PT KAI Tanjungkarang Pastikan Tak Beroperasi Periode Mudik 6-17 Mei 2021

Layanan terakhir 5 Mei 2021

Bandar Lampung, IDN Times - PT Kereta Api Indonesia (KAI) Divisi Regional IV Tanjungkarang tidak melayani perjalanan kereta api penumpang Kereta Api Kuala Stabas dan Rajabasa dari 6-17 Mei 2021. Keputusan itu seiring pemberlakuan larangan aktivitas mudik Lebaran 2021.

Manajer Humas PT KAI Divre Regional IV Tanjungkarang, Jaka Jakarsih mengatakan, pihaknya hingga kini berpegangan pada Surat Edaran (SE) Satgas COVID-19 Nomor 13 Tahun 2021, terkait aturan larangan mudik Lebaran 2021.

"Sehingga kita akan menghentikan operasional kereta api penumpang, jadi kita hanya akan membuka pemesanan tiket untuk pemberangkatan kereta api sampai tanggal 5 Mei 2021," ujar Jaka, saat dikonfirmasi IDN Times, Rabu (28/4/2021).

Baca Juga: Satgas COVID-19 Terbitkan Addendum, Eva Dwiana Revisi SE Larangan Mudik

1. Tidak ada penambahan jadwal pemberangkatan kereta api jelang tanggal larangan mudik

PT KAI Tanjungkarang Pastikan Tak Beroperasi Periode Mudik 6-17 Mei 2021Suasana Stasiun Kereta di tengah pandemik COVID-19 (Dok. Humas KAI)

Berkaca dari tahun sebelumnya, Jaka menegaskan, PT KAI Divre Regional IV Tanjungkarang akan memperketat aturan protokol kesehatan bagi setiap calon penumpang.

Kendati demikian, pihaknya tidak akan menambah jadwal pemberangkatan, ataupun kapasitas jumlah penumpang kereta api di tanggal-tanggal mendekati pelarangan mudik.

"Kita tidak ada antisipasi khusus, namun tetap menyesuaikan peraturan protokol kesehatan. Artinya, hanya menyediakan kapasitas 70 persen jumlah maksimum, penumpang di setiap pemberangkatan kereta api," ucapnya.

2. Hanya penumpang telah mengantongi tiket bisa berangkat

PT KAI Tanjungkarang Pastikan Tak Beroperasi Periode Mudik 6-17 Mei 2021Dok. Humas Pemprov Jateng

Jaka menekankan, meskipun jumlah penumpang membeludak di Stasiun Tanjungkarang, hanya penumpang telah mengantongi tiket yang akan berangkat, sesuai dengan jadwal telah ditetapkan.

"Kalau memang tidak sempat booking tiket, ya harus nunggu di hari berikutnya, tapi kita pastikan di tanggal 6 sudah tidak ada pemberangkatan kereta lagi," tegasnya.

3. Perjalanan kereta api masih reguler

PT KAI Tanjungkarang Pastikan Tak Beroperasi Periode Mudik 6-17 Mei 2021google

Jaka membeberkan, sampai detik ini pihaknya masih memberlakukan perjalanan kereta api secara reguler. Artinya, tiga kali dalam sehari, dengan jumlah kurang lebih 200 penumpang di tiap pemberangkatan.

"Kuala Stabas dua kali sehari. Pagi pukul 06.30 dan siang 13.30 WIB, lalu malamnya ada Kereta Rajabasa sekitar pukul 08.30 WIB, semua sama masih reguler dan tidak ada penambahan jadwal," ucap Jaka.

Selain itu, ia belum dapat memastikan, apakah jadwal kereta api di PT KAI Divisi Regional IV Tanjungkarang akan kembali normal, pasca usainya penerapan aturan larangan mudik Lebaran 2021 atau di tanggal 17 Mei 2021. "Sebagai BUMN, kita masih menunggu instruksi dari pemerintah," tandas Jaka.

Baca Juga: Tanda Tangani Komitmen, Pemprov Lampung Pertegas Larangan Mudik 2021

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya