Puncak Arus Mudik Lebaran 2024 di Bandara Radin Inten II 5-6 April

Angkutan Lebaran tahun ini diprediksi ada 44 ribu penumpang

Intinya Sih...

  • Puncak arus mudik penerbangan Lebaran 2024 di Bandara Radin Inten II Lampung diperkirakan terjadi selama 5-6 April.
  • Penumpang pesawat diprediksi meningkat hingga 28% dengan perkiraan jumlah penumpang mencapai 44.706, naik dari tahun sebelumnya yang hanya 34.924.
  • Bandara Radin Inten II menyiapkan Posko Angkutan Lebaran mulai 3-18 April 2024 dengan dukungan stakeholder bandara untuk memastikan kelancaran dan kenyamanan perjalanan.

Lampung Selatan, IDN Times - Pengelola Bandara Radin Inten II Lampung memperkirakan puncak arus mudik penerbangan pada periode mudik Lebaran 2024 bakal berlangsung selama dua hari tepatnya mulai 5 - 6 April.

EGM Bandara Radin Inten II Lampung, Untung Basuki mengatakan, periode mudik Idul Fitri tahun ini bakal menjadi perhatian, hingga telah dilakukan berbagai persiapan agar layanan penerbangan dapat dilakukan dengan lancar dan aman.

"Sesuai dengan rencana operasi angkutan Lebaran 2024, Bandara Radin Inten II diperkirakan mengalami puncak arus mudik pada tanggal 5 dan 6 April," ujarnya dikonfirmasi, Sabtu (30/3/2024).

Baca Juga: Penumpang Bandara Radin Inten Diprediksi Naik 28 Persen saat Lebaran

1. Diperkirakan 44 ribu pergerakan penumpang selama periode angkutan Lebaran 2024

Puncak Arus Mudik Lebaran 2024 di Bandara Radin Inten II 5-6 AprilIlustrasi aktivitas penerbangan bandara. (IDN Times/Tama Yudha Wiguna).

Dalam masa angkutan Lebaran kali ini, Untung menjelaskan, bandara setempat bakal mengalami peningkatan pergerakan pesawat dan penumpang hingga mencapai 28 persen, dibandingkan periode sama pada tahun sebelumnya.

Menurutnya, peningkatan diprediksi dari prognosa angkutan Lebaran 2024 diperkirakan akan ada 44.706 penumpang, meningkat dari tahun sebelumnya hanya 34.924 penumpang.

"Untuk kenaikan diangka 28 persen terjadi di periode angkutan Lebaran 2024 dibandingkan tahun kemarin bisa, tahun ini bisa mencapai 44.706 penumpang," jelasnya.

2. Siapkan Posko Angkutan Lebaran

Puncak Arus Mudik Lebaran 2024 di Bandara Radin Inten II 5-6 AprilPenampakan Pos Terpadu di Bandara Radin Inten II. (Dok. Bandara Radin Inten II).

Dalam rangka persiapan lainnya, Untung menginformasikan, Bandara Radin Inten II bakal menyiapkan Posko Angkutan Lebaran beroperasi mulai 3-18 April 2024 atau H-7 sampai dengan H+7 Idul Fitri.

Posko Angkutan Lebaran ini adalah posko terpadu didukung dan digunakan bersama seluruh stakeholder bandara seperti TNI/Polri, maskapai, ground handling, CIQ, Airnav guna memastikan perjalanan angkutan Lebaran berjalan dengan baik, lancar, dan nyaman.

"Pada tahun ini, kami menyiagakan sekitar 187 personel gabungan demi mendukung kelancaran operasional dan pelayanan pemudik di bandara," ucapnya.

3. Yakinkan penumpang dapat pelayanan maksimal

Puncak Arus Mudik Lebaran 2024 di Bandara Radin Inten II 5-6 AprilBandara Raden Inten II Lampung. (IDN Times/Rohmah Mustaurida)

Merujuk prediksi peningkatan jumlah penumpang tersebut, Untung meyakinkan, arus mudik Lebaran 2024 di Bandara Radin Inten II akan memberikan pelayanan maksimal bagi pengguna transportasi udara di wilayah setempat.

"Lalu lintas penerbangan diperkirakan meningkat, karena antusias masyarakat untuk mudik tahun ini cukup tinggi. Jadi pelayanan akan terus ditingkatkan untuk tetap memberi kenyamanan bagi penumpang," tandasnya.

Baca Juga: Polda Lampung Siapkan Skema Buffer Zone Mudik Lebaran, Ini Titiknya!

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya