasan ilmiah tersebut, rupanya ada banyak orang yang kadung percaya dengan kutukan mumi Tutankhamun.

Itulah beberapa mumi misterius dengan kisah-kisah mengerikan yang ada di baliknya. Semoga artikel ini bisa membuka wawasanmu mengenai kisah-kisah mumi, ya!

Baca Juga: Penemuan 59 Sarkofagus Terbaru Mesir Kondisinya Bikin Takjub Arkeolog 

Artikel ini pertama kali ditulis oleh Dahli Anggara di IDN Times Community dengan judul 5 Mumi Paling Misterius dengan Kisah-kisahnya yang Dianggap Mengerikan

Topic:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya