Ratusan Pemudik Diberangkatkan Polda Lampung Mudik Gratis 2024

Tujuan keberangkatan Yogyakarta dan Solo

Intinya Sih...

  • 240 pemudik diberangkatkan dalam program mudik gratis Lebaran 2024 oleh Ditlantas Polda Lampung.
  • Layanan bertujuan mengurai kemacetan, memberikan rasa nyaman, dan menekan angka kecelakaan lalu lintas.
  • Pelaksanaan layanan mudik gratis disambut antusias masyarakat dan diimbau agar mudik lebih awal untuk menghindari antrean.

Bandar Lampung, IDN Times - Sebanyak 240 pemudik telah diberangkatkan mengikuti program mudik gratis Lebaran 2024 diadakan Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Lampung. Ratusan pemudik bakal diantarkan ke rute tujuan Yogyakarta dan Sola, Kamis (4/4/2024).

Pemberangkatan layanan mudik gratis diselenggarakan tiap tahun ini dilepas oleh Dirlantas Polda Lampung, Kombes Pol Medyanta.

"Mudik gratis Polda Lampung di tahun ini telah memberangkatkan 240 pemudik menggunakan fasilitas 5 bus, tujuan Jogja dan Solo," ujar Kabid Humas Polda Lampung Kombes Pol Umi Fadilah Astutik dikonfirmasi, Jumat (5/4/2024).

Baca Juga: Puncak Arus Mudik 2024 Bandara Radin Inten II Mencapai 4.800 Penumpang

1. Mudik gratis bertujuan mengurai kemacetan hingga memberikan rasa aman

Ratusan Pemudik Diberangkatkan Polda Lampung Mudik Gratis 2024Pelepasan mudik gratis 2024 oleh Ditlantas Polda Lampung. (Dok. Polda Lampung).

Dikatakan Umi, layanan mudik gratis ini bertujuan guna mengurai kemacetan sekaligus meminimalisir kepadatan jalan raya terhadap pemudik yang mulanya berencana mengendarai kendaraan pribadi baik roda empat maupun roda dua.

Termasuk bertujuan untuk memberikan rasa nyaman dan aman bagi warga ingin melaksanakan mudik Lebaran ke kampung halaman.

"Melalui mudik gratis ini, diharapkan bisa terciptanya kelancaran lalu lintas menjelang Hari Raya Idul Fitri dan upaya menekan angka kecelakaan lalu lintas," jelasnya.

2. Mudik gratis disambut antusias masyarakat

Ratusan Pemudik Diberangkatkan Polda Lampung Mudik Gratis 2024Kabid Humas Polda Lampung, Kombes Umi Fadilah Astutik. (IDN Times/Tama Yudha Wiguna)

Umi menambahkan, pelaksanaan layanan tahunan ini disambut antusias masyarakat mengikuti mudik gratis disiapkan oleh Polda Lampung.

"Kami berharap mudik gratis ini bisa membantu masyarakat agar mudik aman dan lancar," ucapnya.

3. Ajak masyarakat mudik lebaran lebih awal

Ratusan Pemudik Diberangkatkan Polda Lampung Mudik Gratis 2024ilustrasi mudik (unsplash.com/Abdul Ridwan)

Lebih lanjut Umi menambahkan, Polda Lampung kembali mengimbau kepada masyarakat pemudik akan melewati ruas jalan wilayah Lampung Selatan dan menggunakan layanan kapal Pelabuhan Bakauheuni dapat melangsungkan mudik lebih awal.

Harapannya, agar perjalanan mudik Lebaran tahun ini bisa lancar dan juga terhindar dari antrean saat akan naik kapal laut di Pelabuhan Bakauheuni.

"Saat arus mudik bisa mendahului keberangkatan atau memilih alternatif mudik pada tanggal 6, 7, 8, 9 April menjelang Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah," tandas kabid humas.

Baca Juga: 5 Juta Pemudik Lebaran 2024 Diperkirakan Masuk dan Melintas di Lampung

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya