Terciduk Buang Sampah Sembarangan, Pria di Pesawaran Disanksi Sosial

Dikalungi plastik sampah sampai dipajang karton

Intinya Sih...

  • Seorang pria berkalung plastik sampah dan memegang karton bertuliskan "SAYA YANG BUANG SAMPAH DI SINI" di Desa Kurungan Nyawa, Kabupaten Pesawaran.
  • Dwi, pelaku pembuangan sampah, meminta maaf kepada warga setempat dan diamankan setelah tertangkap basah oleh mereka.
  • Kepala Desa Kurungan Nyawa berharap kejadian ini memberikan efek jera kepada pelaku lain dan mengimbau masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungan.

Pesawaran, IDN Times - Rekaman video mempertontonkan seorang pria berkalung plastik sampah sambil memegangi karton putih bertuliskan "SAYA YANG BUANG SAMPAH DI SINI" beredar via pesan WhatsApp Grup (WAG).

Peristiwa itu diketahui terjadi di Desa Kurungan Nyawa, Kecamatan Gedong Tataan, Kabupaten Pesawaran. Dari video diterima IDN Times, pria itu mengenakan jaket biru nampak berdiri di tepi jalan sambil mengalungi dua plastik sampah.

Masih dari video berdurasi 36 detik tersebut, ia diminta warga mengangkat karton "SAYA YANG BUANG SAMPAH DI SINI" sambil mengakui perbuatannya dan memohon maaf.

"Nama saya Dwi, saya minta maaf tidak akan membuang sampah di sini lagi dan saya minta maaf kepada warga Kurungan Nyawa atas kekhilafan saya membuang sampah di sini dan saya tidak akan mengulanginya lagi dikemudian hari," ucap pria tersebut.

Baca Juga: 6 Tempat Berburu Jajan di Bandar Lampung, Enak dan Murah Banget!

1. Ditanya daerah asal

Terciduk Buang Sampah Sembarangan, Pria di Pesawaran Disanksi SosialTangkap layar video pria disanksi kedapatan buang sampah sembarangan di Desa Kurungan Nyawa, Pesawaran. (IDN Times/Istimewa).

Memasuki detik-detik akhir rekaman, terdengar suara perekam video sempat menanyakan asal pria telah tertangkap tangan oleh warga membuang sampah di daerah setempat.

"Dari mana dek?," tanya perekam video.

"Duren Payung pak," jawab pria itu.

"Duren payung, aslinya orang Pringsewu?," timpal perekam video.

"Tempat teman pak," kata pria membuang sampah tersebut sambil memperlihatkan gestur tangan menujuk arah.

2. Sempat hampir diamuk massa

Terciduk Buang Sampah Sembarangan, Pria di Pesawaran Disanksi SosialIlustrasi perkelahian, (IDN Times/Sukma Shakti)

Menanggapi rekaman beredar tersebut, Kepala Desa Kurungan Nyawa, Yuwansyah membenarkan peristiwa dalam video itu telah terjadi di wilayah desanya, Kamis (07/03/2024). Dikatakan, pria mengaku bernama Dwi tertangkap basah oleh warga setempat membuang sampah di pinggir jalan.

Alhasil, pria itu langsung diamankan warga sejatinya sudah mengamati perbuatannya sejak beberapa hari terakhir. Ia hampir menerima amukan massa terlanjur emosi. Beruntung, itu dicegah oleh pamong setempat dan langsung dibawa ke kantor desa.

"Iya, video itu sanksi karena warga sudah terlanjur emosi. Ternyata, perbuatan pelaku ini sudah beberapa kali buang kantong sampah sembarangan di sekitar lokasi kejadian," ucapnya.

3. Ajak masyarakat jaga kebersihan lingkungan

Terciduk Buang Sampah Sembarangan, Pria di Pesawaran Disanksi SosialTangkap layar video pria disanksi kedapatan buang sampah sembarangan di Desa Kurungan Nyawa, Pesawaran. (IDN Times/Istimewa).

Atas peristiwa ini, Yuwansyah berharap kejadian serupa tidak terulang kembali sekaligus bisa memberikan efek jera kepada pelaku pembuang sampah lainnya.

"Saya juga mengimbau kepada masyarakat, mari kita sama-sama terus menjaga kebiasaan tidak membuang sampah sembarangan dan menjaga kebersihan di lingkungan kita masing-masing," tandasnya.

Baca Juga: 4 Petahana Anggota DPD RI Dapil Lampung Kembali Melenggang ke Senayan

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya