Tourist Police Bersiap Amankan Ajang Internasional WSL Krui Pro 2024

Jaga ketat area pertandingan dan penginapan atlet

Intinya Sih...

  • Polres Pesisir Barat membentuk Tourist Police untuk amankan WSL Krui Pro QS 5000 di Pantai Tanjung Setia.
  • Kegiatan ini melibatkan atlet dan wisatawan lokal serta mancanegara, pengamanan menjadi fokus utama.
  • Koordinasi dilakukan dengan Pemkab Pesisir Barat dan stakeholder terkait, serta peningkatan jumlah kunjungan peserta dari tahun ke tahun.

Pesisir Barat, IDN Times - Polres Pesisir Barat membentuk dan menyiagakan Tourist Police guna mengoptimalkan pengamanan selama ajang surfing internasional World Surf League (WSL) Krui Pro Qualyfing Series (QS) 5000 di Pantai Tanjung Setia.

Kapolres Pesisir Barat, AKBP Alsyahendra mengatakan, para Tourist Police ini nantinya akan ditempatkan di lokasi-lokasi pertandingan mulai 28 Mei hingga 4 Juni 2024. "Pihak Polres juga menyiapkan tourist untuk pengamanan di lokasi pertandingan," ujarnya dikonfirmasi, Sabtu (4/5/2024).

Baca Juga: Catat! Ajang Surfing Internasional WSL Krui Pro 2024 Segera Hadir

1. Lokasi perlombaan dan penginapan atlet jadi fokus pengamanan

Tourist Police Bersiap Amankan Ajang Internasional WSL Krui Pro 2024Rapat koordinasi digelar Polres Pesisir Barat. (Dok. Polres Pesibar).

Sebagai tahap awal, Alsyahendra menyampaikan, pihaknya telah melaksanakan pemetaan lokasi perlombaan dan penginapan bagi para peserta atlet surfing, untuk dilaksanakan pengamanan oleh personel.

Menurutnya, gelaran bertaraf internasional ini merupakan kegiatan rutin tahunan melibatkan peserta dan pengunjung wisatawan lokal maupun mancanegara, sehingga sisi pengamanan menjadi salah satu fokus pelaksanaan.

"Ini adalah ajang bergengsi yang wajib didukung dalam meningkatkan pariwisata, dan kami pihak kepolisian akan membantu dalam ipaya pengamanan," ucapnya.

2. Kunjungan ajang tahun ini diperkirakan meningkat

Tourist Police Bersiap Amankan Ajang Internasional WSL Krui Pro 2024World Surf League (WSL) Krui Pro Qualyfing Series (QS) 5000 digelar 2023. (Dok. Pemkab Pesibar).

Alsyahendra menambahkan, peningkatan jumlah kunjungan dalam kegiatan ini terus meningkat dari tahun ke tahun ada. Itu dapat dilihat antusias keikutsertaan atlet profesional luar negeri pada 2022 sebanyak 212 peserta, lalu pada 2023 diikuti 259 peserta.

"Kegiatan pengamanan dalam rangka WSL di Pantai Tanjung Setia, Pesisir Barat ini wajib perlu dioptimalkan," katanya.

Selain itu, kepolisian juga terus melakukan koordinasi dengan Pemkab Pesisir Barat dan stakeholder terkait, untuk menyukseskan kejuaraan Krui Pro di tahun ini.

Sebelumnya pihak Polres Pesisir Barat telah menggelar rapat yang dipimpin Karo Ops Polda Lampung Kombes pol Ardiansyah Daulay dan tim Roops Polda Lampung terkait pengamanan WSL tahun 2024.

"Langkah-langkah ke depan melalui apa yang harus disiapkan, baik dalam sarana dan prasarana terus dilakukan bersama," tambah dia. 

3. Pengamanan terapkan sandi Operasi Tuhuk

Tourist Police Bersiap Amankan Ajang Internasional WSL Krui Pro 2024World Surf League (WSL) Krui Pro Qualyfing Series (QS) 5000 digelar 2023. (Dok. Pemkab Pesibar).

Guna mengoptimalkan pengamanan nantinya, Alsyahendra melanjutkan, pihaknya akan didukung dibantu oleh personel tambahan dari Polda Lampung.

"Pelaksanaan pengamanan dibantu oleh Polda Lampung dengan menggelar sandi Operasi Tuhuk," tandasnya.

Baca Juga: Nestapa Pelajar SDN 104 Krui Naik Turun Bukit Demi Akses Internet

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya