Dipenuhi Sampah dan Kuburan, Ini 8 Fakta Menyeramkan Seputar Bulan

Kira-kira kuburan siapa ya?

Membangun kehidupan di planet lain menjadi misi impian banyak ilmuan. Saat ini, beberapa badan antariksawan seperti NASA bahkan sedang mempersiapkan manusia untuk dikirim ke planet Mars dan tinggal di sana. Namun jauh sebelum gagasan tinggal di planet merah muncul, tidak sedikit dari para ilmuan yang berharap manusia bisa membangun kehidupan di Bulan.

Dibandingkan dengan Mars, lokasi Bulan memang jauh lebih dekat, sehingga gagasan untuk tinggal di sana terdengar jauh lebih masuk akal. Nyatanya, walaupun jaraknya cukup dekat, dan terlihat aman, Bulan adalah tempat yang mengerikan bagi manusia untuk membangun kehidupan. Dilansir dari readersdigest.ca, ini dia delapan fakta menyeramkan seputar Bulan!

1. Bulan tercipta dari sebuah tabrakan hebat

Dipenuhi Sampah dan Kuburan, Ini 8 Fakta Menyeramkan Seputar Bulanextremetech.com

Bulan memang merupakan satu-satunya satelit Bumi, tapi nyatanya Bulan sendiri tidak memiliki ikatan apalagi kemiripan dengan Bumi kita. Ini karena, Bulan tidak benar-benar berasal dari Bumi. Jadi sekitar 4,53 miliar tahun yang lalu, sebuah planet seukuran Mars bernama Theia menabrak Bumi kita.

Beruntungnya, Bumi kita sangatlah tangguh. Dan walaupun tabrakan itu menimbulkan kerusakan yang cukup parah bagi Bumi, namun itu tidak sampai membuat Bumi hancur. Sebagai gantinya, Theia-lah yang hancur. Puing-puing Theia lantas terjebak gravitasi Bumi hingga akhirnya membentuk Bulan seperti yang kita lihat sekarang.

2. Bukan hanya Bumi yang kotor, Bulan kita juga sebenarnya dipenuhi sampah

Dipenuhi Sampah dan Kuburan, Ini 8 Fakta Menyeramkan Seputar Bulanskyatnightmagazine.com

Sampah ternyata bukan hanya memenuhi permukaan Bumi, bahkan jika kamu berhasil mendarat di Bulan pun, kamu akan menemukan beberapa sampah yang biasa kamu temukan di Bumi. Mulai dari satelit rusak, puing-puing roket, kamera, cermin, bola golf, ransel bahkan juga sebuah foto keluarga.

Kebanyakan sampah yang ada di Bulan merupakan puing pesawat tanpa awak atau roket yang digunakan untuk meneliti Bulan. Sedangkan sampah lain berupa kamera, bola golf, dan foto adalah barang-barang yang sengaja ditinggalkan oleh para astronaut ketika mereka berkunjung ke Bulan dalam misi Apollo. Tidak tanggung-tanggung, jika dikumpulkan semua sampah ini bisa mencapai berat 200 ton lho!

3. Ada jejak kaki di permukaan Bulan kita

Dipenuhi Sampah dan Kuburan, Ini 8 Fakta Menyeramkan Seputar Bulannasa.gov

Hingga saat ini, Bulan memang tidak dihuni oleh siapa pun. Anehnya, meski tidak ada siapa-siapa, tapi ada jejak kaki di sana. Tenang, jejak kaki ini bukanlah jejak kaki alien melainkan milik astronaut NASA dalam misi Apollo 11 pada Juli 1969. Pertanyaannya, bagaimana jejak kaki itu bisa tetap ada sampai sekarang? Ini karena Bulan tidak sama seperti Bumi. Di sana tidak ada air, ataupun angin yang bisa menghapus jejak kaki tersebut.

4. Juga sebuah kuburan manusia

Dipenuhi Sampah dan Kuburan, Ini 8 Fakta Menyeramkan Seputar Bulancodyg.ca

Selain jejak kaki, di Bulan juga terdapat sebuah kuburan. Lagi-lagi, itu bukan kuburan alien melainkan kuburan bernama Eugene Shoemaker, seorang ahli geologi Amerika Serikat yang juga berjasa untuk astronomi dunia. Eugene dan istrinya, Carolyn berhasil menemukan komet Shoemaker Levy 9 yang menabrak Jupiter pada 1994 lalu.

Tidak berhenti sampai di situ, Eugene juga terlibat dalam misi Lunar Ranger pada tahun 1965, bahkan menjadi salah satu kandidat kuat dalam misi Apollo ke Bulan, sebelum didiskualifikasi karena penyakit Addison yang dideritanya. Eugene Shoemaker meninggal pada 18 Juli 1997 dalam sebuah kecelakaan di Australia.

Atas semua jasanya, NASA kemudian mengirim 1 ons dari abu kremasi Eugene untuk di kuburkan di wilayah kutub selatan Bulan. Abu itu dibawa dengan menggunakan pesawat luar angkasa Lunar Roger yang pernah dirancang Eugene semasa hidup.