Tabung Elpiji Percikkan Api, Pegawai Warung Makan Luka Bakar 60 Persen

Bersumber dari api percikan gas elpiji menyambar kompor

Bandar Lampung, IDN Times - Peristiwa kebakaran terjadi di rumah sekaligus warung makan Bu'de Rumi di Jalan Sam Ratulangi, Kecamatan Tanjungkarang Pusat, Kota Bandar Lampung, Kamis (29/4/2021) sekitar pukul 12.30 WIB. Imbas kejadian itu, ada satu korban tubuhnya luka bakar hingga 60 persen.

Seorang saksi mata sekaligus karyawan rumah makan tersebut, Ros (40) mengatakan, korban bernama Suratmi (54), yang juga merupakan pekerja di lokasi kejadian.

"Luka bakarnya di bagian kaki, tangan, dan bagian muka, sekarang korban sudah dibawa ke IGD Abdoel Moeloek (rumah sakit)," ujar Ros, saat ditemui IDN Times di lokasi kejadian.

1. Kebakaran diduga berasal dari percikan tabung gas elpiji

Tabung Elpiji Percikkan Api, Pegawai Warung Makan Luka Bakar 60 PersenKebakaran di Jalan Sam Ratulangi, Kota Bandar Lampung (IDN Times/Tama Yudha Wiguna)

Ros menjelaskan, kebakaran yang terjadi di bagian dapur warung tersebut bersumber dari api percikan gas tabung elpiji menyambar kompor gas posisi sedang menya.

"Tadi itu mau ganti karetnya (karet di lubang keluar gas pada tabung), tapi gasnya malah menyambar kompor. Posisinya kompor belum dimatiin," kata Ros.

Lanjutnya, pihak pemadam kebakaran (Damkar) juga sempat datang ke lokasi kejadian. Namun, api sudah berhasil dipadamkan. "Kalau gak salah tadi ada sekitar 3 mobil pemadam yang datang," ucap Ros.

Baca Juga: Uang Nasabah Rp100 Juta Dicuri, Bank Lampung Lakukan Ini

2. Kerugian ditaksir Rp5 juta

Tabung Elpiji Percikkan Api, Pegawai Warung Makan Luka Bakar 60 PersenKebakaran di Jalan Sam Ratulangi, Kota Bandar Lampung (IDN Times/Tama Yudha Wiguna)

Ros melanjutkan, api dengan cepat menyambar bagian dapur warung makan dan mengenai sejumlah orang disekitarnya. "Tadi bukan cuma Suratmi, saya sama yang lainnya juga sempat kena api tapi gak terlalu parah," imbuhnya.

Dikonfirmasi terpisah, Sekretaris BPBD Bandar Lampung M Rizki menyatakan, atas peristiwa itu kerugian ditaksir mencapai kurang lebih Rp5 juta.

"Ukuran pokok yang terbakar diperkirakan bangunan seluas 4x5 meter persegi yaitu, dapur warung makan, kalau dari keterangan warga sekitar api dari kebocoran tabung gas," ucap Rizki.

3. Warga diimbau guna perangkat gas sesuai standar SNI

Tabung Elpiji Percikkan Api, Pegawai Warung Makan Luka Bakar 60 PersenIlustrasi tabung gas (LPG) 3 kilogram subsidi Pertamina. ANTARA FOTO/Zabur Karuru

Rizki mengatakan, kebakaran itu menyebabkan satu korban luka bakar berat, yang kini tengah ditangani pihak medis RSUD Abdoel Moeloek.

Ia menambahkan, sebanyak 25 personel dikerahkan ke lokasi kejadian. "Sempat juga dibantu warga sekitar, sehingga api cepat padam," terang Rizki.

Rizki mengimbau masyarakat, agar lebih waspada saat melakukan atau mengganti karet tabung gas elpiji. Selain itu, pastikan perangkat yang digunakan sudah sesuai dengan standar SNI.

"Untuk mencegahnya, gunakan alat yang memenuhi standar keamanan," kata Rizki.

Baca Juga: 2 Tahun Buron, Pembobol Rumah Perwira Polisi Ditangkap di Kolong Jembatan

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya