Viral! Pria ODJG Status PNS Dishub Bandar Lampung Terdampar di Cilegon

Dishub amini masih berstatus sebagai ASN

Bandar Lampung, IDN Times - Video seorang pria diduga Orang Dengan Gangguannya Jiwa (ODGJ) mengaku sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Dinas Perhubungan Kota Bandar Lampung ditemukan terlantar di Cilegon, Banten.

Rekaman video itu dibagikan akun Instagram @detikaza_official, nampak pria diduga ODJG tersebut berkepala plontos dengan mengenakan kaus bius dan celana pendek seraya sebuah plastik. Ia terlihat berkenalan dan berkomunikasi dengan pria berkacamata memakai setelan maroon.

"Azwar sani seorang pegawai dishub kota bandar lampung, terlantar di cilegon dlm kondisi gangguan jiwa," tulis pada keterangan caption pada video.

"Mengaku PNS dishub bandar lampung !! skrg terlantar dicilegon kondsi gangguan jiwa," tulis keterangan lainnya di latar video.

Baca Juga: Pria Paruh Baya Bandar Lampung Tega Perkosa Gadis 13 Tahun

1. Sebut bekerja di Dinas Perhubungan Kota Bandar Lampung

Viral! Pria ODJG Status PNS Dishub Bandar Lampung Terdampar di CilegonTangkap layar video temuan Azwar Sani. (Instagram/@datikasa_official).

Dalam unggahan video tersebut, pria diduga ODJG diketahui bernama Azwar Sani itu mulanya diajak berkomunikasi oleh pria mengelola akun Instagram khusus mengunggah kehidupan ODJG dan orang-orang terlantar.

"Saya kerja di Dinas Perhubungan," kata Azwar Sani mengawali percakapan keduanya.

Alhasil, pria pembuat konten itu lantas terkejut dan memastikan kembali status pekerjaan disebutkan Azwar Sani.

"Iya, PNS saya," ucapnya kembali. "Bawa KTP gak?," timpal pembuat konten. "Gak bawa, main aja jalan-jalan," sambung Azwar Sani.

2. Lafalkan lugas NIP hingga golongan, mengaku terdampar kehabisan ongkos

Viral! Pria ODJG Status PNS Dishub Bandar Lampung Terdampar di CilegonIlustrasi petugas Dishub. (Dok. Diskominfo Medan)

Percakapan keduanya tak berhenti sampai di situ, Azwar Sani lantas meyakinkan pria tersebut dengan menjelaskan alamat kantor Dishub Kota Bandar Lampung dengan lengkap disertai menyebutkan nomor telpon dinas setempat.

"Di bagian apa itu dinasnya?," tanya pembuat konten.

Bukan hanya memberitahu tugas pekerjaannya di dinas tersebut, Azwar Sani bahkan turut melafalkan secara jelas Nomor Induk Pegawai (NIP) serta golongan status PNS nya. "Parkir, NIP saya 191101232019021004. Golongan IIB," ucap Azwar Sani.

Merasa yakin dengan perkataan Azwar Sani, pria pembuat konten itu lantas menanyakan kapan dirinya terakhir kali masuk bekeja. "Saya kerja terus, ini lagi cuti. Saya kerja di Terminal Rajabasa," jawab Azwar Sani.

"Bekerja di Terminal Rajabasa, tapi ini lagi cuti?," tanyanya kembali. "Iya, liburan. Pak saya mau pulang keabisan ongkos gak bisa pulang, terdampar saya di sini," terang Azwar Sani.

3. Masih ingat para atasannya di dinas

Viral! Pria ODJG Status PNS Dishub Bandar Lampung Terdampar di CilegonPetugas Dishub untuk keamanan aru mudik lebaran di Banjarmasin.

Di akhir percakapan keduanya, pria pembuat konten ini mempertanyakan kartu identitas seperti KTP dipegang Azwar Sani. Namun ia mengaku sama sekali tidak membawanya dan hanya memiliki sebuah korek api.

Lebih lanjut pria pembuat konten itu menanyakan Azwar Sani masihkah mengingat para atasannya di Dinas Perhubungan Kota Bandar Lampung.

"Pak Rifai kepala dinas, Bendahara bu Masni, Kepala UPT pak Jun, Kepala Terminal pak Antoni," sebut Azwar Sani secara rinci.

4. Dishub Bandar Lampung amini Azwar Zani berstatus sebagai PNS dinas setempat

Viral! Pria ODJG Status PNS Dishub Bandar Lampung Terdampar di CilegonSekertaris Dishub Kota Bandar Lampung, Lenny Widyawati. (IDN Times/Istimewa).

Terkait unggahan video viral tersebut, Sekretaris Dishub Kota Bandar Lampung, Lenny Widyawati membenarkan, sosok Azwar Sani merupakan PNS di dinas setempat.

"Itu betul adalah pegawai Dinas Perhubungan Kota Bandar Lampung, pak Azwar Sani," katanya saat dikonfirmasi.

Selain itu, ia pun mengamini hingga saat ini Azwar Sani masih berstatus sebagai ASN. "Kami sudah mengambil tindakan awal, kami sudah panggil pihak keluarganya dan sudah bertemu langsung dengan adik kandung beliau. Kita minta konfirmasi, apakah sudah kembali ke keluarga atau yayasan, ternyata betul," tandasnya.

Baca Juga: Dishub Bandar Lampung Klaim Arus Balik Lancar, Dampak Libur Panjang

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya