Todong Warga Pakai Pistol Mainan, 2 Pencuri Motor di Lamteng Ditangkap

Ancaman bakal tembak korbannya

Intinya Sih...

  • Polisi menangkap dua pelaku pencurian sepeda motor dengan penodongan senjata api, namun senjata yang digunakan ternyata hanya pistol mainan.
  • Korban Wahyu Hatarto mengalami peristiwa nahas saat dipantau dan dibuntuti oleh kedua pelaku sebelum akhirnya ditodongkan dan kehilangan motor miliknya.
  • Warga berhasil mengejar kedua pelaku setelah korban berteriak minta bantuan, dan polisi berhasil menangkap keduanya untuk dilakukan penyelidikan lebih lanjut.

Lampung Tengah, IDN Times - Polisi menangkap dua pelaku pencurian sepeda motor disertai penodongan diduga senjata api di Kabupaten Lampung Tengah. Aksi nekat kedua pelaku ternyata hanya dibekali olek pistol mainan.

Tersangka masing-masing inisal SP (53) dan DS (32) sebagai warga Dusun II Kampung Bumiraharjo, Kecamatan Bumiratu Nuban, Lampung Tengah. Pistol mainan itu dibawa dan digunakan keduanya menodong korban Wahyu Hatarto (31) di jalan kampung setempat.

"Saat pelaku dan barang bukti kita gulung, ternyata senjata api yang dipakai untuk melakukan Curas (pencurian dengan kekerasan) adalah pistol mainan," ujar Kapolsek Bumiratu Nuban, Iptu Roma Irawan Putra saat dikonfirmasi, Selasa (12/3/2024).

Baca Juga: Kantor PPA Suoh Dibakar, Polda Lampung Minta Warga Tahan Diri

1. Korban dipantau dan dibuntuti saat melintasi jalan kampung kedua pelaku

Todong Warga Pakai Pistol Mainan, 2 Pencuri Motor di Lamteng Ditangkapilustrasi perampok dengan pistol (freepik)

Berdasarkan laporan korbannya, Roma mengungkapkan, peristiwa nahas itu dialami korban Wahyu Hatarto saat melintasi jalan raya kampung kedua pelaku, Sabtu (2/3/2024). Korban sudah dipantau dan dibuntuti tersangka SP dan DS selama di jalan Kampung Bumiraharjo.

Kedua pelaku melancarkan aksi itu diketahui dengan berboncengan menunggangi satu unit motor merk Jupiter MX plat T 3713 MP. Setibanya di lokasi sepi, pelaku memepet dan menghadang sepeda motor merk Honda Beat BE 3940 IB milik korban.

"Satu pelaku sempat menodongkan pistol sambil berteriak mengancam, karena takut ditembak, korban turun dari motor. Saat pelaku menaiki motornya barulah dia berteriak minta bantuan warga," ungkap kapolsek.

2. Hampir dilumpuhkan warga tapi berhasil melarikan diri

Todong Warga Pakai Pistol Mainan, 2 Pencuri Motor di Lamteng DitangkapIlustrasi pencurian (IDN Times/Madya Shakti)

Warga mendengar teriakan korban seketika spontan mengejar kedua pelaku, kurang lebih 100 meter warga berhasil menabrakkan dirinya ke pelaku tengah membawa sepeda motor korban. Alhasil seorang di antaranya berhasil jatuh dan bergegas kabur meninggalkan motor korban.

"Pascakejadian kedua pelaku sempat kabur waktu dikejar warga saat kejadian," imbuhnya.

Berbekal laporan korban, polisi melakukan serangkaian penyelidikan dan berhasil mencokok kedua pelaku di tempatnya masing-masing, Minggu (10/3/2024). "Pelaku SP berhasil diamankan di rumahnya, disusul penangkapan DS di tempat persembunyiannya," sambung kapolsek.

3. Kedua tersangka diancam 9 tahun penjara

Todong Warga Pakai Pistol Mainan, 2 Pencuri Motor di Lamteng DitangkapIlustrasi lepas borgol. (pexels.com/Ron Lach)

Roma menambahkan, kedua pelaku berikut pistol mainan dan barang bukti lainnya telah diamankan di Mapolsek Bumiratu Nuban, guna pengembangan perkara lebih lanjut.

"SP dan DS dijerat Pasal 365 KUHPidana tentang Pencurian Dengan Kekerasan, keduanya diancam hukuman penjara paling lama 9 tahun," tandas kapolsek.

Baca Juga: BMKG Keluarkan Peringatan Dini Cuaca Ekstrem Hujan Lebat di Lampung

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya