Tangis Keluarga Iringi Pemakaman Mahasiswa UMY Asal Lampung

Mahasiswa semester 1 jurusan Ilmu Komunikasi

Bandar Lampung, IDN Times - Jenazah mahasiswi asal Kota Bandar Lampung meninggal dunia di Yogyakarta inisal SMQF dimakamkan TPU Jagabaya II, Selasa (3/10/2023). Korban diduga melompat dari lantai 4 gedung asrama putri terletak di Dusun Ngebel, Tamantirto, Kasihan, Bantul.

Pantauan IDN Times di rumah duka berlokasi di Kecamatan Way Halim Kota Bandar Lampung, jenazah tiba sekitar pukul 12.24 WIB. Korban dibawa dari Yogyakarta via jalur darat menggunakan mobil ambulans warna putih merah nopol AB 9046 BA.

Kedatangan jenazah seketika disambut tangis haru pihak keluarga hingga rekan-rekan SMQF yang sudah menunggu kedatangan sejak pagi. Kemudian langsung dibawa diiringi sholawat masuk ke dalam rumah untuk disemayamkan sementara.

Terdengar jelas tangis histeris dari dalam rumah duka. Tak berselang lama, jenazah SMQF langsung dibawa ke masjid sekitar untuk disalatkan, selanjutnya diiringi sanak keluarga dan tetangga untuk dimakamkan di TPU Jagabaya II.

Baca Juga: Lagi! Polda Lampung Tangkap 1 Kurir Sabu Jaringan Fredy Pratama

1. Korban merupakan mahasiswa semester 1 UMY

Tangis Keluarga Iringi Pemakaman Mahasiswa UMY Asal LampungPemakaman mahasiswa asal Lampung bunuh diri di asrama kampus Yogyakarta. (IDN Times/Tama Yudha Wiguna).

Kerabat korban, Yulia mengatakan, SMQF merupakan mahasiswa baru semester 1 jurusan Ilmu Komunikasi di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY). Pihak keluarga mengaku amat terkejut mendapatkan informasi korban meninggal pertama kali dari pihak kampus.

"Papanya yang dihubungi kampus kemarin itu setelah dia (korban SMQF) ditemukan. Kami keluarga langsung cari informasi lewat media sama terus berkabar sama pihak kampus di sana," ujarnya kepada awak media di rumah duka, Selasa (3/10/2023).

Mendapati kabar duka itu, dikatakan Yulia, pihak keluarga awalnya sempat tidak percaya korban meninggal dengan cara cukup tragis. "Kami dapat kepastian setelah dikabarin pihak kepolisian," sambungnya.

2. Keluarga minta kampus dan polisi usut tuntas kematian korban

Tangis Keluarga Iringi Pemakaman Mahasiswa UMY Asal LampungPemakaman mahasiswa asal Lampung bunuh diri di asrama kampus Yogyakarta. (IDN Times/Tama Yudha Wiguna).

Atas insiden ini, Yulia menyampaikan, pihak keluarga akan menindaklanjuti kematian korban dan meminta pihak kampus hingga kepolisian mengusut tuntas penyebab SMQF bunuh diri.

"Papanya nanti akan kembali ke Jogja, untuk meminta penyelidikan, sebab kejadian ada di lingkungan kampus juga. Kami keluarga memang meminta agar jenazahnya bisa langsung dikebumikan," imbuh dia.

3. Sebelum kejadian sempat menginap di rumah rekan

Tangis Keluarga Iringi Pemakaman Mahasiswa UMY Asal LampungPemakaman mahasiswa asal Lampung bunuh diri di asrama kampus Yogyakarta. (IDN Times/Tama Yudha Wiguna).

Berdasarkan informasi diterima Yulia, korban sebelum waktu kejadian malamnya sempat menginap di kediaman salah satu rekan kuliahnya. Kemudian sekembalinya, SMQF memperlihatkan mimik wajah sedih dan murung.

"Ini dari pihak asramanya, mereka sempat tanya, dijawabnya (korban SMQF) 'nggak aku gak apa-apa'," ucap dia menyampaikan jawaban korban kala itu.

Kondisi ini menjadi pertanyaan pihak keluarga, pasalnya, korban SMQF selama ini menempati asrama kampus dan sangat jarang keluyuran, apalagi, sampai menginap di rumah temannya. "Anaknya memang fokus sama pendidikan saja, kuliah di Jogja pun itu kemauan pribadinya," tandas sepupu korban tersebut.

Depresi bukanlah persoalan sepele. Bila kamu merasakan tendensi untuk melakukan bunuh diri atau melihat teman atau kerabat memperlihatkan tendensi tersebut, amat disarankan untuk menghubungi dan berdiskusi dengan pihak terkait, seperti psikolog, psikiater, maupun klinik kesehatan jiwa.

Jika membutuhkan bantuan profesional, di Lampung ada beberapa layanan bisa membantu kamu lho.

  • Anisa Rumah Psikologi berlokasi di Jalan Harapan No 20 Kota Sepang atau bisa menghubungi nomor 081367647110 untuk mengatur janji konseling.
    Biro Psikologi Harmoni di Jalan Sultan Jamil No 9 Gedung Meneng, Bandar Lampung dengan nomor konsultasi 0813 7986 2876.
  • Biro Psikologi Terapan Psiko Mandiri di Jalan Kepayang Gang Cendana No 16/33, Rajabasa Pramuka.
  • Layanan konsultasi kejiwaan secara gratis di Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Provinsi Lampung. Nomor telpon dapat dihubungi di nomor 0721 271170 atau menyambangi lokasi langsung di alamat Jalan Raya Km.13, Kecamatan Gedong Tataan, Kabupaten Pesawaran, Lampung, kode pos 35153.

Baca Juga: Pemprov Lampung Peroleh PAD Rp103,7 Miliar Program Keringanan PKB 2023

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya