Puluhan Ribu Pemudik Tercatat Terbang Melalui Bandara Radin Inten II

Sejak H-10 hingga H+5 Lebaran terdapat 40.196 pemudik

Lampung Selatan, IDN Times - Puluhan ribu orang tercatat terbang melalui Bandara Radin Inten II Lampung sejak H-10 hingga H+5 Lebaran Idul Fitri 2022/1443 Hijriah. Rute penerbangan itu didominasi dari dan ke Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

"Dari periode itu (H-10 hingga H+5) tercatat sebanyak 40.196 orang atau pemudik yang sudah terbang dan mendarat melalui Bandara kami," ujar EGM Bandara Radin Inten II Lampung, Muhammad Syahril saat dimintai keterangan, Senin (9/5/2022).

Baca Juga: Sejak H+3 Arus Balik 2022 Bandara Radin Inten Lampung Mulai Meningkat

1. Arus mudik dan balik cenderung meningkat

Puluhan Ribu Pemudik Tercatat Terbang Melalui Bandara Radin Inten IIBandara Raden Intan II. (IDN Times/Rohmah Mustaurida).

Lebih lanjut Syahril menyampaikan, catatan angka tersebut menunjukkan jumlah penumpang mudik Lebaran 2022 cenderung meningkat dibandingkan periode sebelumnya.

"Peningkatan bisa dikatakan hampir 100 persen, karena tahun sebelumnya kita tahun mudik masih belum diperbolehkan oleh pemerintah. Seiring penanganan pendemik yang berlangsung," imbuhnya.

Pada Minggu, 8 Mei 2022 Bandara Radin Inten II Lampung juga diketahui telah menerbangkan sebanyak 2.741 penumpang dengan jumlah 26 angkutan pesawat Lebaran.

"Untuk kemarin di tahun sebelumnya pada periode hari sama (8 Mei 2021), ada penurunan jumlah penumpang 14 persen, dikarenakan dari catatan kami tahun lalu datanya ada sekitar 3.195 yang terbang melalui Bandara Radin Inten II Lampung," sambung Syahril.

2. Bandara Radin Inten tidak mengalami lonjakan penumpang signifikan

Puluhan Ribu Pemudik Tercatat Terbang Melalui Bandara Radin Inten IIBandar Udara Radin Intan II (IDN Times/Tama Yudha Wiguna)

Mengenai lonjakan penumpang di tengah arus balik Lebaran tahun ini, Syahril mengatakan, hingga H+7 Lebaran atau tepatnya Senin, 9 Mei 2022 masih belum terlihat adanya lonjakan penumpang signifikan terkait menggunakan moda transportasi udara setempat.

"Beberapa titik simpul transportasi seperti Pelabuhan Bakauheni dan Panjang sudah ada peningkatan atau lonjakan, kalau untuk bandara belum ada sampai saat ini. Artinya, masih normal-normal saja," ucapnya.

3. Layani 10 rute penerbangan selama periode Lebaran

Puluhan Ribu Pemudik Tercatat Terbang Melalui Bandara Radin Inten IIIlustrasi pesawat terbang. unsplash.com/Etienne Jong

Terkhusus jumlah angkutan Lebaran, Syahril menyebutkan, Bandara Radin Inten II Lampung telah menyiapkan sebanyak 10 rute penerbangan. Itu terdiri dari 8 rute Bandar Lampung - Jakarta dan sebaliknya, satu rute Bandar Lampung - Way Kanan, dan satu lainnya Bandar Lampung - Krui.

"Untuk rute pada arus balik Lebaran tahun ini, penerbangan dari Bandara Radin Inten menuju ke Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang masih seperti biasanya mendominasi," tandasnya.

Baca Juga: Arus Balik Bandara Radin Intan II Tak Ada Peningkatan Penumpang

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya