Rekapitulasi Kabupaten/Kota se-Lampung, Bawaslu Titip Pesan ke KPU

Rekapitulasi suara tingkat kabupaten/kota ditarget pekan ini

Intinya Sih...

  • Proses rekapitulasi suara Pemilu 2024 di Lampung tingkat kecamatan sudah rampung.
  • KPU Lampung menargetkan rekapitulasi suara tingkat kabupaten/kota selesai pekan ini.
  • Pelaksanaan pleno rekapitulasi harus memastikan semua kecamatan selesai dan perhatikan keamanan teknisnya.

Bandar Lampung, IDN Times - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Lampung mengumumkan proses rekapitulasi suara Pemilu 2024 di provinsi setempat pada tingkat kecamatan berangsur-angsur mulai rampung.

Komisioner KPU Lampung Bidang Sosialisasi dan Partisipasi Masyarakat, Antoniyus mengatakan, sejumlah jajaran KPU sudah mulai melanjutkan proses rekapitulasi suara pada tingkat kabupaten/kota.

"Ya, mulai hari ini sudah ada yang rekapitulasi di Metro, Tulang Bawang, dan Tanggamus," ujarnya saat dikonfirmasi, Selasa (27/2/2024).

Baca Juga: Habis Banjir Terbitlah Lumpur dan Sampah di Rumah Warga Bandar Lampung

1. Rekapitulasi kabupaten/kota dijadwal pekan ini

Rekapitulasi Kabupaten/Kota se-Lampung, Bawaslu Titip Pesan ke KPUPotret rapat pleno rekapitulasi suara di tingkat kecamatan di Kota Bandar Lampung. (IDN Times/Tama Yudha Wiguna). Potret rapat pleno rekapitulasi suara di tingkat kecamatan di Kota Bandar Lampung. (IDN Times/Tama Yudha Wiguna).

Seiring dengan agenda lebih lanjut tersebut, Antoniyus melanjutkan, pihaknya telah menargetkan masing-masing jajaran KPU dapat melangsungkan rekapitulasi suara tingkat kabupaten/kota pada pekan ini.

"Baru mulai hari ini (rekapitulasi di kabupaten/kota), paling Kamis besok pekan ini sudah semuanya masuk," ucapnya.

2. Pastikan semua pleno rekapitulasi kecamatan sudah harus rampung

Rekapitulasi Kabupaten/Kota se-Lampung, Bawaslu Titip Pesan ke KPUPotret rapat pleno rekapitulasi suara di tingkat kecamatan di Kota Bandar Lampung. (IDN Times/Tama Yudha Wiguna).

Ketua KPU Provinsi Lampung, Erwan Bustami menambahkan, pelaksanaan pleno rekapitulasi di masing-masing KPU kabupaten/kota, harus memastikan semua kecamatan sudah selesai melakukan pleno rekapitulasi di tingkat kecamatan.

"Pelaksanaan pleno rekapitulasi juga harus sesuai dengan regulasi yang telah ditentukan supaya dapat berjalan dengan baik dan lancar," kata dia.

3. Bawaslu minta KPU tak target buru-buru pleno di PPK

Rekapitulasi Kabupaten/Kota se-Lampung, Bawaslu Titip Pesan ke KPUPotret rapat pleno rekapitulasi suara di tingkat kecamatan di Kota Bandar Lampung. (IDN Times/Tama Yudha Wiguna).

Menanggapi perkembangan proses rekapitulasi suara ini, Anggota Bawaslu Lampung, Gistiawan mengingatkan, beberapa hal teknis harus diperhatikan terutama perihal keamanan saat rekapitulasi hasil penghitungan suara Pemilu 2024 tingkat kabupaten/kota.

"Banyak hal yang harus diperhatikan terutama dari sisi keamanan, bagaimana teknis pengamanan dan mengantisipasi kerawanan selama kegiatan rekapitulasi di tingkat Kabupaten," ingatnya.

Lebih lanjut ia mengimbau kepada KPU, agar pelaksanaan pleno di tingkat kabupaten tidak menjadi beban bagi PPK di kecamatan. “Saya minta jangan sampai pleno di kecamatan harus di buru-buru untuk menyesuaikan jadwal pleno di kabupaten, hingga justru akan menimbulkan masalah nantinya di pleno kabupaten,” tandasnya.

Baca Juga: Hujan Lebat, BMKG Imbau Warga Lampung Waspada Banjir dan Longsor

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya