Strategi PDIP Lampung Gaet Suara Milenial dan Gen Z di Pemilu 2024 

Bentuk Komunitas Juang

Bandar Lampung, IDN Timee - DPD PDI Perjuangan Provinsi Lampung menyiapkan strategi khusus guna menjaring suara pemilih muda dari kalangan generasi milenial dan generasi z pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Persiapan itu menyusul gabungan angka dominasi kedua kelompok pemilih muda tersebut diprediksi bisa mencapai sekitar 70 persen suara pada Pemilu serentak mendatang.

"Saya sudah mengarahkan, bahkan merekrut teman-teman kaum milenial dan lain-lain. Jadi semua gerakan kami rekrut semua. Terutama milenial dan gen Z, karena mereka termasuk pemilih paling banyak," ujar Ketua DPD PDI Perjuangan Provinsi Lampung, Sudin saat dimintai keterangan, Senin (23/1/2023).

Baca Juga: Refleksi 2022, PDIP Lampung Siapkan 1.045 Bacaleg untuk Pemilu 2024

1. Bentuk Komunitas Juang berisi anak-anak muda

Strategi PDIP Lampung Gaet Suara Milenial dan Gen Z di Pemilu 2024 strategi.id

Dalam rangka menggaet suara milenial dan Gen Z tersebut, Sekretaris DPD PDI Perjuangan Provinsi Lampung, Sutono menjelaskan, pihaknya juga telah membentuk 'Komunitas Juang', dengan berisikan para kaum milenial dan Gen Z.

Nantinya, komunitas tersebut bakal aktif menjalani program-program partai. Tentunya, melibatkan langsung kedua kelompok pemilihan muda tersebut di Provinsi Lampung.

"Kita ini partai yang sudah eksis, harus mendarahkan program-program yang pro masyarakat. Tadi detailnya, untuk milenial seperti nanti ada diskusi pengelolaan dan penangan sampah hingga penanaman terumbu karang, dan lain-lain," terang dia.

2. Lakukan survei terhadap kegiatan politik anak muda

Strategi PDIP Lampung Gaet Suara Milenial dan Gen Z di Pemilu 2024 ilustrasi generasi milenial (pexels.com/Kampus Production Portugal)

Lebih lanjut Sutono menambahkan, DPD PDI Perjuangan Provinsi Lampung juga telah melangsungkan survei terhadap hal-hal lebih digemari para milenial dan Gen Z di Lampung dalam urusan kegiatan politik.

"Ini jadi fokus kami, nantinya akan dijadikan paket program untuk dilakukan dengan banyak melibatkan anak-anak muda," tandas dia.

3. Catatan pemilih generasi milenial dan Gen Z

Strategi PDIP Lampung Gaet Suara Milenial dan Gen Z di Pemilu 2024 Ilustrasi Pemilu (IDN Times/Arief Rahmat)

Berdasarkan catatan IDN Times, lembaga survei Aksara Research and Consulting merilis hasil riset menunjukan tingginya antusiasme pemilih golongan muda yakni, usia 17 sampai 39 tahun untuk berpartisipasi dalam pemilu 2024 mendatang. Catatan tersebut terhitung masuk dalam dua generasi, generasi milenial dan Gen Z.

Hasilnya, sebanyak 70,7 persen responden menyatakan akan menggunakan hak pilihnya pada Pemilu 2024. Sementara jumlah responden menyatakan tidak akan menggunakan hak pilihnya hanya 5,1 persen.

Baca Juga: Peduli Masalah Stunting, PDIP Lampung Bagikan Ratusan Makanan Sehat

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya