Satlantas Polresta Bandar Lampung Hapus Ujian SIM Zig-zag dan Angka 8

Diganti huruf Y dan S

Bandar Lampung, IDN Times - Satlantas Polresta Bandar Lampung menghapus jalur perlintasan model zig-zag dan angka 8 pada ujian praktik pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM) C mulai, Senin (7/8/2023).

Penghapusan kedua jalur perlintasan tersebut menindaklanjuti aturan Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Lampung sesuai arahan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

"Sudah kita berlakukan, silahkan di lihat di lapangan, sejak pertanggal hari ini. Aturan baru, lapangan yang tadinya ada angka 8 dan zig-zag sekarang sudah tidak ada lagi. Bisa di lihat di lapangan uji praktik SIM C," ujar Kasatlantas Polresta Bandar Lampung, Kompol Ikhwan Syukri kepada IDN Times.

1. Perlintasan diganti huruf S dan Y

Satlantas Polresta Bandar Lampung Hapus Ujian SIM Zig-zag dan Angka 8Penampakan perlintasan ujian praktik SIM C Satlantas Polresta Bandar Lampung. (IDN Times/Tama Yudha Wiguna).

Dijelaskan Ikhwan, perubahan lintasan ujian praktik SIM C tersebut kini mengakomodir 4 materi ujian praktik yakni, jalan lurus, berbelok atau berbalik arah, huruf S dan terakhir huruf Y.

Menurutnya, jalur ujian membentuk angka 8 di ganti dengan jalur membentuk huruf S, tidak ada materi zig-zag atau slalom test, dan lebar lintasan 2 kali lebar kendaraan motor uji.

"Berubah jalurnya, lurus dan membentuk huruf Y. Tentunya, ujian ini juga tanpa mengurangi atau menghilangkan kemampuan dari pemohon untuk mendapatkan SIM," pungkasnya.

2. Diharapkan beri kemudahan bagi para pemohon SIM

Satlantas Polresta Bandar Lampung Hapus Ujian SIM Zig-zag dan Angka 8Kasatlantas Polresta Bandar Lampung, Kompol Ikhwan Syukri. (IDN Times/Tama Yudha Wiguna).

Melalui sistem ujian praktik SIM C terbaru ini, Ikhwan menyampaikan, Satlantas Polresta Bandar Lampung mengharapkan masyarakat dapat memperoleh kemudahan dalam melakukan permohonan SIM.

“Harapan kami tidak mengurangi keahlian keterampilan pengendara dalam mengendarai kendaraan nantinya, untuk pembayaran masih menerapkan via transfer bank," imbuh dia.

3. Satlantas persilahkan masyarakat latihan di perlintasan

Satlantas Polresta Bandar Lampung Hapus Ujian SIM Zig-zag dan Angka 8Penampakan perlintasan ujian praktik SIM C Satlantas Polresta Bandar Lampung. (IDN Times/Tama Yudha Wiguna).

Lebih lanjut Ikhwan mengimbau sekaligus membuka diri bagi masyarakat hendak melakukan test driver atau latihan di perlintasan ujian praktik pembuatan SIM Satlantas Polresta Bandar Lampung.

Sebelum akhirnya benar-benar melangsungkan ujian di hadapan petugas. Selain itu, pihaknya juga memberikan kesempatan pengulangan sebanyak 2 kali saat melangsungkan ujian praktik.

"Satlantas memberikan peluang ke masyarakat untuk latihan di Satlantas di luar jam pelayanan, jadi silahkan buat masyarakat yang ingin mencoba lapangan uji praktik SIM untuk latihan," tandas eks Kabag Ops Polres Lampung Selatan tersebut.

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya