Unik! Hari Pahlawan Ditreskrimum Polda Lampung Ajak Seniman Bikin Mural 

Kegiatan bertajuk tema 'Pahlawanku Inspirasiku'

Bandar Lampung, IDN Times - Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Lampung memiliki cara tersendiri menyemarakkan 'Hari Pahlawan' diperingati setiap 10 November. Caranya, menyelenggarakan serangkaian kegiatan bertajuk tema 'Pahlawanku Inspirasiku'.

Kegiatan tersebut mulai dari mengundang seniman mural untuk menuangkan karya lukis di dinding koridor kantor hingga melaksanakan kegiatan pengembangan literasi masyarakat bekerjasama dengan Komunitas Giat Buku.

Dirreskrimum Polda Lampung, AKBP Reynold E. P. Hutagalung mengatakan, serangkaian acara tersebut bertujuan mengedukasi masyarakat dalam meningkatkan nilai-nilai kepahlawanan dan menjaga persatuan serta kesatuan NKRI.

"Saya sangat berharap acara ini bisa menginspirasi masyarakat Lampung, memotivasi dan mengedukasi masyarakat agar tetap semangat dengan menjadikan Pahlawan sebagai inspirasi," ujar Reynold, Kamis (11/11/2021). 

1. Lukis mural mengusung 3 tema

Unik! Hari Pahlawan Ditreskrimum Polda Lampung Ajak Seniman Bikin Mural Ditreskrimum Polda Lampung gandeng seniman mural dan Komunitas Giat Buku di Hari Pahlawan. (IDN Times/Istimewa)

Dalam pelaksanaan kegiatan lukis mural di dinding koridor kantor Ditreskrimum Polda Lampung, itu melibatkan para pelukis mural muda penyandang predikat juara 1,2, dan 3 di ajang Lomba Bhayangkara Mural Festival 2021 di PKOR Way Halim Lampung beberapa waktu lalu.

Tujuannya, memberikan pemandangan berbeda dilingkungan Mapolda Lampung, sebagai bentuk kedekatan masyarakat dengan Polri Presisi.

"Karya lukis mengambil 3 tema seperti Berkeadilan dan Tanpa Kekerasan Penegak Hukum Dicintai Masyarakat, Hari Ini Harus Lebih Baik dari Kemarin dan Hari Esok Harus Lebih Baik dari Hari Ini, serta Bukan Tentang Siapa yang Hebat tetapi Tentang Kebersamaan yang Tidak Dapat di Nilai dengan Apapun," terang Muhammad Ridwan, salah satu pelukis.

2. Pelukis mengaku terharu

Unik! Hari Pahlawan Ditreskrimum Polda Lampung Ajak Seniman Bikin Mural Ditreskrimum Polda Lampung gandeng seniman mural dan Komunitas Giat Buku di Hari Pahlawan. (IDN Times/Istimewa)

Mewakili rekan lainnya, Rian turut menyampaikan rasa haru dan bangga mewakili telah diundang untuk membuat sekaligus menuangkan karya seni di Mapolda Lampung.

"Karya ini kami persembahkan dengan Ikhlas dan penuh kebanggaan. Kami diberikan ruang untuk berkarya dan menuangkan inspirasi, serta aspirasi kami sebagai pekerja seni yang merupakan bagian dari masyarkat," imbuh pemuda asal Metro tersebut.

Pekerjaan lukisan tersebut dimulai sejak 9 November dan telah dirampungkan 10 November 2021 sore. Reynold menyampaikan, hadirnya momen Hari Pahlawan mampu menginspirasi dan mengunggah, serta mewarisi semangat perjuangan para pahlawan telah gugur.

"Ini cara dan tugas kita dalam mengisi ruang kemerdekaan telah i raih para pahlawan dengan hal-hal positif dan menginspirasi," kata Reynold.

3. Meningkatkan ekonomi

Unik! Hari Pahlawan Ditreskrimum Polda Lampung Ajak Seniman Bikin Mural Ditreskrimum Polda Lampung gandeng seniman mural dan Komunitas Giat Buku di Hari Pahlawan. (IDN Times/Istimewa)

Bukan hanya karya lukis mural, dalam pelaksanaan kegiatan pengembangan literasi masyarakat bersama Komunitas Giat Buku, itu diawali dengan kegiatan menonton bersama film kepahlawanan di Mobil Cinema telah disediakan oleh Ditreskrimum Polda Lampung.

Kemudian acara ini dilanjutkan dengan pembagian buku di beli dari UMKM kepada masyarakat, khususnya anak-anak.

"Jadi selain membantu pengembangan literasi anak anak, ini diharapkan bisa membantu meningkatkan ekonomi para pelaku UMKM yang ikut berdampak terhadap COVID -19," tandas mantan Wadirreskrimum Polda Metro Jaya tersebut.

Baca Juga: Kala Veteran Semringah Dikunjungi Ditlantas Polda Momen Hari Pahlawan

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya