Proyek Mangkrak, Pemprov Lampung Upacara HUT RI di Kota Baru

Pj gubernur dorong Kota Baru masuk PSN

Intinya Sih...

  • Pj Gubernur Lampung Samsudin akan memulai kembali pembangunan Kota Baru dengan upacara HUT Kemerdekaan RI ke-79 di komplek perkantoran Pemprov Lampung.
  • Samsudin berencana memasukkan proyek daerah Kota Baru ke dalam Program Strategis Nasional agar pembiayaan tidak hanya tergantung pada APBD.
  • Kehadiran perkantoran Pemprov Lampung di Kota Baru diharapkan memberikan manfaat bagi perekonomian masyarakat sekitar, dan Samsudin juga meminta dukungan untuk pilkada 2024.

Bandar Lampung, IDN Times - Pj Gubernur Lampung Samsudin berencana menggelar upacara peringatan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-79 di kawasan komplek perkantoran Pemprov Lampung terletak di Kota Baru, Jati Agung, Lampung Selatan.

Upacara tersebut ditujukan sekaligus memulai kembali kegiatan pembangunan proyek mangkrak digadang-gadang menjadi pusat pemerintahan Provinsi Lampung.

"Pak Sjachroedin sudah mendengar, saya mohon izin melanjutkan pembangunan di Kota Baru dengan dimulainya upacara di Kota Baru. Jadi saya memutuskan untuk upacara di sana, semata-mata ingin memulai kembali pembangunan Kota Baru," ujar Samsudin saat bersilaturahmi ke kediaman mantan Gubernur Lampung Komjen Pol (Purn) Sjachroedin ZP.

Baca Juga: Marak Kasus Gantung Diri Dipicu Depresi di Lampung: Fenomena Gunung Es

1. Dorong pembangunan Kota Baru masuk PSN

Proyek Mangkrak, Pemprov Lampung Upacara HUT RI di Kota BaruPj Gubernur Lampung Samsudin temui mantan Gubernur Lampung Komjen Pol (Purn) Sjachroedin ZP. (Dok. Pemprov Lampung).

Dalam upaya keberlanjutan pembangunan Kota Baru, Samsudin menyebutkan, dirinya akan mencoba memasukkan proyek daerah ini ke dalam Program Strategis Nasional (PSN) atau kawasan ekonomi khusus pemerintah pusat.

"Nanti akan kita koordinasikan dengan Bappenas dan Menko Perekonomian sehingga pembiayaan tidak hanya tergantung dengan APBD," katanya.

Ia berharap, dimulainya kembali pembangunan Kota Baru, pekerjaan ini akan diteruskan oleh gubernur Lampung terpilih selanjutnya. "Saya baca sejarahnya (Kota Baru), saya minta restu walaupun saya sebentar, tetapi saya akan menitipkan itu kepada gubernur terpilih dan saya akan bantu dari pusat," tambahnya.

2. Optimis tingkatkan ekonomi masyarakat sekitar

Proyek Mangkrak, Pemprov Lampung Upacara HUT RI di Kota Baruilustrasi uang (IDN Times/Aditya Pratama)

Menurut Samsudin, keberadaan perkantoran Pemprov Lampung di Kota Baru ini bakal otomatis memberikan keuntungan dan kemanfaatan bagi perekonomian masyarakat sekitar.

"Sudah ada semangat baru dari masyarakat di sekitar Kota Baru, masyarakat sangat mengharapkan sekali, orang-orang bisnis atau pedagang sudah merancang lagi. Ini manfaatnya luar biasa untuk perekonomian Lampung," ucapnya.

Oleh karenanya, ia turut meminta dukungan dari Sjachroedin selaku mantan Gubernur Lampung serta pernah menduduki jabatan di tingkat nasional. "Saya mohon dukungan beberapa bulan ke depan sampai mengantarkan Pilkada 2024 dengan aman, lancar, harmonis dan tidak ada masalah," tambah dia.

3. Sjachroedin titip pembangunan Kota Baru dan bangkitkan kebudayaan

Proyek Mangkrak, Pemprov Lampung Upacara HUT RI di Kota BaruPj Gubernur Lampung Samsudin temui mantan Gubernur Lampung Komjen Pol (Purn) Sjachroedin ZP. (Dok. Pemprov Lampung).

Menanggapi komitmen Pj gubernur Lampung ini, Sjachroedin ZP menyambut baik atas inisiasi dan rencana Samsudin mengerahkan jajarannya untuk menggelar Upacara 17 Agustus 2024 di Kota Baru.

"Saya senang sekali, memang beda orang dari pusat itu wawasannya nasional. Mudah-mudahan dengan pengalaman Pak Samsudin ini bisa berjalan dengan baik," ujar Sjachroedin.

Selain melanjutkan Kota Baru, ia turut meminta Samsudin untuk membangkitkan kembali agenda kebudayaan dan merangkul para tokoh-tokoh adat Lampung. Ia pun siap membantu dan membersamai dalam membangun Provinsi Lampung.

"Bersyukur Pak Samsudin masuk di Provinsi Lampung. Ditangan Pak Samsudin apa yang bisa saya bantu, pasti akan saya dukung," tandasnya.

Baca Juga: 38 Pergerakan Pesawat Layani Jemaah Haji Antara Provinsi Lampung 2024

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya