Punya Riwayat Kejiwaan, Begini Keseharian Pelaku Penembakan Kantor MUI

Punya seorang istri dan 4 anak

Pesawaran, IDN Times - Pelaku penembakan kantor Majelis Umum Indonesia (MUI) pusat di Jakarta, Mustopa (60) dikenal memiliki kepribadian biasa dan kerap berbaur dengan masyarakat di lingkungan tempat tinggalnya di Desa Sukajaya, Kecamatan Way Khilau, Kabupaten Pesawaran, Lampung.

Aji (58) warga desa setempat mengatakan, Mustopa sehari-hari juga tidak menampakkan keanehan dalam kehidupannya. Ia bahkan dikenal masyarakat bekerja sebagai petani.

"Kalau kita warga sini biasa manggilnya Mamak Mus. Gak ada yang aneh dari dia, biasa-biasa saja. Ya kalaupun malam suka keluar rumah, ngobrol-ngobrol sama tetangga," ujarnya, Rabu (3/5/2023).

1. Punya riwayat gangguan kejiwaan

Punya Riwayat Kejiwaan, Begini Keseharian Pelaku Penembakan Kantor MUIPenampakan rumah pelaku penembakan Kantor MUI pusat di Desa Sukajaya, Kecamatan Way Khilau, Kabupaten Pesawaran, Lampung. (IDN Times/Istimewa)

Dalam obrolan keseharian Mustopa, dikatakan Aji, pelaku juga jarang mengangkat pembahasan soal agama, lebih-lebih membicarakan urusan nabi atau mengklaim dirinya sebagai wakil Nabi Muhammad SAW.

Meski demikian, ia tak menampik, Mustopa pernah memiliki riwayat gangguan kejiwaan. Namun itu sudah dianggap warga pulih, dikarenakan kesehariannya tidak pernah mengusik atau menganggu warga sekitar.

"Kalau bergaul sehari-hari normal saja. Iya kita semua warga sini tahu, Mamak Mus ini ada gangguan jiwa. Almarhum ibunya dulu juga sama (gangguan jiwa)," ungkap Aji.

Baca Juga: Ketua MUI Lampung Mukri Kecam Penembakan Kantor MUI oleh Warga Lampung

2. Sempat pamit ke istri pergi ke Jawa naik travel

Punya Riwayat Kejiwaan, Begini Keseharian Pelaku Penembakan Kantor MUI@travel

Lebih lanjut Aji menyampaikan, pelaku Mustopa diketahui warga baru bertolak meninggalkan desa setempat, Senin (1/5/2023) malam. Disebutkan, ia juga sempat berpamitan kepada sang istri bakal pergi ke Pulau Jawa dan tanpa menyebutkan spesifik daerah tujuan maupun keperluan perjalanan tersebut.

"Setahu kami, malam itu dia pergi menumpangi mobil travel dan cuma bawa satu ransel seperti isi pakaian," imbuhnya.

Disinggung soal kepemilikan senjata api, Aji mengaku tak mengetahui pasti akan hal itu, sebab selama ini Mustopa tak pernah menampakkan benda tersebut. "Kurang paham kalau itu, gak ada dia keluar-keluarin senjata ke warga," sambung dia.

3. Tinggal bersama istri dan anak bungsu

Punya Riwayat Kejiwaan, Begini Keseharian Pelaku Penembakan Kantor MUIPenampakan rumah pelaku penembakan Kantor MUI pusat di Desa Sukajaya, Kecamatan Way Khilau, Kabupaten Pesawaran, Lampung. (IDN Times/Istimewa)

Pernyataan serupa juga diungkapkan Tarmizi selalu Kepala Desa Sukajaya menyebutkan, Mustopa selama ini dikenal cukup bergaul dan berbaur dengan masyarakat.

"Setahu saya ya mau berbaur, ya seperti warga kita biasanya saja. Lebaran kemarin (Mustopa) main ke rumah saya, biasa aja gak ada yang aneh-aneh layaknya orang normal," imbuhnya.

Disebutkan, Mustopa memiliki seorang istri dengan 4 anak yakni, 1 laki-laki dan 3 perempuan. "Dia punya empat anak, tapi sekarang tinggal sama istrinya dan anak bungsunya. Kalau istrinya, memang sering menginap di rumah anak pertamanya, menemani menantu perempuannya," lanjut Tarmizi.

4. Punya 4 anak, 1 laki-laki dan 3 perempuan

Punya Riwayat Kejiwaan, Begini Keseharian Pelaku Penembakan Kantor MUIIlustrasi keluarga (IDN Times/Mardya Shakti)

Menurut Tarmizi, anak pertama Mustopa merupakan seorang laki-laki kini bekerja sebagai pekerja migran di Korea Selatan dan anak kedua tinggal di Cirebon, Jawa Barat. 

Kemudian anak ketiga juga perempuan bekerja sebagai pekerjaan migran di Hongkong. Alhasil, rumah tersebut tinggal tersisa anak bungsu perempuan masih bersekolah tingkat SMP.

"Data keluarganya memang lengkap di kami, makanya semalam anggota keluarga yang ada di sini diminta ke Polsek untuk diambil keterangannya. Kami juga ikut mendampingi," tandas Tarmizi.

Baca Juga: Polda Lampung Telusuri Identitas Penembak Kantor MUI, Warga Pesawaran

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya