Wow! Taiwan dan Hong Kong Negara Tujuan Favorit Pekerja Migran Lampung

Lampung Timur penyumbang PMI terbanyak

Bandar Lampung, IDN Times - Taiwan dan Hong Kong menjadi dua negara paling favorit alias terbanyak dituju para Pekerja Migran Indonesia (PMI) asal Provinsi Lampung. Tercatat ada sekitar 5 ribu lebih pekerja migran bekerja di Taiwan. 

Berdasarkan catatan penempatan PMI resmi Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Provinsi Lampung 2022, terbanyak pertama dimulai dari Taiwan dengan jumlah sekitar 3.087 PMI asal Lampung bekerja informal dan formal. Kemudian disusul Hong Kong, dengan total 2.018 PMI informal.

Negara favorit ketiga, Singapura dengan jumlah PMI asal Lampung sebanyak 515 pekerja. Lalu Malaysia jumlah 169 PMI Lampung, Korea Selatan 165 PMI Lampung, Jepang 154 PMI Lampung, dan negara tujuan lain sepeti Saudi Arabia (20 PMI), Polandia (13 PMI) dan lain-lain.

"Kalau dilihat dari data penempatan PMI asal Lampung tahun 2022 ini, maka jumlah PMI kita berada di luar negeri ada sebanyak 6.213 pekerja migran," ujar Kepala Disnaker Provinsi Lampung, Agus Nompitu kepada IDN Times, Sabtu (10/6/2023).

Baca Juga: Lampung Masuk 5 Provinsi Penyumbang Pekerja Migran Indonesia Terbanyak

1. Hong Kong dan Taiwan beri jaminan gaji tinggi dan keamanan bagi para PMI

Wow! Taiwan dan Hong Kong Negara Tujuan Favorit Pekerja Migran LampungKantor Disnaker Provinsi Lampung. (IDN Times/Tama Yudha Wiguna).

Dijelaskan Agus, Hong Kong dan Taiwan menjadi negara favorit tujuan PMI asal Lampung dikarenakan faktor upah alias gaji pekerja di kedua negara tersebut bisa dibilang cukup tinggi dibanding negara-negara tujuan lainnya.

"Selain gaji, karena ada faktor seperti negara itu memberikan jaminan keamanan dan keselamatan bagi setiap pekerjanya di sana," imbuhnya.

Terkait pilihan profesi, Agus menyebut, para pekerja migran resmi dibagi bekerja pada kategori formal dan informal, yang umumnya kebanyakan bekerja sebagai Pekerja Rumah Tangga (PRT). "Kalau formal, mereka biasanya bekerja sebagai buruh. Untuk informal, ini menjadi PRT hingga pengasuh anak dan lansia," sambung dia.

2. Lampung Timur jadi kabupaten penyumbang PMI terbanyak asal Lampung

Wow! Taiwan dan Hong Kong Negara Tujuan Favorit Pekerja Migran LampungKepala Disnaker Provinsi Lampung, Agus Nompitu (sebelah kanan). (IDN Times/Tama Yudha Wiguna).

Merujuk pendataan keberangkatan PMI resmi asal Lampung di 15 kabupaten/kota, Agus menyampaikan, 2020 menjadi tahun keberangkatan PMI paling banyak di banding 2021 dan 2022 total yakni, 9.195 pekerja. Sedangkan 2021 terdapat 4.187 pekerja dan 2022 ada sekitar 6.213.

Kemudian untuk jumlah pemberangkatan PMI resmi 2023, sesuai aplikasi SIAPkerja milik Kementerian Ketenagakerjaan terdapat 1.849 pekerja migran asal Lampung.

"Lampung Timur, ini menjadi kabupaten paling banyak mengirim pekerja migran asal Lampung. Rata-rata setiap tahunnya mencapai 2 ribu orang lebih. Kedua, ada Kabupaten Lampung Tengah mencapai 1.500 orang lebih setiap tahunnya," papar Agus.

3. Keberangkatan didorong faktor ajakan dan kebutuhan ekonomi

Wow! Taiwan dan Hong Kong Negara Tujuan Favorit Pekerja Migran LampungIlustrasi PMI. (DOK. Ditreskrimum Polda Lampung).

Terkait penyebab Lampung Timur menjadi kabupaten penyumbang PMI asal Lampung terbanyak di seiap tahun, Agus menyebutkan itu didorong faktor ajakan sanak keluarga maupun orang terdekat, yang lebih dulu berangkat bekerja di luar negeri.

"Ada banyak faktor mulai dari ajakan sampai kebutuhan ekonomi, tapi yang jelas, kami mengimbau agar para calon pekerja migran wajib memberangkatkan diri sebagai PMI melalui jalur prosedural," tandas Agus.

Baca Juga: Modus TPPO 24 PMI, Polisi: Hendak Diberangkatkan Lewat Lampung 

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya