Tinjau Perbaikan Jalan di Lampung, Presiden: Gubernur Kejar-kejar

Capai 60-70 persen, Jokowi minta rampung Desember 2023

Bandar Lampung, IDN Times - Presiden RI Joko 'Jokowi' Widodo memastikan perbaikan ruas jalan rusak di Provinsi Lampung menerima kucuran dana APBN sekitar Rp800 miliar sudah mencapai angka 60 hingga 70 persen.

Persentase angka perbaikan itu sebagaimana dikatakan Presiden Jokowi saat mengecek jalan cor beton alias rigid pavement di ruas jalan Kecamatan Rumbia, Lampung Tengah.

"Memang belum selesai 100 persen, kira-kira baru 60-70 persen. Ada yang 70, ada yang 60 persen, seperti yang kita lihat di Rumbia, Lampung Tengah ini baru selesai kira-kira sekitar 60 persen," ujarnya didampingi KSP RI Moeldoko dan Gubernur Lampung Arinal Djunaidi, Jumat (27/10/2023).

Baca Juga: Jokowi Datang, Begini Kondisi Jalan Sempat Viral di Lampung Tengah

1. Kucuran dana APBN disebut karena Arinal kejar-kejar Jokowi

Tinjau Perbaikan Jalan di Lampung, Presiden: Gubernur Kejar-kejarPresiden RI Joko 'Jokowi' Widodo meninjau perbaikan jalan di Kecamatan Rumbia, Kabupaten Lampung Tengah, Jumat (27/10/2023). (IDN Times/Tama Yudha Wiguna).

Jokowi mengatakan, proses perbaikan jalan rusak 17 ruas tersebut, pemerintah pusat bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung memberikan kucuran aliran dana APBN sekitar Rp800 miliar.

Kemudian ditindaklanjuti oleh Kementerian PUPR dengan pemerintah daerah, hingga sebagian dana pengerjaan turut ditopang oleh Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).

"Saya kira kombinasi seperti ini yang baik. Ini juga karena pak gubernur Lampung ini rajin banget ngejar-ngejar sehingga dapatnya banyak (bantuan dari pemerintah pusat)," ucapnya.

2. Tingkat kepuasan perbaikan jalan diminta tanya ke masyarakat

Tinjau Perbaikan Jalan di Lampung, Presiden: Gubernur Kejar-kejarPresiden RI Joko 'Jokowi' Widodo meninjau perbaikan jalan di Kecamatan Rumbia, Kabupaten Lampung Tengah, Jumat (27/10/2023). (IDN Times/Tama Yudha Wiguna).

Ihwal kepuasan dari pengecekan hasil pekerja jalan tersebut, Jokowi meminta awak media untuk menanyakannya langsung kepada masyarakat yang sehari-hari mengakses jalan setempat.

"Tanya masyarakat jangan saya, tanya masyarakat sudah puas belum, seneng gak? Tanya rakyat jangan tanya saya," imbuh dia.

Meski demikian, pihaknya telah menekankan pemerintah daerah untuk merampungkan pekerjaan tersebut pada penghujung 2023. "Nanti kita harapkan Desember selesai," tambahnya.

3. Tindak lanjut Inpres

Tinjau Perbaikan Jalan di Lampung, Presiden: Gubernur Kejar-kejarRibuan masyarakat berada di Pasar Baru Rumbia, Kabupaten Lampung Tengah menyambut antusias kedatangan Presiden RI Joko 'Jokowi' Widodo, Jumat (27/10/2023).

Dalam kapasitasnya, Jokowi mengatakan, dirinya bersama jajaran hanya menyerap aspirasi maupun keluhan masyarakat melalui Instruksi Presiden (Inpres) sudah berlaku.

"Saya ada keluhan mengenai jalan kemudian ditindaklanjuti dengan Inpres, sekarang sudah berjalan," tandasnya.

Baca Juga: Ribuan Warga Lampung Tengah Antusias Sambut Kedatangan Jokowi

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya