Polwan Lampung Lolos Misi Perdamaian, Kendarai Mobil Lapis Baja PBB

Satu-satunya Polwan dari jajaran Polda Lampung lolos seleksi

Bandar Lampung, IDN Times - Polisi wanita (Polwan) Polda Lampung mengukir prestasi di kancah internasional. Sosok itu bernama Brigadir Satu (Briptu) Sarining Pangestuti, satu-satunya Polwan di jajaran Polda Lampung terpilih ditugaskan dalam misi perdamaian dunia.

Sari, sapaan akrabnya, bakal bergabung bersama 154 personel Polri dalam kontingen Satuan Tugas Garuda Bhayangkara Formed Police Unit (FPU) 3 Minusca. Itu untuk ditugaskan di Bangui, Afrika Tengah, naungan organisasi Internasional Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) atau United Nations (UN) pada September 2021 mendatang.

Polwan dalam keseharian bertugas di Unit Tindak Pidana Korupsi (Tipidkor) Satreskrim Polres Tulang Bawang tersebut, berhasil menjadi salah satu dari 12 peserta dari jajaran Polda Lampung yang mengikuti tes seleksi misi internasional pasukan PBB Polri.

Berikut IDN Times rangkum beragam kisah menarik Briptu Sari dalam mengikuti proses seleksi.

1. Proses seleksi melalui serangkaian tes ketat

Polwan Lampung Lolos Misi Perdamaian, Kendarai Mobil Lapis Baja PBBBriptu Sarining Pangestuti, (IDN Times/Istimewa)

Pencapaian prestasi Briptu Sari tersebut berawal mendaftar dan mengikuti tes seleksi misi internasional pasukan PBB Polri yaitu, FPU 3 Minusca.

Proses seleksi cukup ketat, lantaran dara 24 tahun tersebut harus mengikuti dan melewati serangkaian tes mulai dari tes psikologi, komputer, kesehatan, jasmani, bahasa Inggris, menembak, hingga mengemudi.

"Tes dilakukan di Polda Lampung pada Februari 2021, saya mendapatkan hasil pengumuman misi internasional ke negara Central Africa dan ternyata saya berhasil lulus, serta menjadi salah satu dari 154 orang se-Indonesia satu-satunya Polwan dari Polda Lampung berhasil lolos terpilih dalam misi ini," ujar Briptu Sari, Rabu (14/7/2021).

Baca Juga: Kasus Kerumunan, Polda Bakal Panggil Wabup Lamteng Ardito Wijaya? 

2. Satu-satunya Polwan dipercaya mengendarai kendaraan lapis baja PBB

Polwan Lampung Lolos Misi Perdamaian, Kendarai Mobil Lapis Baja PBBBriptu Sarining Pangestuti, (IDN Times/Istimewa)

Memasuki awal April 2021, Briptu Sari pun berangkat guna memulai pelatihan FPU 3 Minusca. Itu dilaksanakan di Pusat Pendidikan (Pusdik) Lantas di Kecamatan Serpong, Kota Tangerang Selatan, Provinsi Banten selama 5 bulan penuh.

Nantinya, anak kedua dari dua bersaudara ini bakal melaksanakan penugasan (deploy) pada awal September 2021. Dalam misi ini, Briptu Sari menjadi Polwan satu-satunya yang dipercaya untuk menjinakkan kuda besi tempur berlapis baja yaitu, kendaraan lapis baja milik UN atau Armoured Personnel Carrier (APC).

"Saya merasa bangga sekali karena menjadi salah satu perwakilan yang lolos dalam seleksi dan berkesempatan untuk mengikuti pelatihan hingga pemberangkatan misi September ini," kata dia.

3. Demi menggali pengalaman dan meningkatkan kapabilitas diri

Polwan Lampung Lolos Misi Perdamaian, Kendarai Mobil Lapis Baja PBBBriptu Sarining Pangestuti, (IDN Times/Istimewa)

Menggali pengalaman, merupakan dua kata melatarbelakangi Briptu Sari untuk memilih dan mengikuti misi international PBB tersebut.

Sehingga ke depan mampu menelurkan harapan baru untuk meningkatkan kapabilitas diri diluar tugas keseharian sebagai, anggota Unit Tipidkor Satreskrim Polres Tulang Bawang. Khususnya dalam hal berbahasa Inggris ataupun Prancis.

"Tak hanya itu, saya juga memperoleh banyak rekan kerja yang saya anggap sebagai keluarga baru dari beragam Satuan Kerja (Satker) dan fungsi dari seluruh Indonesia", pungkas Briptu Sari.

4. Bentuk harapan pimpinan Polri

Polwan Lampung Lolos Misi Perdamaian, Kendarai Mobil Lapis Baja PBBBriptu Sarining Pangestuti, (IDN Times/Istimewa)

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat (Humas) Polda Lampung, Kombes Pol Zahwani Pandra Arsyad mengatakan, contoh figur-figur seperti Briptu Sari tersebut merupakan harapan pimpinan Polri.

Sehingga bisa menjadi permisalan dalam menyemangati para Brigadir Polri, khususnya di jajaran Polda Lampung.

"Mereka harus senantiasa berkarya dan mengukir prestasi dikancah Internasional, untuk membawa harum nama baik Polri," tandas dia.

Baca Juga: Polda Lampung Putar Balik 258 Kendaraan, Ini Syarat Naik Kapal ke Jawa

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya